Jamur Tiram & Kolesterol

Khasiat jamur bagi kesehatan tubuh memang terbukti. Selain mengandung berbagai macam asam amino essensial, lemak, mineral, dan vitamin, juga terdapat zat penting yang berpengaruh terhadap aspek medis. Sejak berabad-abad lalu, jamur sudah menjadi makanan istimewa sehingga banyak orang menjadi penggemar.
Sudah turun-temurun masyarakat Jepang dan Cina melengkapi menu dengan jamur. Bukan saja kelezatan rasa, tetapi juga tinggi nilai gizinya. Orang Yunani kuno percaya, makan jamur menyebabkan seseorang menjadi lebih kuat dan sehat. Hasilnya mereka lebih kuat, berani dan perkasa. Firaun, Raja Mesir yang terkenal sangat keji, penghobi berat makan jamur. Saking istimewanya, raja itu menyebut jamur sebagai makanan para dewa.

Kandungan gizi

Tidak hanya menyedapkan, jamur mempunyai kandungan gizi cukup baik. Komposisi kimia yang terkandung tergantung jenis dan tempat tumbuhnya. Dari hasil penelitian, rata-rata jamur mengandung 19-35 persen protein. Dibanding beras (7,38 persen) dan gandum (13,2 persen), ia berkadar protein lebih tinggi. Asam amino esensial yang terdapat pada jamur, sekitar ada sembilan jenis dari 20 asam amino yang dikenal. Yang istimewa 72 persen lemaknya tidak jenuh, jamur juga mengandung berbagai jenis vitamin, antara lain B1 (thiamine), B2 (riboflavine), niasin dan biotin. Selain elemen mikro, jamur juga mengandung berbagai jenis mineral, antara lain K, P, Ca, Na, Mg, dan Cu. Kandungan serat mulai 7,4-24,6 persen sangat baik bagi pencernaan. Jamur mempunyai kandungan kalori yang sangat rendah sehingga cocok bagi pelaku diet.

Hasil studi di Massachusett University menyimpulkan bahwa riboflavin, asam Nicotinat, Pantothenat, dan biotin (Vitamin B) masih terpelihara dengan baik meskipun jamur telah dimasak. Hasil penelitian dari Beta Glucan Health Center menyebutkan bahwa jamur tiram (Pleurotus ostreatus) mengandung senyawa Pleuran (di Jepang, jamur tiram disebut Hiratake sebagai jamur obat), mengandung protein (19-30 persen), karbohidrat (50-60 persen), asam amino, vit B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (Niacin), B5 (asam panthotenat), B7 (biotin), Vit C dan mineral Calsium, Besi, Mg, Fosfor, K, P, S, Zn. Dapat juga sebagai antitumor, menurunkan kolesterol, dan antioksidan.

Para peneliti dari Ujagar Group (India) menyampaikan, bahwa jamur tiram memiliki nilai nutrisi yang sangat bagus dengan alasan: 100 persen sayuran dan bersih; mengandung protein tinggi dan kaya vitamin-mineral; rendah karbohidrat, lemak dan kalori; bagus untuk liver, pasien diabetes, dan menurunkan berat badan; berserat tinggi membantu pencernaan; antiviral dan antikanker; mudah memasaknya dan mudah dicerna; dan jamur tiram merupakan jamur yang paling enak rasanya dibanding jamur pangan lainnya.

Dari hasil penelitian Departemen Sain, Kementerian Industri Thailand, jamur tiram (Oyster mushroom) mempunyai kandungan: protein 5,94 persen, karbohidrat 50,59 persen, serat 1,56 persen, lemak 0,17 persen, abu 1,14 persen. Per 100 gram jamur tiram segar, mengandung 45,65 kalori, 8,9 miligram (mg) kalsium, 1,9 mg besi, 17,0 mg fosfor, 0,15 mg vitamin B-1, 0,75 mg vitamin B-2, dan 12,40 mg Vitamin C. Jamur juga mengandung folic acid yang cukup tinggi, konon mampu menyembuhkan anemia.

Sebagai perbandingan, tempe yang terbuat dari kedelai yang kaya serat dan juga sebagai sumber berbagai nutrien seperti calsium, Vitamin B, dan besi, mempunyai kandungan sebagai berikut: kalori 204, protein 17 gram, lemak 8 gram, karbohidrat 15 gram, calium 80 mg, Fe (Besi) 2 mg, dan Zn 0,2 mg.

Bisa dibandingkan dengan daging ayam yang kandungan proteinnya 18,2 gram, lemaknya 25,0 gram, namun karbohidratnya 0,0 gram dan Vitamin C-nya juga 0,0 gram. Maka, kandungan gizi jamur masih lebih komplet sehingga tidak salah apabila dikatakan jamur merupakan bahan pangan masa depan.

Antikolesterol

Disebutkan bahwa para peneliti penyakit kanker menyarankan bahwa sebaiknya manusia mengonsumsi daging merah tidak lebih dari tiga ons per hari atau kurang dari itu. Daging tersebut adalah daging sapi, kerbau, kambing, dan babi yang dapat menyebabkan risiko lebih tinggi sebagai penyebab kanker usus, dan juga kemungkinan payudara, prostat, pankreas, perut, dan kanker ginjal. Kecil kemungkinan terkena kanker apabila mengonsumsi ayam dan ikan, dan untuk beberapa kasus malahan dapat melawan kanker. Sehubungan dengan hal itu, untuk yang senang mengkonsumsi burger disarankan untuk diselang-seling dengan ayam, seafood, sayuran, dan jamur (Anonympus, 1999).

Saat ini beberapa jamur digunakan sebagai obat untuk melawan kolesterol, kanker, dan AIDS. Senyawa aktif jamur yang terkandung dikabarkan dapat sebagai antijamur, antibakteri, dan antivirus dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat membunuh serangga dan nematoda. Pada tahun 1960, para peneliti berhasil menemukan pengaruh beberapa jamur sebagai antitumor. Komponen aktif yang dimaksud adalah polysaccharida, dan khususnya adalah Beta - D - Glucans. Sebagai standardisasi produk dari jamur tiram (Plurotus ostreatus dan P. eryngii) disebut Plovastin yang dipasaran sebagai suplemen penurun kolesterol. Komponen aktif dari Plovastin adalah statin, secara baik menghambat metabolisme kolesterol di dalam tubuh manusia (Itzkovich, 2001).

Hasil dari penelitian Bobek (1999) dari Research Institute of Nutrition Bratislava tentang "Natural products with hypolipemic and anti oxidant effect". Telah dilakukan studi pada sebuah grup dengan 57 laki-laki: perempuan = 1:1, usia setengah umur, dengan kasus hyperlipoproteinemia. Selama satu bulan mereka mengonsumsi 10 gram jamur tiram secara teratur. Kesimpulan, secara statistik sangat menjanjikan, yakni kolesterol dan serum turun 12,6 persen dan triglycerol turun 27,2 persen. Jamur tiram juga mempunyai efek antioksidan dengan turunnya hasil peroksidasi di dalam eritrosit.

Beta-1,3/1-6-Glucan secara alami berasal dari polysaccharida yang secara intensif dipelajari sejak tahun 1950 sebagai antitumor dan perangkat immunostimulating (pemicu kekebalan). Pleuran adalah Beta- 1,3/1-6-Glucan diisolasi dari jamur tiram yang mempunyai kandungan polysaccharida tinggi, biasa digunakan untuk cream, salep, suspensi, dan bedak untuk perawatan wajah di dunia oleh peneliti dan perusahaan kosmetik untuk formulasinya (Contoh; Estee Lauder dan Clinique). Konsentrasi 0,5-2,00 persen. Perawatan wajah ini berguna untuk mengikat air, melembabkan kulit dan anti-inflamasi. Percobaan pada 121 pasien berjerawat kronis, diberikan setiap hari selama 21 hari, hasilnya 73,5 persen kondisinya membaik, 18,2 persen sembuh total (Kuniak et al, 1995. Faculty of Pharmacy and STV, Batislava, Slovak Republic in Beta Glucan Health Center, www.glucan.com/therapy 2002).

575 komentar:

«Terlama   ‹Lebih tua   401 – 575 dari 575   Lebih baru›   Terbaru»
Cara Mengatasi Asam Lambung mengatakan...

memang jamur sangat enak untuk dimakan dengan berbagai macam jenis masakan,
apa jamur tiram ini raja dari segala jamur yang lainnya ya ? soal nya saya belumm coba rasa jamur-jamur yang lainnya juga ni gan

Gold-g mengatakan...

Terimakasih agan infonya sangat bermanfaat sekali.

obat kangker usus mengatakan...

jamur memang memiliki banyak khasiat untuk tubuh.. bahkan didunia medis jamur sering dijadikan obat herbal..
susesgan buat artikelnya...

game bola online mengatakan...

Terima kasih udah sharing informasi yang bagus ini, kebetulan saya suka sama jamur, enaaakk broo.. Ternyata banyak juga manfaatnya yaaa, ga nyesel deh jadinya suka makan jamur.. Asal jangan magic mushroom ya bro, hehehe..

jualsusukolostrum mengatakan...

terima kasih ya infonya

haidar mengatakan...

wah ternyata selain enak mengandung banyak manfaat dan gizi, terim kasih gan sudah berbagi

ace maxs indonesia-jus kulit manggis mengatakan...

Tertawa itu menyenangkan orang banyak

jual susu kolostrum mengatakan...

terima kasih atas infonya

jual susu kolostrum mengatakan...

Janngan lupa berdoa kalau mau berpergian supaya selamat

jual susu kolostrum mengatakan...

Makasih ya sobat atas infonya ynag menarik sekali

c2joy mengatakan...

terima kasih bang infonya

Jamur Tiram mengatakan...

budidaya jamur tiram menyenagkan..
lihat salah satu produknya:
http://tiramjogja.blogspot.com/2012/05/keripik-tiram.html

susu kolostrum mengatakan...

Mantap juga infonya, semoga berguna bagi orang banyak maturnuwun

pembesar penis mengatakan...

hmm, lezat nya jamur kesukaan sy

liot mengatakan...

ternyata jarum tiram sangat banyak manfaatnya..

jual pabx panasonic mengatakan...

saya sebenr nya suka jamur tiram

ratna mengatakan...

makasih untuk infonya ya gan.
mudah-mudahan bermanfaat.

jersey bola mengatakan...

Biasanya saya gak terlalu menghitung-hitung kandungan gizi dan manfaat dari apa yang saya makan, ternyata jamur tiram ini bisa meningkatkan antibodi juga, mantap artikelnya..

Barang Unik China mengatakan...

jamur memiliki khasiat yang luar biasa bagi tubuh kita.

krazone.com mengatakan...

Baru-baru ini makan jamur tiram, ternyata rasanya lumayan

Program Apotek mengatakan...

nambah ilmu baru,
terimakasih..

monitoring system mengatakan...

Saya penggemar jamu juga terima kasih infonya

Rahasia Hidup Sehat mengatakan...

wah jamur tiram ternyata bagus juga untuk menurunkan kolesterolya serta mengandung antioksidan juga, makasih infonya sob :)

nature indonesia mengatakan...

makassih banyak sobb tetntang infonya, dan salam bloggers

Nfx Gaul mengatakan...

Wuih keren nih templatenya mas, ringan lagi. Boleh tau gak dapet dimana mas?

kuliner mengatakan...

thanks atas infonya..
sangat bermanfaat... :)

Kurir Top Surabaya mengatakan...

Selain enak, bergizi, dan sepertinya cocok buat menu diet nih. .
:)

Yoyok Nugroho mengatakan...

wah ini dia yang ane cari, bisa jadi alternatif makanan nih, apalagi kalau di tumis - tumis. .

pendidikan online mengatakan...

thanks infonya

obat tradisional penyakit menopause mengatakan...

makasih banyak yah sobb tentang infonya, dan salam bloggers..

erika mengatakan...

buat TS nya makan jamur beracun saja hehehehehe....bercanda
http://www.promomainan.com/
http://www.mobil-sewa.com/
http://www.supplierbaut.com/
http://www.netsprogram.com/

resep masakan mengatakan...

nambah ilmu banget, untungnya aku juga suka sama jamur tiram. . .
:)

bisnis online gratis mengatakan...

thanks gan infonya

Aussie mengatakan...

mantap infonya dan makasih

momon mengatakan...

bermanfaat sekali gan atas informsinya, ini sangat membantu

bisnis online gratis mengatakan...

keren gan ..
makasih infonya ya gan..

Lie Syo Bun mengatakan...

Kelihatannya enak, jadi pengen makan jamur nih :D ...

obat tradisional penyakit kencing nanah mengatakan...

makasih banyak yah sobb tentang infonya, dan salam bloggers..

Unknown mengatakan...

ni makanann kesukaan ane gan...


visit back:http://mranggendemak.blogspot.com/

bimbel ilmci mengatakan...

makasih atas infonya ;)

Tryout Online mengatakan...

wah ternyata jamur banyak khasiat nya jga ya ...

makasih info nya

baju muslimah terbaru mengatakan...

pantesan, sekarang semakin menjamur orang jualan jamur...
thxs infonya gan..

fataha furniture mengatakan...

bagus artikelnya.. trims

bimbel online mengatakan...

makasih atas informasi

bimbel tryout mengatakan...

tks info ya, sanggat bermanfaat

baju bola mengatakan...

saya suka jamur tiram, bahkan saya tertarik untuk mengembangkan bisnis jamur tiram..

Razaq mengatakan...

ane ga pernah makan jamur, ntah gmna tuh rasanya

Unknown mengatakan...

terimakasih gan atas infonya

PAKET PULAU PARI mengatakan...

saya sangat setuju gan,karna saya perna merasakannya,tapi setelah saya baca artikel ini saya jadi tambah yakin kalau jamur benar2 bermanfaat,
salam kenal dari wisata pulau pari
saya tunggu kunjungan baliknya yah gan....
terima kasih.

7LIVEASIA mengatakan...

Ikut nyimakgan artikelnya di atas sangat menarik dan telah banyak memberikan informasi yang sangat luarbiasa yang saya dapat. Terimakasih

7LIVEASIA mengatakan...

Informasinya diatas sangat luarbiasa gan, terimakasih dan semoga informasi ini dapat menambah ilmu kita semua

obat diabetes alami mengatakan...

Wah kalau jamur enak sekali gan, saya suka dan ternyata banyak mandfaatnya ya, terima kasih sudah berbagi

sprei mengatakan...

ternyata jamur banyak sekali khasiatnya ya

Revolusi Suriah mengatakan...

makanya saya suka sama jamur,, tapi jamurnya bukan jamur tiram sih

Peninggi Badan Tiens mengatakan...

memang betul sekali jamur sangat bermanfaat bagi kesehatan, namun harus dimasak benar2 matang supaya lebih bersih. selain itu harus beli jamur di tempat percaya karena ada juga jamur yg beracun

Unknown mengatakan...

thnks gan sudh mw share infonya sangat membntu,,,

oleh : kaosjkt48yogya

sinta mengatakan...

wow ternyata jamur tiram besar manfaatnya ya,,,nich salah satu masukan deh....

santi mengatakan...

thank's gan atas infonya, semga bermanfaat bagi kita semua.

santi mengatakan...

saya sangat stuju sekali, mksih untuk share nya,,,,

gambar rumah minimalis 2014 mengatakan...

wah ternyata gitu yaa.. baru tau saya.. dtunggu uploadan selanjutnya
Desain Interior Rumah Minimalis

Jilbab Syar'i mengatakan...

jamur.. lezat dan berkhasiat

cara mengobati kanker ovarium mengatakan...

jamur adalah makanan ke sukaan saya

alat pancing mengatakan...

jamur tiram lezat sekali gan. apalagi digoreng tepung dimakan dengan saus. mak nyuuuuuuuuuus....

cara mengobati pembesaran prostat mengatakan...

saya suka sekali jamur enak sekali

obat pembesar penis mengatakan...

Jadi minat nih untuk budidaya jamur di samping rasanya enak di makan ternyata banyak kasiatnya

Rumput Kebar Papua mengatakan...

jamur favoritku..

OBAT HIV AIDS mengatakan...

Terimakasih atas infonya..

alat bantu sex mengatakan...

thank gan infonya

mug murah jogja mengatakan...

terima kasih

Terapi Ion Elektrik mengatakan...

kayaknya bisnis jamur tiram menjanjikan nih

jam dinding mengatakan...

thanks infonya. nice posting. visit back

Unknown mengatakan...

aku kira dulu jamur itu beracun ternyata bermanfaat juga ya, info yang bagus salam kenal dari cream pemutih wajah

baby pink murah mengatakan...

Wah baru tau jamur bisa buat kolestrol

Penyerap kelembaban mengatakan...

Info yang bagus dan menarik mas

cara mengobati kanker ovarium mengatakan...

makasih infonya sungguh bermanfaat sekali untuk saya menambah wawasan saya

Layanan Haji Plus Umroh Surabaya mengatakan...

memang jamur ini bisa menggantikan daging bagi seorang vegetarian. . mantep pol

cara mengobati limfoma mengatakan...

sungguh infonya bermanfaat sekali untuk saya karena menambah ilmu dan wawasan saya makasih

Grosir Jam Tangan mengatakan...

Jamur memang banyak khasiatnya. danmemang dikenal sebagai tanaman yang kaya manfaat

kamera mobil mengatakan...

jamur memang memiliki khasiat yang bagus bagi tubuh kita.

Obat penurun asam urat tinggi mengatakan...

terimakasih untuk informasinya

Unknown mengatakan...

baru tau nih,, kurangi mkn jamur

cara mengobati hepatitis mengatakan...

kunjungan ke artikel ini saya dapat ilmu dan wawasan baru makasih

obat cytotec mengatakan...

gila bgt jamur mujarab juga yah.. sayangnya jamur tergolong mknan yg mahal. klo cara budidaya sendiri gmn yah caranya

hepatitis mengatakan...

kunjungan siang membaca artiklenya sangat bermanfaat sekali makasih

obat alami kanker prostat mengatakan...

Sukses selalu untuk websitenya

kanker otak mengatakan...

kunjungan pagi sangat bermnfaat sekal infonya untuk saya dan para pembaca bloger lainya memberikan ilmu dan wawasan dan pencerahan bagi saya sukses selalu untuk blog nya.

obat herbal kanker payudara mengatakan...

menarik infonya

obat herbal kanker serviks mengatakan...

jamur kesukaan saya banget

obat herbal limfoma mengatakan...

kunjungan pagi dengan membaca dan menyimak artikel nya sungguh sangat bermnfaat sekali untuk saya makasih banyak semoga tambah sukses blog nya

Jual Xhamthone Plus mengatakan...

Bagus gan infonya.. sedikit memberi arti tentang kesehatan.

cara mengobati hepatitis mengatakan...

kunjungan pagi dengan menyimak dan membaca sudah sangat membantu saya dalam hal ilmu dan wawasan saya makasih banyak atas ilmu nya

saifurroyya mengatakan...

Artikel yang menarik...

obat herbal limfoma mengatakan...

membaca dan menyimak artikelnya sungguh jadi menambah ilmu dan wawasan saya semoga lebih banyak yang baca artikel ini menjadi lebih banyak tau

cara mengobati kista mengatakan...

menraik sekali infonya

obat herbal pembesaran prostat mengatakan...

kunjungan siang saya sudah membaca dan menyimak info yang telah di posting sungguh bermanfaat sekali untuk saya makasih semoga sukses trus untuk blog nya.

ace maxs herbal mengatakan...

wah.. trnyata gx salah ya ane doyan jmur tiram,.mnfaatnya bnyak jga trnyata.. hihi
nice post gan..

Daftar harga kasur inoac terbaru
Daftar harga kasur inoac tebal 10 dan 5 cm
Pengobatan tepat untuk penyakit jantung
Tanda Insomnia dan tips menghilangkannya
Posisi tidur bagi ibu hamil
Ace maxs herbal atasi berbagai penyakit
Tahukah anda apa itu Hepatitis B (HBsAg)?
Atasi berbagai penyakit dengan Ace Maxs Herbal
Cara mudah Menambahkan url blogdetik ke Goolge
Kasur Inoac, kasur busa kualitas jepang

obat herbal kanker payudara mengatakan...

menarik dan bermanfaat infonya makasih infonya saya tunggu info yang lebih bermanfaat

pulau harapan mengatakan...

saya baru tau klo jamur bisa buat kolestrol

BMH Sidoarjo mengatakan...

ternyata bagus sekali manfaat yang terkandung pada jamur tiram.


Mari infaqkan harta anda kepada sesama muslim kurang mampu melalui program kepedulian terbaik kami.

Agen Xhamtone plus mengatakan...

Jamur itu memang banyak seratnya.

obat diet aman mengatakan...

makasih gan infonya sangat bermanfaat

obat diet aman mengatakan...

thanks gan buat informasinya sangat bermanfaat

jasa desain logo murah mengatakan...

thanks informasinya

jasa desain logo online shop mengatakan...

sangat bermanfaat artikel anda

jasa desain logo perusahaan mengatakan...

thanks, ilmu yang bermanfaat

jasa desain logo mengatakan...

thanks bro atas informasinya

agen togel mengatakan...

ternyata jamur banyak manfaat ny bagi tubuh kita

obat herbal kanker prostat mengatakan...

emang jamur sangat baik untuk tubuh kita makasih

vakum penis mengatakan...

jamurnya buat oseng2 kayaknya enak nih.
thank's infonya.

alat bantu sex pria vagina senter mengatakan...

makasih gan atas infonya.

cara mengobati kanker kolon mengatakan...

jamur makanan kesukaaan saya makasih infonya

Unknown mengatakan...

wah,nice info

cara mengobati limfoma mengatakan...

makasih sangat bermanfaat sekali infonya

cara mengobati limfoma mengatakan...

jamur memang enak dan banyak sekali khasiatnya untuk kesehatan tubuh kita

cara mengobati kanker kolon mengatakan...

jamur adalah kesukaan saya

cara mengobati kanker ovarium mengatakan...

kunjungan siang nya bermanfaat sekali

cara mengobati kanker kolon mengatakan...

jamur makanan kesukaan saya

obat pembesar penis mengatakan...

Salut, je tiens à vous dire que votre opinion de ce thème est vraiment intéressante, et je souhaite vous remercier pour cet article riche en informations. En tout cas, je repasserai certainement plus tard Et si vous envisagez de voir mon site, n’hésitez pas. A très bientôt et longue vie à cette page

Tutorial Informasi Bisnis Online mengatakan...

Ternyata ada manfaatnya juga ya jamur tiram itu, sungguh mahabesar Allah yang menciptakan segala sesuatunya dengan kelebihan masing-masing!

SaputraMZ.com

Chandra mengatakan...

Info yang menarik, terima kasih

Obat Tradisional Kurang Darah mengatakan...

Artikel yang bermanfaat, ternyata jamur tiram banyak kandungan gizi nya. Teria Kasih atas infonya....

alat bantu sex mengatakan...

Alat bantu sex merupakan produk dewasa untuk menunjang aktifitas sex agar lebih hidup dan mendapat sensasi lebih dari hubungan intim biasa.

Contoh Company Profile Perusahaan mengatakan...

Salam Kenal
Tampilan blognya sangat menarik dan juga thank's untuk infonya
aku tunggu info-info lainnya

PIN MURAH mengatakan...

kalo pinter masaknya rasanya seperti daging ayam gan

Irfan Nauri mengatakan...

Ide anda sangat kreatif sekali dalam membuat artikel ini, saya sangat menyukainya

cara mengobati pegal linu mengatakan...

jamur enak dan banyak manfaatnya

ginseng kianpi pil mengatakan...

jamur memang enak sekali

Fajar Jaya Kosmetik mengatakan...

manfaat nya luar biasa

dwik suka suka mengatakan...

makasi infonya.. :)

http://www.terabytestore.com

Kuret Aman mengatakan...

Izin nyimak gan...

cara mengobati limfoma mengatakan...

oh sangat bermanfaat sekali

Unknown mengatakan...

sangat luar biasa membantu sekali ini artikelnya
sekalian kunjungin tempat kami juga yaa Raja Poker88

cara mengobati kanker kolon mengatakan...

tiram sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh kita

cara mengobati pegal linu mengatakan...

jamur yang bagus untuk kesehatan kita

cara mengobati pegal linu mengatakan...

jamur selain enak juga sangat menyehatkan

Sepatu Online mengatakan...

Mantap Info nya

robot industri mengatakan...

thanks infonya

Kusen Aluminium Murah mengatakan...

Jamur tiram selain enak memang banyak manfaat-nya....

Kosmetik Online Terpercaya mengatakan...

Inilah salah satu manfaat tersembunyi dari jamur. Benar2 kaya manfaat

Jadwal Prediksi Bola mengatakan...

ini adalah info yang sangat berguna dan bermanfaat. terimakasih karena sudah memberikan informasi penting ini.

obat herbal gondok mengatakan...

wa infonya sangat bermanfaat
terima kasih sudah share semoga sukses ya

Berita Bola Akurat Hari ini mengatakan...

terima kasih banyak atas infromasi yang telah disajikan. tetap semangat dalam menghasilkan tulisan luar biasa ini dan sukses selalu buat anda dan para penulis kreatif lainnya.. salam sukses!!!

Unknown mengatakan...

Terimakasih informasinya sangat bermanfaat bagi saya.

Wasir / Ambeien dan Cara Mengobatinya Secara Alami

jaket kulit garut mengatakan...

informasi yang sangat bermanfaat terima kasih admin

jaket kulit garut mengatakan...

terima kasih banyak buat informasinya admin sangat bermanfaat sekali

jaket kulit garut mengatakan...

terima kasih banyak buat informasinya admin sangat bermanfaat sekali

INFO PENDAKIAN GUNUNG AGUNG mengatakan...

gak rugi saya suka jamur,,

Label Baju Semarang mengatakan...

Ok bingits

Harga Label Baju mengatakan...

wih, keren dah postingannya

Label Baju Indo mengatakan...

nice tips

near zero risk mengatakan...

jamur tiram tuh kesukaan ane gan, di goreng terus di cocol pake saus sambal :D

Travel Juanda Malang mengatakan...

wah keren artikelnya, terimakasih ya infonya

batara mengatakan...

dengan banyaknya manfaat dari jamur, bisa jadi salah satu resep dalam menu mingguan

paket wisata karimunjawa mengatakan...

kalau di rumah saya suka sate jamur dikasih bumbu sate srepeh khas daerah rembang. manteb lah pokoknya...

Jelly Gamat QNC mengatakan...

makasih banget infonya
http://jellygamatqncoriginal.xyz/

sex toys mengatakan...

terima kasih infonya

Unknown mengatakan...


I've Been Browsing Online More Than 3 Hours Today, Yet I Never Found Any Interesting Article Like Yours. It?s Pretty Worth Enough For Me. In My View, If All Website Owners And Bloggers Made Good Content As You Did, The Web Will Be Much More Useful Than Ever Before. Gamegame game game, Militcom militcom, Schiff Buriet schiff buriet, Online Casino online casino, Prachatai prachatai, Zagrosze zagrosze

Unknown mengatakan...


Thanks , I Have Recently Been Searching For Information About This Topic For Ages And Yours Is The Best I Have Discovered Till Now. But, What About The Conclusion? Are You Sure About The Source? Sanmichele sanmichele, Owpweb owpweb, Miss Watson miss watson, Slovenskyraj slovenskyraj, Marilynprague marilynprague, Bohemaland bohemaland

Unknown mengatakan...


Valuable Information. Lucky Me I Found Your Site By Accident, And I Am Shocked Why This Accident Didn't Happened Earlier! I Bookmarked It. Duesseldorf Magics duesseldorf magics, Esportsord esportsord, Middlewich Festival middlewich festival, Fundacion Paisaje fundacion paisaje, Misunderstood Universe misunderstood universe, Asru2005 asru2005

Unknown mengatakan...


Awsome Site! I Am Loving It!! Will Come Back Again. I Am Taking Your Feeds Also. Interpretacion Magics interpretacion, Gothamunleashed gothamunleashed, Radiocontrolled Machines radiocontrolled machines, Khairilaf Zalrozali khairilaf zalrozali, Bestship Images bestship images, Betwixt Beer betwixt beer

Unknown mengatakan...


I Will Immediately Snatch Your Rss As I Can't Find Your Email Subscription Hyperlink Or Newsletter Service. Do You've Any? Please Let Me Recognize So That I Could Subscribe. Thanks. Pretvornik Valut pretvornik valut, Merely Flawed merely flawed, Tkiva tkiva, Imaginestation imaginestation, Dajinskapodrska dajinskapodrska, Kyoukan kyoukan

App Development Company India mengatakan...

Very great post. I simply stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed browsing your weblog posts. After all I’ll be subscribing on your feed and I am hoping you write again very soon!

link sbobet asia mengatakan...

Saya sebenarnya senang melirik web ini posting situs yang mencakup banyak fakta-fakta yang berguna, terima kasih untuk menyediakan informasi tersebut.
sbobet asia indonesia

sewa bus pariwisata karawang mengatakan...

mantap gan ...salam sukses selalu

Bus Pariwisata Karawang

Bus Jemputan Karyawan

Sewa Bus Karawang

Bus Antar Jemput Karyawan

Pakar Wisata Karawang

sewa bus pariwisata karawang mengatakan...

mantap gan ...salam sukses selalu

Bus Pariwisata Karawang

Bus Jemputan Karyawan

Sewa Bus Karawang

Bus Antar Jemput Karyawan

Pakar Wisata Karawang

sewa bus pariwisata karawang mengatakan...

mantap gan ...salam sukses selalu

Bus Pariwisata Karawang

Bus Jemputan Karyawan

Sewa Bus Karawang

Bus Antar Jemput Karyawan

Pakar Wisata Karawang

Apartemen mengatakan...

thanks gan artikelnya menarik dan menambah wawasan. ditunggu artikel selanjutnya

yayasan anak yatim dijakarta timur mengatakan...

sangat bermanfaat,, terima kasih banyak..

tharamovie.com mengatakan...

Bagus Gan Artikelnya Sangat Bermanfaat
KUNJUNGI DAN DAFTAR


TARUHAN BOLA

AGEN BOLA ONLINE

TARUHAN TOGEL

POKER ONLINE

AGEN TOGEL

AGEN BOLA

Deadpool 2 Full Movie 2018

Deadpool 2 Full Movie

Avengers: Infinity War FULL MOVIE 2018

Life of the Party Full Movie 2018


GO Herbal Plus mengatakan...

Ternyata untuk Menurunkan Kolesterol, selain dengan mengkonsumsi Jamur Tiram, bisa juga dengan mengkonsumsi JAMKHO lhoo !

Dengan Minum JAMKHO, DIJAMIN Kolesterol Turun dalam hitungan jam!

Kolesterol

Kolesterol Normal dengan JAMKHO

Kolesterol Jahat hilang dengan JAMKHO

Kolesterol LDL atasi dengan JAMKHO

Cara Menurunkan Kolesterol dengan JAMKHO

Menurunkan Kolesterol dengan JAMKHO

Penurun Kolesterol dengan Herbal JAMKHO

Tanda Kolesterol Tinggi dapat diatasi dengan minum JAMKHO

Mengobati Kolesterol dengan JAMKHO

Akibat Kolesterol Tinggi bisa diatasi dengan JAMKHO

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami dengan JAMKHO

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan JAMKHO

Cara Cepat Menurunkan Kolesterol dengan JAMKHO

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan JAMKHO

Cara Mengurangi Kolesterol dengan minum JAMKHO

Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Cepat menggunakan JAMKHO

Cara Alami Menurunkan Kolesterol dengan mengkonsumsi JAMKHO

Makanan Untuk Penderita Kolesterol adalah dengan mengkonsumsi JAMKHO

Sayuran Penurun Kolesterol bisa diganti dengan minum JAMKHO

Cara Menyembuhkan Kolesterol bisa dengan minum JAMKHO

Segera Order JAMKHO via Whatsapp (WA) di : 0813 3413 8288 atau melalui website kami di : www.TigaToga.com

Rahmatan pandu kemanusiaan mengatakan...

terima kasih infonya, semoga bisa terus menebar info kesehatan melalui tulisan-tulisannya

Media Informasi dan Komunikasi Yayasan rahmatan lil-alamin mengatakan...

informasi yang cukup menarik dan menginspirasi, semoga bermanfaat dan bisa terus menebar info-info kesehatan lewat tulisan-tulisannya

Yayasan anak yatim jakarta timur mengatakan...

terima kasih inspirasi makanan sehatnya, semoga bermanfaat bagi semua yang membaca dan bagi penulisnya.
karena kesehatan itu dimulai dari apa yang dimasukan ke dalam tubuh kita, maka perhatikan apa yang akan kita masak dan apa yang akan kita makan

syiar ramadhan rahmatan mengatakan...

informasi yang sangat menarik dan menambah wawasan, semoga bermanfaat dan terus menginspirasi melalui tulisan, terutama tulisan mengenai kesehatan

Docsmanagement_CT mengatakan...

Very impressive article! The blog is highly informative and has answered all my questions. To introduce about our company and the activities. Visit us for Document Workflow, File Management System, and much more related to the same.

«Terlama ‹Lebih tua   401 – 575 dari 575   Lebih baru› Terbaru»

Posting Komentar