Jamur Tiram & Kolesterol

Khasiat jamur bagi kesehatan tubuh memang terbukti. Selain mengandung berbagai macam asam amino essensial, lemak, mineral, dan vitamin, juga terdapat zat penting yang berpengaruh terhadap aspek medis. Sejak berabad-abad lalu, jamur sudah menjadi makanan istimewa sehingga banyak orang menjadi penggemar.
Sudah turun-temurun masyarakat Jepang dan Cina melengkapi menu dengan jamur. Bukan saja kelezatan rasa, tetapi juga tinggi nilai gizinya. Orang Yunani kuno percaya, makan jamur menyebabkan seseorang menjadi lebih kuat dan sehat. Hasilnya mereka lebih kuat, berani dan perkasa. Firaun, Raja Mesir yang terkenal sangat keji, penghobi berat makan jamur. Saking istimewanya, raja itu menyebut jamur sebagai makanan para dewa.

Kandungan gizi

Tidak hanya menyedapkan, jamur mempunyai kandungan gizi cukup baik. Komposisi kimia yang terkandung tergantung jenis dan tempat tumbuhnya. Dari hasil penelitian, rata-rata jamur mengandung 19-35 persen protein. Dibanding beras (7,38 persen) dan gandum (13,2 persen), ia berkadar protein lebih tinggi. Asam amino esensial yang terdapat pada jamur, sekitar ada sembilan jenis dari 20 asam amino yang dikenal. Yang istimewa 72 persen lemaknya tidak jenuh, jamur juga mengandung berbagai jenis vitamin, antara lain B1 (thiamine), B2 (riboflavine), niasin dan biotin. Selain elemen mikro, jamur juga mengandung berbagai jenis mineral, antara lain K, P, Ca, Na, Mg, dan Cu. Kandungan serat mulai 7,4-24,6 persen sangat baik bagi pencernaan. Jamur mempunyai kandungan kalori yang sangat rendah sehingga cocok bagi pelaku diet.

Hasil studi di Massachusett University menyimpulkan bahwa riboflavin, asam Nicotinat, Pantothenat, dan biotin (Vitamin B) masih terpelihara dengan baik meskipun jamur telah dimasak. Hasil penelitian dari Beta Glucan Health Center menyebutkan bahwa jamur tiram (Pleurotus ostreatus) mengandung senyawa Pleuran (di Jepang, jamur tiram disebut Hiratake sebagai jamur obat), mengandung protein (19-30 persen), karbohidrat (50-60 persen), asam amino, vit B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (Niacin), B5 (asam panthotenat), B7 (biotin), Vit C dan mineral Calsium, Besi, Mg, Fosfor, K, P, S, Zn. Dapat juga sebagai antitumor, menurunkan kolesterol, dan antioksidan.

Para peneliti dari Ujagar Group (India) menyampaikan, bahwa jamur tiram memiliki nilai nutrisi yang sangat bagus dengan alasan: 100 persen sayuran dan bersih; mengandung protein tinggi dan kaya vitamin-mineral; rendah karbohidrat, lemak dan kalori; bagus untuk liver, pasien diabetes, dan menurunkan berat badan; berserat tinggi membantu pencernaan; antiviral dan antikanker; mudah memasaknya dan mudah dicerna; dan jamur tiram merupakan jamur yang paling enak rasanya dibanding jamur pangan lainnya.

Dari hasil penelitian Departemen Sain, Kementerian Industri Thailand, jamur tiram (Oyster mushroom) mempunyai kandungan: protein 5,94 persen, karbohidrat 50,59 persen, serat 1,56 persen, lemak 0,17 persen, abu 1,14 persen. Per 100 gram jamur tiram segar, mengandung 45,65 kalori, 8,9 miligram (mg) kalsium, 1,9 mg besi, 17,0 mg fosfor, 0,15 mg vitamin B-1, 0,75 mg vitamin B-2, dan 12,40 mg Vitamin C. Jamur juga mengandung folic acid yang cukup tinggi, konon mampu menyembuhkan anemia.

Sebagai perbandingan, tempe yang terbuat dari kedelai yang kaya serat dan juga sebagai sumber berbagai nutrien seperti calsium, Vitamin B, dan besi, mempunyai kandungan sebagai berikut: kalori 204, protein 17 gram, lemak 8 gram, karbohidrat 15 gram, calium 80 mg, Fe (Besi) 2 mg, dan Zn 0,2 mg.

Bisa dibandingkan dengan daging ayam yang kandungan proteinnya 18,2 gram, lemaknya 25,0 gram, namun karbohidratnya 0,0 gram dan Vitamin C-nya juga 0,0 gram. Maka, kandungan gizi jamur masih lebih komplet sehingga tidak salah apabila dikatakan jamur merupakan bahan pangan masa depan.

Antikolesterol

Disebutkan bahwa para peneliti penyakit kanker menyarankan bahwa sebaiknya manusia mengonsumsi daging merah tidak lebih dari tiga ons per hari atau kurang dari itu. Daging tersebut adalah daging sapi, kerbau, kambing, dan babi yang dapat menyebabkan risiko lebih tinggi sebagai penyebab kanker usus, dan juga kemungkinan payudara, prostat, pankreas, perut, dan kanker ginjal. Kecil kemungkinan terkena kanker apabila mengonsumsi ayam dan ikan, dan untuk beberapa kasus malahan dapat melawan kanker. Sehubungan dengan hal itu, untuk yang senang mengkonsumsi burger disarankan untuk diselang-seling dengan ayam, seafood, sayuran, dan jamur (Anonympus, 1999).

Saat ini beberapa jamur digunakan sebagai obat untuk melawan kolesterol, kanker, dan AIDS. Senyawa aktif jamur yang terkandung dikabarkan dapat sebagai antijamur, antibakteri, dan antivirus dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat membunuh serangga dan nematoda. Pada tahun 1960, para peneliti berhasil menemukan pengaruh beberapa jamur sebagai antitumor. Komponen aktif yang dimaksud adalah polysaccharida, dan khususnya adalah Beta - D - Glucans. Sebagai standardisasi produk dari jamur tiram (Plurotus ostreatus dan P. eryngii) disebut Plovastin yang dipasaran sebagai suplemen penurun kolesterol. Komponen aktif dari Plovastin adalah statin, secara baik menghambat metabolisme kolesterol di dalam tubuh manusia (Itzkovich, 2001).

Hasil dari penelitian Bobek (1999) dari Research Institute of Nutrition Bratislava tentang "Natural products with hypolipemic and anti oxidant effect". Telah dilakukan studi pada sebuah grup dengan 57 laki-laki: perempuan = 1:1, usia setengah umur, dengan kasus hyperlipoproteinemia. Selama satu bulan mereka mengonsumsi 10 gram jamur tiram secara teratur. Kesimpulan, secara statistik sangat menjanjikan, yakni kolesterol dan serum turun 12,6 persen dan triglycerol turun 27,2 persen. Jamur tiram juga mempunyai efek antioksidan dengan turunnya hasil peroksidasi di dalam eritrosit.

Beta-1,3/1-6-Glucan secara alami berasal dari polysaccharida yang secara intensif dipelajari sejak tahun 1950 sebagai antitumor dan perangkat immunostimulating (pemicu kekebalan). Pleuran adalah Beta- 1,3/1-6-Glucan diisolasi dari jamur tiram yang mempunyai kandungan polysaccharida tinggi, biasa digunakan untuk cream, salep, suspensi, dan bedak untuk perawatan wajah di dunia oleh peneliti dan perusahaan kosmetik untuk formulasinya (Contoh; Estee Lauder dan Clinique). Konsentrasi 0,5-2,00 persen. Perawatan wajah ini berguna untuk mengikat air, melembabkan kulit dan anti-inflamasi. Percobaan pada 121 pasien berjerawat kronis, diberikan setiap hari selama 21 hari, hasilnya 73,5 persen kondisinya membaik, 18,2 persen sembuh total (Kuniak et al, 1995. Faculty of Pharmacy and STV, Batislava, Slovak Republic in Beta Glucan Health Center, www.glucan.com/therapy 2002).

567 komentar:

«Paling tua   ‹Lebih tua   1 – 200 dari 567   Lebih baru›   Terbaru»
Play Dressup Games mengatakan...

Biasanya saya gak terlalu menghitung-hitung kandungan gizi dan manfaat dari apa yang saya makan, ternyata jamur tiram ini bisa meningkatkan antibodi juga, mantap artikelnya..

All About Superman Is Dead mengatakan...

nice posting

http://supermanisdead-onfire.blogspot.com/

Hendri mengatakan...

Thanks atas infonya

Pelangsing mengatakan...

Dulu ane pernah membudidayakan jamur tiram lho. . .


bagus banget and cepet untung. .

The Hanz, Web master Of Kosmetik | Pelangsing

Nurhadi mengatakan...

Bagus artikelnya!! buat nambah ilmu neh. eits, tp inget sob,ndak semua jamur lho. ada juga jamur yg bikin gatal,bikin malu. yah, jamur kulit. :)

YOGYAKARTA mengatakan...

wah bagus banget isi blog ini

Jelly Gamat Gold mengatakan...

ternya ta makanan yang selam ini saya tidak sukai, banyak manfaatnya dan mulai sekarang saya harus menyukainya, terimakasih atas infonya :)

agen xamthone plus bandung mengatakan...

saya sangat stuju sekali ,,,
mksih untuk share nya,,,,

pembalut anion mengatakan...

jamur ini memang makanan yg saya sukai...thanks gan untuk share nya

peluang bisnis online blakblakan mengatakan...

jamur salah satu makanan yang saya sukai, setelah membaca artikel diatas akan semakin saya sukai :-)

xamthone mengatakan...

emz ternyata jamur juga banyak kandungan gizi'y ya,kbetulan g juga suka sama jamur nih. he...
mkzh ya bwt share'y sangt bermnfaats sekli

xamthone plus mengatakan...

wih makanan kesukaan saya nie... apalagi kalo d krispi,, hmm yummi

obat kanker payudara mengatakan...

ternyata jamur bisa juga di jadikan sebagai obat untuk melawan kanker,,
sangat bermanfaat untuk kesehatan

makasih buat informasinya

obat alami asam urat mengatakan...

informsi yang bagus nih,,
baik untuk kesehatan

jelly gamat mengatakan...

wahh hhebat yaa.,, si kecil yang kaya khasiat..
makasih banyak atas infonya ,

obat alami keputihan mengatakan...

alhamdulillah yah, sesuatu banget..
maksih banyak infonya yaa

Obat Penyakit Diabetes Mellitus mengatakan...

emz memang ya jamur juga memiliki banyak mnfaat,,
mkzh ya bwt share'y....

obat kanker hati mengatakan...

Thanks atas infonya

jelly gamat mengatakan...

udah enak banya k manfaatnya lagi..
nnice share, salam kenal..

jelly gamat Gold G sea cucumber jelly mengatakan...

wah bisa jadi peluang usaha baru nih, tentang kuliner yang khusus menyediakan jamur tiram..

Jelly Gamat Gold mengatakan...

mungkin ibu saya udah tau tentang kandungan jamur tiram, soalnya beliau sering memasak jamur tiram heheh

agen xamthone plus surabaya mengatakan...

agar kandungan gizi yang ada di dalam jamur tiram tidak hilang, sebaiknya jangan terlalu banyak proses memasaknya, betul bagitu sob??

Jus kulit manggis mengatakan...

wah banyak banget kandungannya..
thanks infonya :)

obat herbal asam urat mengatakan...

sip mas..
thanks mas infonya n menarik artikelnya ..

obat herbal penyakit insomnia mengatakan...

thansk sinfonya n salam kenal ja

jus manggis mengatakan...

makasih ata semua info nya sangat bagus.....

xamthone plus mengatakan...

info nya sangat bagus nie.........

obat herbal kanker hati mengatakan...

sip mas..
thanks infonya

obat tradisional hepatitis C mengatakan...

trnyata jamur tiram sangat baik untuk kolstrol,,

agen xamthone plus surabaya mengatakan...

thanks sharenya, bermanfaat sekali...

obat kanker kelejar getah bening mengatakan...

sip deh gan, thanks banget sharenya...

obat herbal TBC (Tuberkulosis) mengatakan...

informsi yang bagus nih,,
baik untuk kesehatan

xamthone mengatakan...

makasih info nya sangat bagus dan sangat menarik nie..

obat kelenjar getah bening mengatakan...

wah bagus banget isi blog ini..
thanks

exotica of indonesia nature mengatakan...

untung aq ga suka jamur..kunjung balik ya..

obat kanker paru-paru mengatakan...

maksih banyak infonya yaa..
semoga bermanfaat

obat tradisional darah tinggi mengatakan...

tiram yg bermsnfaat

XAMthone plus mengatakan...

info nya sangat bagus makasih yach,,,,,,,,,
dan salam kenal aja nie,,,,,,

Kotak Hitam Dunia mengatakan...

Thanks bgt Atas Informasinya gan,

obat radang paru-paru mengatakan...

good post n salam kenla ja

DulduLization mengatakan...

sekedar blogwalking.. :)

tengkyu infonya..
salam kenal ya..

xamthone plus mengatakan...

boleh juga nie info nya sangat baus dan sangat menarik nie,,,,,,,

sporting goods mengatakan...

Bagus ni infonya.

XAMthone plus mengatakan...

info nya bagus juga nie,,,,,,,,,

jus manggis xamthone mengatakan...

nice share, salam kenal..

obat asam urat tradisional mengatakan...

saya sangat stuju sekali ,,,
mksih untuk share nya,,,,

xamthone plus mengatakan...

mantap juga nie info nya sanagt bagus dn sangat menarik nie,,,,,,

obat alami kolesterol mengatakan...

wah bagus juga nie info nya makasih yach,,,,,

sprei bed cover mengatakan...

wow nice steady interesting and useful info, really nice blog
sprei anak
sprei murah
bed cover murah

penyakit stroke mengatakan...

masih adakah jamur tiram???

obat asam urat tradisional mengatakan...

sip mas..
thanks share nya

xamthone plus mengatakan...

ternyata jarum tiram bermanfaat juga ya
hehehhe

iamreta mengatakan...

ternyata makanan kesukaan ane banyak manfaatnya..

obat herbal jerawat mengatakan...

ternyata berhasiat lngsung meluncur ke kebun

arie mengatakan...

wah ini makanan kesukaan saya nih, ternyata mafaatnya dan gizinya banyak juga ya!

great post....
salam kenal, jika berkenan ditunggu kunjungan baliknya!

cara pemesanan xamthone mengatakan...

thanks mas n artikelna menarik sekali

cara pembelian jelly gamat mengatakan...

sip mas..
thanks share nya ..
semoga bermanfaat

emping melinjo mengatakan...

hmmmmm...
"jmur" itu makanan kesuka'an saya,,, ^_^

Boneka Sex mengatakan...

artikel yang bermanfaat.. Terima kasih

RSI SAKINAH MOJOKERTO mengatakan...

RSI SAKINAH MOJOKERTO telp/sms : +6285648280307

chute mengatakan...

Mantaaaapppp...
Makasih bnyak infonya..!!!!

allthewin mengatakan...

Bagus artikelnya!! buat nambah ilmu

Toko Furniture Jepara.com mengatakan...

Artikelnya Menarik sekali, i like it.

Pengobatan Penyakit Stroke mengatakan...

saya gak suka jamur,tapi karena banyak kandungan gizinya dan ternyata rasanya juga enak

terima kasih mas info kandungan gizi yang terdapat dalam jamur

xamthone plus mengatakan...

mantaaap lah ilmunya...
terima ksih ya

obat diabetes melitus mengatakan...

semoga postingan ini berguna untuk saya....

terima ksih

Lowongan Kerja mengatakan...

bagus banget artikelnya namabah ilmu lagi nih....

propolis mengatakan...

Alhamdulillah saya suka makan jamur tiram dan ternyata banyak mengandung gizi yang tinggi ya. Terima kasih atas postingannya sangat membantu saya untuk lebih sering lagi makan jamur.

obat diabetes mengatakan...

selain jamur,,,,

jelly gamat juga bisa menurunkan kolesterol :D

obat tradisional gagal ginjal mengatakan...

nice posting gan, ternyata selain bentuknya yang unik, rasanya enak,mudah dicari, ternyata jamur juga sangat kaya akan khasiat ternyata baru tahu saya saya gan. jadi tambah ilmu ana..thanks ya gan atas infonya salam kenal dan sukses selalu

obat tradisional gagal ginjal mengatakan...

wah,ni blog mantep bener,.. memeng jamur banyak mangfaat'a,.!!

cubbi mengatakan...

ternyata jamur tiram bnyk kandungan gizinya. . .
bru tau aku. . .
mksh buat infonya. . .

Kanker Payudara mengatakan...

manfaatny banyak juga yah.......

Berita Toyota mengatakan...

Wisss,. Ajib Gan,. Artikelnya ane Suka Bgt,. Yhanks Gan,.

Obat herbal untuk glaukoma mengatakan...

pertamax
artikel yang menarik makasih gan info nya

Obat Herbal Vertigo mengatakan...

wah ternyata infonya sangat bermanfaat banget ya mas.....

Lowongan Kerja mengatakan...

tapi sayang harga nya pasti mahal tuh...

Harga Notebook mengatakan...

Kalau aku sih malah pernah nyobain mengembangkan jarum tiram tapi sayangnya gagal di tengah jalan.
ultrabook notebook tipis harga murah terbaik

coconias mengatakan...

numpang ngelink ya gan, mohon dukungan untuk Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik

Career Info mengatakan...

sangat bermanfaat sekali isi artikelnya...

Penyebab dan Pantangan Darah Tinggi mengatakan...

mau banget membudidayakannya, tapiu dapat benih nya darimana????

obat asam urat tradisional mengatakan...

si kecil kaya manfaat..
makasih banyak infonya

benda bertuah mengatakan...

ternyata jamur tiram sangat banyak manfaat nya,di daerah saya memang sudah mulai banyak yang usaha budi daya jamur ini..nice shre..thank ya

Sony Uki- mengatakan...

kebetulan saya ada tanaman nya dirumah tapi saya baru tahu klo jamur tiram ini baik untuk meningkatkan anti body...
nice info...
inspiratif artikelnya...
makasih gan...

Supplier Tas Ransel mengatakan...

Wah inspiratif nih artikel nya, kalo ane sih suka nya jamur yang di goreng.. hahahah.. gak nyambung ya..

Obat Herbal Sakit Maag mengatakan...

belum pernah coba nih makan jamur..

Obat Herbal Asam Urat mengatakan...

awalnya takut sih wamakn jamur tapi tenyata enak juga..

obat herbal kanker payudara mengatakan...

waduuh baru tau saya jamur itu bisa di konsumsi..

Obat Tradisional Penyakit Maag mengatakan...

Selain Rasanya Yang Enak Terynyata Sangat Bermanfaat yah...wah jadi tahu deh saya ..terimakasih ya

Lowongan Kerja mengatakan...

baru tau lho jamur bisa nurunin klosterol..

XAMthone plus mengatakan...

Iya , Saya Coba yA gan

91 mengatakan...

Barusan Saya Makan ini Di Campur Pete Mentah..haha

Blog Keperawatan mengatakan...

Ternyata bagus kandungan jamur tiram nih..tetapi saya tidak terlalu suka sama jamur tiram tersebut

cardiacku mengatakan...

kalau kolesterol memang hubungannya banyak dengan penyakit jantung sobat...
Pas blog saya juga banyak mengupas mengenai penyakit jantung ini

jasa pengukuran mengatakan...

ngebahas jamur.. ane jadi laper gan :matabelo

Hiv Aids|Obat Hiv Aids Tradisional mengatakan...

mantabs nih mas gan, ternyata selain enak dimakan ternyata banyak giji dan manfaatnya juga tuh jamur, baru tahu saya mas gan, thanks atas informasinya

Obat Tradisional Penyakit Jantung mengatakan...

sejujurnya saya belum pernah coba sih makan yang beginian ..
jadi pengen juga pas ngeliat kandungan gijinya..

Blog Keperawatan mengatakan...

Ternyata banyak juga kandunngan serta manfaatnya sahabat

Rizhani mengatakan...

keren infonya sob. jadi makin suka sama jmur tiram.
kebetulan aku suka bgt jamur tiram yg digoreng tepung :P

D2X mengatakan...

hmm... boleh juga nih dicoba... jadi pengen juga makan jamur tiram... moga nggak susah nyari tu jamur di daerah tempat tinggal ane... hehehehe... :)

nice share & best artikel gan... :2jempol:

khasiat manggis mengatakan...

siiipt,,,
jadi pengen nih makasn jamur,,,
kesukaan,,,

cara pengobatan stroke mengatakan...

makasih gan infonya,,,,,,,,
sukses sllu,,,

Ken Mercedez mengatakan...

Ternyata bener. Kirain boong tuh jamur tiram jadi obat kolesterol. Tapi kalo aids masa iya sih? Kalo iya kenapa masih dibilang "langka" ya?

Mas Ipung mengatakan...

Kabar terakhir di Jogja juga lagi tren konsumsi jamur

helmi mengatakan...

info yang menarik gan...:)
perkenalkan.., saya helmi, dan sekarang kuliah di UII Yogyakarta

download buku mengatakan...

Seeepp,,,jamur ini memang unik gan,,

Soft Variation mengatakan...

Thank infonya gan :)

abdul majid mengatakan...

siiiiip. jamur t bnyk manfaatnya gan.

pengobatan kanker payudara mengatakan...

smoga berguna gan informasi nya

obat diabetes melitus mengatakan...

saya suka makan jamur.... mantaaap

Obat Alternatif Asam Urat mengatakan...

mantabs gan, baru tahhu ana selain rasanya yang enek dan gurih dimakan, ternyata jamur inipun bisa juga untuk kesehatan. terimakasih gan atas infonya yang bermanfaat

gamat luxor bekasi mengatakan...

wah, ternyata seperti itu ya,,, selama ini saya cuma taunya makan saja,,, ga pernah meneliti dulu giman kandungan gizinya....
termakasih banyak infonya gan

Nikita Mirzani mengatakan...

salam kenal

Cara mengobati tumor lambung mengatakan...

jamur, enak juga lagian saya suka makan jamur tpai saya tidak tau bahwa jamur ada prote'in nya juga, wa waah mnakan jamur lagi ah.

Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik mengatakan...

selain enak dimakan, jamur ternyata memiliki banyak khasiat ya..

foredi mengatakan...

saya sangat suka jamur kalau sudah dimasak ....

Xamthone plus mengatakan...

ikhh,, i like jamurr .. enaxx klo di digorengg ,, kriukk ,,kriukk ,,
nyamii ..:)

Obat Alternatif Nyeri Sendi mengatakan...

informasi yang sangat bermanfaat sekali, malah saya baru tahu ternyata jamur tiram bisa dan dapat mengobabati kolesterol

Jus manggis mengatakan...

ikhh,, jamurr krispyyy enaxx,, mantapp
manfaat yang lami emang kudu di acungi jempol !! heuheu ..

Obat Herbal Luka Kecelakaan mengatakan...

infonya menarik sekali gan,moga az bemanfaat amienn,di tungu kelanjutanya.

Obat Herbal Asam Urat mengatakan...

menarik gan artikelnya tuk di simak..thanks ya infonya n di tunggu post kelanjutanya..

Izid Berisik mengatakan...

mantap gan artikelnya,
mari biasakan makan jamur biar tambah sehat :)
hehehe

arie5758 mengatakan...

Saya baru tahu jika jamur tiram juga bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol. Terima kasih atas infonya :)

cara mengobati penyakit lambung mengatakan...

baru tau saya bahwa jamur banyak gizinya,

Obat Herbal Diabetes Melitus mengatakan...

kolestrol biasanya menyebabkan diabetes yah?

Obat Herbal Darah Tinggi mengatakan...

kolestrol juga bisa menyebabkan darah tinggi..

maselino.com mengatakan...

Jamur itu ada yang beracun sama yang tidak, tapi jamur yang tidak beracun pun kalo kebanyakan bisa membuat kita gak enak badan lho

reachschools.org mengatakan...

wah, jamur tu barang yang ada di tempat gak enak, tapi rasanya enak ya

satuwaktu.net mengatakan...

Jamur sedp,jamur nikmat.Tapi hati-hatisalah makan jamur...

jugglingart.org mengatakan...

nice post

dwarfhammies.org mengatakan...

jamur adalah makanan yang sederhana namun luar biasa khasiatnya

cahaya meubel mengatakan...

sekarang memang lagi banyak pembudi daya jamur< karena sedang i gemari

blogspot mengatakan...

di singapur ada satu makanan jamur yang sangat mahal sekali, sy lupa nama masakannya apa dan jenis jamurnya apa.

tp jamur murah aja uda mantabs gan rsnya... :D

cara mengobati penyakit asam urat mengatakan...

saya baru tau jamur banyak gizinya, saya sering juga tuh makan jamur,.

Obat Usus Buntu Tradisional mengatakan...

sayangnya di daerah saya jamur seperti ini sudah hampir ini !!

ystandiera mengatakan...

Perlu banyak2 makan jamur nih :0
btw salam kenal dan salam persahabatan

Citayam Factory mengatakan...

Jamur adalah salah satu masakan favorit saya. Nice share mbak sofia.

obat herbal kanker darah mengatakan...

mksih banyak buat info nya gan...

butik busana muslimah | busana muslimah terbaru | busana muslim trend mengatakan...

menarik sekali, makasih sharingnya....

Obat Asam Urat mengatakan...

sudahh lama g makan jamurr crispyy ,, kangentt

Jus manggis mengatakan...

ikhh,, jamurr bergizi juga yah,, tapi asal jangan salah pilih aja,, kan ada jamur yang g boleh dikonsumsi :)

solusi pengobatan herbal terbaik mengatakan...

ikhh,, enakk klo jamurr crispy ditambah bumbu atom sama extra pedas,, mantap :)

Obat Alternatif Asam Urat mengatakan...

waduhh raja firaun suxa juga jamur ??
Aq sichh suxa tapii g mau sama'n kayakk raja jahat itu :)

info obat tradisional mengatakan...

lebih baik kembali ke cara lama dapipada obat kimia . . . nice share

obat glaukoma mengatakan...

saya sangat suka makan jamur gan

obat diabetes melitus tradisional mengatakan...

pengen tuh jamur nya

obat diabetes melitus tradisional mengatakan...

aku suka jamur

obat keputihan tradisional mengatakan...

mantaaap ya kaya nya

Mencari Uang Di Internet mengatakan...

mantap infonya bro.....

trica jus mengatakan...

jamur tiram ????

enak donk

obat herbal darah tinggi mengatakan...

siip..... langsung cari jamur.. heheheh

mesran.net mengatakan...

Informasi yang bermanfaat, kayaknya harus sering sering nih makan jamur tiram :)

Aldyan

obat penyakit stroke herbal mengatakan...

oh itu ya khasiat nya baru tau nih aku haha

Obat Diare mengatakan...

bagus sekali khasiat nya boleh nanti gabung

obat untuk gagal ginjal mengatakan...

enak tuh kaya nya ya :G

obat untuk penyakit stroke mengatakan...

ok juga ya gan

obat kelenjar getah bening mengatakan...

sangat berkhasiat ya gan ???

cara mengobati kanker payudara mengatakan...

apa enak tuh jamur ??

cara mengobati diabetes melitus mengatakan...

info nya sungguh unik gan

obat herbal trica jus mengatakan...

saya ga suka jamur gan :D

obat herbal tricajus mengatakan...

kunjungan kawan

obat herbal glukoma mengatakan...

baru tahu ternyata jamur banyak kandungan gizinya.

Mencari Uang Di Internet mengatakan...

bagus dibuat obat yah ...

Obat Herbal Kanker Prostat mengatakan...

Bagus sekali artikelnya...teman-teman tau apa gunanya jamur?dan apa manfaatnya?saya punya artikelnya...kunjungi disini..

XAMthone mengatakan...

mantap sekali info nya gan,,,,,,

Buka Mata mengatakan...

ternyata banyak juga ya kandungan di jamur. thks infonya. terimakasih

Obat herbal sakit jantung mengatakan...

selain enak ternyata jamur banyak kandungan gizinya.

cara mengobati tumor lambung mengatakan...

kalau di daerah saya jamur tiram gak ada gan,
tapi saya pernah nyoba tu makan jamur enak juga.
artikel yang menarik terima kasih.

PadangHotel Luxurious Hotel in Sumatra mengatakan...

Wahhh info kesehatan yang bagus negh,,tp emg sy pribadi agak ragu juga untuk mengkonsumsi jamur kecuali jamur tersebut sudah siap di hidangkan dan berada di restoran,,tp kl mengolah dr awal masih khawatir kalau- kalau itu jamur beracun :D

Grosir Jilbab Tanah Abang mengatakan...

Memang hebat luar biasa khasiat dan manfaat jamur tiram, makanan sehat alami, kaya akan gizi ...

Agen XAMthone Plus Jakarta pusat mengatakan...

jadi inget waktu di kampung selalu makan jamur.

Jelly Gamat mengatakan...

heheh jamur kesukaan ku tuh
mantapp

obat herbal penyakit diabetes mengatakan...

ternyata jamur pernah di sebut makanan para dewa juga ya.

yayasan sosial nomor 1 di sumatera utara mengatakan...

waaqaaaaaah baruuu tw neee gann infooo menariiik ne gan thanks

weetow mengatakan...

wah nice ni untuk bisnis baru.. JAMUR TIRAM...

placenta injection mengatakan...

Very interesting topic, thanks for posting
placenta injection

obat herbal sakit migren mengatakan...

raja firaun ternyata hobi makan jamur.

Fx Guard Inteligent mengatakan...

Bagus sekali artikelnya, Sangat bermanfaat sekali Sob.. Visit back ya: http://onlyx-45.blogspot.com/

obat tradisional jantung mengatakan...

wah aku uska tuh yang namanya jamur yang buat dimakan
mamah ku juga suka bikinin aku yang kaya gituh
sop jamur ala mamah isah
dan rasanya enak banget
sehat lagih
kos gag pake yang namanya msg
jadi sehat kawan2
makasih yah artikelnya bermanfaat bagi aku

obat tradisional asam urat mengatakan...

jamur tiram tu emang enak kalo di olah ..
banyak manfaatnya lagi ..

senapan angin mengatakan...

nice share makasih salam kenal :)

resep mengatakan...

jamur adalah salah satu nemu favorit gan.... sip

obat herbal HIV / AIDS mengatakan...

buruan makan jamur ah..

Alya Hanie mengatakan...

thx bgd info'a,,,
kbetulan tmn sy jg pnya usha jamur
jd lmya srg mngkonsumsi'a,,,,,

Obat tradisional luka bakar dan tersiram air panas mengatakan...

wah artikelnya sangat bagus,mksih gan atas infonya sangat bermanfaat sekali bagi saya soalnya saya tipe orang yang gak suka memperhatikan masalah kandung apa yang saya konsumsi....?

Diana mengatakan...

saya juga sering makan jamur. tp ga tau jenisnya cuma beli aja di supermarket. masaknya pake tepung.

Promo member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia mengatakan...

Kolesterol itu menjengkelkan, dulu wktu masih SMA semua diembat, masuk dunia kerja mulai deh pilih2 :)

cara mengoabti penyakit asam urat mengatakan...

ane baru tau gan, jamur ternyata banyak gizinya.
artikel yang menarik terima kasih. cuman kalau di kota saya susah dapetnya gan.

yozi_dp mengatakan...

nice...,
thanks infonya ya gan
blogwalking ''' :)
http://yozidahfilputra.blogspot.com/

yozi_dp mengatakan...

blogwalking......... yozidahfilputra.blogspot.com

OBAT HERBAL SAKIT GINJAL mengatakan...

gak sia - sia saya suka jamur dari keci, banyak manfaatnya.

sakahayang.com mengatakan...

wow ternyata jamur tiram besar manfaatnya ya,,,
makasih sudah share


wilujeng ngeblog

BB I gratis mengatakan...

Jamur adalah makanan favorit saya..salam kenal

grosiran baju mengatakan...

jamur emang enak tu gan.. sekarang memang lagi ngetrend jamur

Obat Tradisional Epilepsi mengatakan...

wah,ternyata jamur punya banyak keistimewaannya juga ya.
selain memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak,jamur juga sangat mudah dalam pengolahannya,gimana ngga tinggal disulut korek api aja langsung mateng,hehe..bcanda.

Jasa Pijat mengatakan...

Dari jaman sebelum masehi, jamur memang dikenal sebagai tanaman yang kaya manfaat sampai dijadikan obat oleh para raja dan kaisar

obat herbal darah tinggi mengatakan...

benar banget tuh, jamur itu mempunyai khasiat yang memang luar biasa sekali bagi tubuh kita.

Kebaya Pengantin Kebaya Pesta Baju Pengantin Pesta Modern & Tradisional By KebayaPengantinValentino.com mengatakan...

baru tau saya kasiat jamur??
thanks dech infonya???

Obat Alami Darah Tinggi mengatakan...

Wah Jamur memang banyak khasiatnya, pantes az sekarang setiap Resto memilki hidangan menu Jamur, ternyata jamur sekarang ada harga pasarnya.

Herpes mengatakan...

tks infonya ...
kebetulan sayahh juga penggemar jamur :D

«Paling tua ‹Lebih tua   1 – 200 dari 567   Lebih baru› Terbaru»

Poskan Komentar