(Asal Tau) 10 (Sepuluh) Gurun Terbesar di Dunia

Berikut ini adalah 10 (sepuluh) gurun pasir terbesar di dunia yang kami adaptasi dari berbagai sumber dan terutama dari ensiklopedia umum terbesar dunia maya, wikipedia. Berikut urutannya....



10. Kara-Kum Gurun, Uzbekistan / Turkmenistan 

Gurun Karakum, juga dieja Kara-Kum dan Gara Gum adalah gurun di Asia Tengah. Ini menempati sekitar 70 persen, atau 350.000 km ², dari luas wilayah Turkmenistan. Meliputi banyak Turkmenistan sekarang, Gurun Karakum terletak di timur Laut Kaspia, dengan Laut Aral di utara dan sungai Amu Darya dan gurun Kyzyl Kum ke timur laut. Di zaman modern, dengan menyusutnya Laut Aral, memperpanjang "Aral Karakum" telah muncul di dasar laut bekas, dengan luas 15.440 sq diperkirakan Pasir dari Karakum Aral yang terdiri dari rawa-garam yang terdiri dari halus -tersebar evaporites dan sisa-sisa deposit mineral alkali, dicuci ke baskom dari sawah irigasi. Debu-debu ditiup pada barat-timur yang kuat aliran udara membawa residu pestisida yang telah ditemukan di dalam darah penguin di Antartika.


9. Great Sandy Desert, Australia

The Great Sandy Desert adalah 360.000 km2 (140.000 mil persegi) luas di Australia barat laut. Kira-kira ukuran yang sama seperti Jepang, membentuk bagian dari wilayah gurun yang lebih besar dikenal sebagai Gurun Barat. Wilayah luas Australia Barat jarang penduduknya, tanpa permukiman signifikan. The Great Sandy Desert merupakan daerah datar antara rentang berbatu dari Pilbara dan Kimberley. Untuk tenggara adalah Gurun Gibson dan di sebelah timur adalah Gurun Tanami. Para Rudall Sungai dan Danau Taman Nasional Dora terletak di barat daya, sementara Danau Mackay terletak di tenggara.

8. Gurun Chihuahua, Meksiko
 
Gurun Chihuahua adalah padang pasir yang melintasi perbatasan AS-Meksiko pada bagian tengah dan utara dari Dataran Tinggi Meksiko, di sebelah barat berbatasan dengan kisaran luas Sierra Madre Occidental, dan melapisi bagian utara dari kisaran timur, Sierra Madre Oriental. Di pihak AS menempati lembah-lembah dan cekungan dari New Mexico tengah dan selatan, Texas barat Sungai Pecos dan Arizona tenggara; selatan perbatasan, mencakup bagian utara negara bagian Meksiko, Chihuahua, sebagian besar dari Coahuila, utara-timur bagian Durango, bagian utara ekstrim dan bagian barat Zacatecas kecil Nuevo León. Ini memiliki luas sekitar 140.000 mil persegi. Ini adalah gurun ketiga terbesar di belahan bumi Barat dan kedua terbesar di Amerika Utara, setelah Gurun Great Basin.
7. Gurun Great Basin, Amerika Serikat
 

Basin Besar adalah DAS terbesar Amerika Utara yang tidak mengalir ke laut sebuah. Air dalam Great Basin menguap karena aliran keluar adalah diblokir. Cekungan meluas ke Meksiko dan mencakup sebagian besar Nevada dan lebih dari setengah dari Utah, dan juga sebagai bagian dari California, Idaho, Oregon dan Wyoming. Sebagian besar DAS berada dalam ruang wilayah Gurun Amerika Utara, tapi juga meliputi wilayah di Gunung Berhutan dan California Mediterania ekoregion. The Great Basin mencakup beberapa wilayah metropolitan dan Great Basin Shoshone suku. Berbagai hewan dapat ditemukan di padang pasir cekungan besar. Lihatlah lereng berbatu sekitar rentang gurun gunung, Anda mungkin melihat seorang domba padang pasir Bighorn sangat langka. Mamalia lain dari gurun kit termasuk rubah, anjing hutan, sigung, kelinci hitam-ekor, tupai tanah, tikus kangguru dan berbagai jenis tikus. Spesies Burung sangat beragam oasis gurun.
6. Great Victoria Desert, Australia
 

The Great Victoria Desert adalah ruang wilayah gurun tandus, kering, dan berpenduduk jarang di Australia selatan. Ia jatuh di dalam negara bagian Australia Selatan dan Australia Barat dan terdiri dari sandhills kecil, padang rumput dan danau garam. Hal ini lebih dari 700 kilometer (430 mil) lebar (dari barat ke timur) dan meliputi wilayah 424.400 kilometer persegi (163.900 sq mi). Western Australia ekoregion semak Mallee terletak di sebelah barat, Little Sandy Desert di barat laut, Gurun Gibson dan Central Ranges shrublands xeric ke utara, Tirari dan Stony Sturt padang pasir di sebelah timur, dan Nullarbor Plain ke selatan memisahkan dari Samudra Selatan.

5. Gurun Patagonia, Argentina
 

Gurun Patagonian, juga dikenal sebagai Gurun Patagonia atau Steppe Patagonian, adalah padang pasir terbesar di Amerika dan merupakan padang pasir terbesar ke-7 di dunia berdasarkan wilayah, menempati 260.000 mil persegi (673.000 km). Hal ini terletak terutama di Argentina dengan bagian-bagian kecil di Chili dan dibatasi oleh Andes, ke barat, dan Samudra Atlantik ke sebelah timur, di wilayah Patagonia, Argentina selatan. Gurun Patagonia adalah benua terbesar paralel 40 ° dan merupakan padang pasir musim dingin yang besar, di mana suhu jarang melebihi 12 ° C dan rata-rata hanya 3 ° C. Wilayah ini pengalaman sekitar tujuh bulan lima bulan musim dingin dan musim panas.

4. Gurun Kalahari, Afrika Selatan

Gurun Kalahari adalah kering besar ke daerah semi-kering berpasir di Afrika Selatan memperluas 900.000 kilometer persegi (350.000 sq), meliputi sebagian besar Botswana dan bagian Namibia dan Afrika Selatan, sebagai semi-gurun, dengan saluran besar penggembalaan sangat baik setelah baik hujan. Gurun Kalahari adalah bagian selatan Afrika, dan geografi adalah bagian dari padang pasir dan dataran tinggi. Kalahari mendukung beberapa hewan dan tumbuhan karena sebagian besar itu bukan gurun benar. Ada sejumlah kecil curah hujan dan suhu panas sangat tinggi. Biasanya menerima 3-7,5 inci (76-190 mm) hujan per tahun. Kalahari sekitar Cekungan mencakup lebih dari 2.500.000 kilometer persegi (970.000 sq mi) memperluas lebih jauh ke Botswana, Namibia dan Afrika Selatan, dan melanggar menjadi bagian dari Angola, Zambia dan Zimbabwe. Sungai hanya permanen, Okavango, mengalir ke delta di barat laut, membentuk rawa-rawa yang kaya akan satwa liar.

3. Gurun Gobi, Mongolia / Cina

Gobi adalah wilayah gurun yang besar di Asia. Ini mencakup bagian Cina utara dan barat laut, dan Mongolia selatan. Cekungan gurun dari Gobi dibatasi oleh Pegunungan Altai dan padang rumput dan stepa Mongolia di sebelah utara, oleh Koridor Hexi dan Tibet Dataran Tinggi ke barat daya, dan oleh Dataran Cina Utara di tenggara. Gobi terdiri dari beberapa wilayah ekologis dan geografis yang berbeda berdasarkan variasi iklim dan topografi. Gurun ini merupakan yang terbesar kelima di dunia. Gobi yang paling terkenal dalam sejarah sebagai bagian dari Kekaisaran Mongol besar, dan sebagai lokasi beberapa kota penting sepanjang Jalan Sutra.
2. Gurun Arab, semenanjung Arab

Arabian Desert Desert atau Timur, c.86, 000 mil persegi (222.740 km persegi), E Mesir, berbatasan dengan lembah sungai Nil di barat dan Laut Merah dan Teluk Suez di sebelah timur. Ini terbentang sepanjang sebagian besar perbatasan timur Mesir dan menyatu ke Gurun Nubia di selatan. Gurun Arab yang jarang penduduknya, sebagian besar penduduknya didasarkan sekitar sumur dan mata air. Saat ini kebanyakan padang pasir dapat diakses oleh jalan. Sejak zaman Mesir kuno telah menggunakan porfiri, granit, kapur, dan batupasir ditemukan di pegunungan padang pasir sebagai bahan bangunan. Minyak diproduksi di utara. Nama Arabian Desert juga biasa diterapkan pada padang pasir di Semenanjung Arab.

1. Gurun Sahara, Afrika Utara

Sahara adalah gurun terbesar di dunia. Pada lebih dari 9.000.000 kilometer persegi (3.500.000 sq mi), mencakup sebagian besar Afrika Utara, sehingga hampir sama besar dengan Amerika Serikat atau benua Eropa. Gurun membentang dari Laut Merah, termasuk bagian dari pantai Mediterania, ke pinggiran Samudera Atlantik. Untuk selatan, hal ini dibatasi oleh Sahel: sabuk dari savana tropis semi kering yang terdiri dari wilayah utara Afrika Sub-Sahara tengah dan barat.

104 komentar:

pengobatan tradisional kelenjar getah bening mengatakan...

indo gak ada gurun hahaha

obat glaukoma herbal mengatakan...

sangat indah ya

obat penyakit tbc mengatakan...

luar biasa.... ya

tapi sangat menakutkan juga

obat kanker prostat mengatakan...

luar biasa juga bener bner tuh gurun

obat alternatif darah tinggi mengatakan...

sangat menakutkan

obat gagal ginjal mengatakan...

makasih ya uda berbagi wawasan....

obat tradisional hiv aids mengatakan...

gurun Kara-Kum Gurun, Uzbekistan / Turkmenistan serem banget ada apinya di tengah2, itu beneran atau apa ya???
nice..

obat penyakit kista mengatakan...

wah ga kebayang kalau ditinggal di gurun2 itu tanpa supply....
wah.......

obat herbal sinusitis mengatakan...

it's so amazing...

obat tradisional ginjal mengatakan...

ga bisa bayangin panasnya di gurun.....di sini aja kalau siang uda panas banget gmn kalau di gurun?????
thx uda share...

obat tradisional batu ginjal mengatakan...

info yang berguna banget...
thx..

obat alami tbc mengatakan...

kalau nyasar di gurun bisa2 mati kepanasan tuh,.,...

obat kanker kelenjar getah bening mengatakan...

di jakarta aja panasnya uda begini, gimana kalau di gurun ya...panasnya kaya apaan tuh???

obat herbal jantung koroner mengatakan...

kalau di gurun itu ga ada sama sekali sumber air, kenapa bisa begitu ya>???
padang gurun memang tempat yang mengerikan....
hehehhe...

obat kanker prostat mengatakan...

gurun kara kum serem banget kaya lobang api di tengahnya menyala begitu.....
nice post...

obat herbal batu empedu mengatakan...

artikelnya menarik banget ne...

obat kanker darah mengatakan...

gurunnya mantap...

obat kanker hati mengatakan...

di indo kog ga ada gurun ya????
hehehehe....

obat kanker paru paru mengatakan...

Top banget infonya..

obat penyakit lupus mengatakan...

keep posting ya....
salam blogger...

obat herbal miom mengatakan...

gurunnya keren2 banget...

obat trigliserida tinggi mengatakan...

jadi pengen coba jalan2 ke gurun...
hehehhee...

obat herbal jantung bengkak mengatakan...

gurun sahara mantep juga tuh ya.....
thx..

obat herbal jantung bocor mengatakan...

di indonesia ga ada gurun ya...
hehehehhe...

obat herbal flek paru paru mengatakan...

makasih ya uda berbagi infonya....
bookmark dulu ne...

xamthone mengatakan...

post yang menarik sekali...

obat alami asam urat mengatakan...

mantep ne artikelnya.....
makasih ya..

obat alami diabetes mengatakan...

lumayan tambah2 pengetahuan ne....
thx ya..

obat keputihan alami mengatakan...

blognya selalu memberikan ilmu2 baru buat saya...
makasih ya...

obat alami darah tinggi mengatakan...

gurun di uzbek serem banget ya......
tengahnya nyala begitu....
nice article..

obat herbal stroke mengatakan...

mantep ne artikelnya..

obat gagal ginjal mengatakan...

di indonesia ga ada gurun ya

obat herbal hiv aids mengatakan...

Top banget infonya

obat herbal kista mengatakan...

luar biasa.... ya

obat herbal sinusitis mengatakan...

di indonesia ga ada gurun ya

obat asma alami mengatakan...

mantap ne postnya...

obat alami kolesterol mengatakan...

gurunnya keren2 ya sayang panas banget...
hehehhee...

obat tradisional wasir mengatakan...

kog ga ada kaktusnya ya di gambar???hehehhehe...

obat alami kanker payudara mengatakan...

di gurun ga ada penghuninya ya?????

obat alami stroke mengatakan...

tandus banget ya kelihatannya....
hehehehhee...

obat herbal ginjal mengatakan...

di gurun ga ada penghuninya ya?

obat herbal batu ginjal mengatakan...

lumayan tambah2 pengetahuan ne.

obat herbal tbc mengatakan...

blognya selalu memberikan ilmu2 baru buat saya.

obat hepatitis b mengatakan...

gurunnya keren2 ya sayang panas banget.

obat herbal jantung koroner mengatakan...

gurun di uzbek serem banget ya......
tengahnya nyala begitu..

obat kanker prostat mengatakan...

artikelnya menarik banget ne.

obat kanker kelenjar getah bening mengatakan...

tandus banget ya kelihatannya...

obat herbal batu empedu mengatakan...

blognya selalu memberikan ilmu2 baru buat saya...
makasih ya..

obat herbal leukimia mengatakan...

gurun Kara-Kum Gurun, Uzbekistan / Turkmenistan serem banget ada apinya di tengah2, itu beneran atau apa ya??

obat kanker paru paru mengatakan...

Top banget infonya.

obat herbal stroke mengatakan...

bnr-bnr indah bngt..

obat gagal ginjal mengatakan...

coba di indonesia ada gurun seperti di luar negeri...

obat herbal hiv aids mengatakan...

menarik bngt nie blognya.

obat herbal kista mengatakan...

sepp...bngt.

obat sinusitis alami mengatakan...

tq bngt nie atas infonya ya..

obat herbal ginjal mengatakan...

tinggal digurun kayanya panas bngt ya..

obat herbal batu ginjal mengatakan...

tapi kelihatannya bgs bngt ikkh.

obat herbal tbc mengatakan...

koq diindonesia gak ada ya,,coba kalo ada..mantab bngt tuh...

obat kanker kelenjar getah bening mengatakan...

gambar gurunnya bnr2 keren abizzz...

obat hepatitis b mengatakan...

menakjubkan!!!....

obat kanker serviks mengatakan...

lumayan tambah2 pengetahuan ne.

obat herbal radang paru paru mengatakan...

tapi kelihatannya bgs bngt ikkh.

obat herbal gondok mengatakan...

gambar gurunnya bnr2 keren abizzz...

obat penyakit lupus mengatakan...

koq diindonesia gak ada ya,,coba kalo ada..mantab bngt tuh...

obat herbal miom mengatakan...

menakjubkan!!!....

xamthone mengatakan...

Top banget infonya

obat herbal asam urat mengatakan...

tandus banget ya kelihatannya....
hehehehhee.

obat herbal diabetes mengatakan...

tinggal digurun kayanya panas bngt ya.

obat herbal darah tinggi mengatakan...

makasih ya uda berbagi wawasan..

obat herbal asma mengatakan...

ga bisa bayangin panasnya di gurun.....di sini aja kalau siang uda panas banget gmn kalau di gurun??

obat herbal sakit kepala mengatakan...

makasih ya uda berbagi wawasan..

obat herbal kolesterol mengatakan...

tandus banget ya kelihatannya....
hehehehhee.

obat herbal wasir mengatakan...

tinggal digurun kayanya panas bngt ya

obat herbal kanker mengatakan...

gurun kara kum serem banget kaya lobang api di tengahnya menyala begitu..

obat kanker payudara mengatakan...

kalau di gurun itu ga ada sama sekali sumber air, kenapa bisa begitu ya>???
padang gurun memang tempat yang mengerikan....
hehehhe

obat herbal jantung koroner mengatakan...

ini nama2 gurun terbesar ya.

obat kanker prostat mengatakan...

wawwww....indah bngt.

obat herbal batu empedu mengatakan...

keren dahh.

obat herbal kanker darah mengatakan...

mantab bro gurunnya.

agen xamthone mengatakan...

nambah pengetahuan nie tentang gurun2.

obat herbal penurun kolesterol mengatakan...

gurun karakum itu bukannya yg disebut neraka dunia gan??

obat kanker hati mengatakan...

gurun sahara bagus bngt deh..

obat herbal leukimia mengatakan...

sungguh indah bngt ciptaan tuhan.

obat kanker paru paru mengatakan...

aku mau bngt ke gurun..

xamthone mengatakan...

koq gurun itu bisa bnyk pasirnya ya.??

obat herbal asam urat mengatakan...

wah..mantab bngt ya gurunnya.

obat herbal diabetes mengatakan...

Nama Arabian Desert juga biasa diterapkan pada padang pasir di Semenanjung Arab.

obat herbal darah tinggi mengatakan...

disana ada makanan gak ya??

obat asma alami mengatakan...

huh...pasti panas ya gan.??

obat herbal sakit kepala mengatakan...

gurun2 terdahsyat..

obat herbal kolesterol mengatakan...

super dahsyat buat artikelnya.

obat herbal wasir mengatakan...

digurun pasti panas ya gan.?

obat herbal kanker mengatakan...

hhmm....dahsyat.

obat kanker payudara mengatakan...

tq gan buat artikelmu.

klik disini mengatakan...

sangat indah ya

info selengkapnya mengatakan...

indonesia ga ada gurunya ya..

bisnis online gratis mengatakan...

keren gan ..
makasih infonya ya gan..

7liveasia mengatakan...

I’m glad to read you again. Thanks for this post.
Best for you Buddy!

Obat sesak nafas mengatakan...

terimakasih untuk informasinya

cara mengobati leukemia mengatakan...

menarik dan sungguh menambah ilmu saya postinganya

INFO PENDAKIAN GUNUNG RINJANI mengatakan...

makasih infonya...

INFO PENDAKIAN GUNUNG MERAPI mengatakan...

menarik,, untung di Indo ga ada gurun,,

near zero risk mengatakan...

di indonesia gak ada gurun ya gan :D

Lee_Vie mengatakan...

terimakasih infonya
Toko Celana Hernia

Celana Hernia

Celana Hernia Anak


Jual Celana Hernia

Celana Hernia Bayi

Posting Komentar