Mengenal Bebarapa Jenis BOMB

Teror bom akhir-akhir ini kembali marak di Indonesia. Teror bom ini berupa bom buku dan termasuk jenis teror baru di Indonesia. Di dunia, teror bom buku bukanlah hal baru dan biasa disebut letterbomb (bom surat). Teror bom buku di Indonesia merupakan modifikasi bom surat (letterbomb).

Artikel ini membahas bom dan jenis-jenisnya. Bom merupakan alat yang dapat menimbulkan ledakan. Ledakan ini mengeluarkan energi sangat besar dan cepat. Bom berasal dari bahasa Yunani, bombos (istilah dalam bahasa Yunani yang meniru suara ledakan bom). 

Ledakan sebuah bom dapat menyebabkan kehancuran dan kerusakan terhadap benda mati maupun benda hidup di sekitarnya. Kerusakan ini diakibatkan oleh pergerakan tekanan udara di dalam bom, fragmen-fragmen di dalam bom, dan serpihan fragmen benda-benda di sekitarnya. Bom adalah benda yang sangat mematikan bagi manusia. Dari suaranya saja, bom dapat membunuh manusia. 

Istilah bom identik dengan senjata dan jarang digunakan untuk menyebut alat peledak yang dipakai dalam keperluan sipil, seperti di bidang pembangunan dan penambangan. Alat peledak militer juga banyak yang tidak disebut bom padahal sama-sama menghasilkan ledakan, seperti ranjau dan peledak kedalaman. 

Jenis Bom
Ada beberapa jenis bom, seperti bom mobil, granat tangan, bom nuklir, bom waktu, bom pipa, bom gravitasi, dan lain-lain.

1. Bom Mobil
Bom mobil merupakan bahan peledak yang disimpan dan diledakkan di dalam mobil atau truk. Bom ini adalah senjata favorit para teroris dan gerilyawan karena mobil dapat membawa bahan peledak dengan kapasitas besar tanpa memicu kecurigaan. 
Pelaku bom mobil biasanya lebih dari satu orang. Salah satu cara yang dilakukan untuk meledakkan mobil adalah dengan menghantam mobil ke gedung sambil meledakkannya. Cara seperti ini dapat menimbulkan korban tewas, bahkan pelaku bom itu juga tewas. Oleh karena itu, bom ini sering disebut juga bom bunuh diri.
Bom truk juga pernah terjadi di Oklahoma City. Timothy Mc Veigh melakukan aksi pengeboman Gedung Federal Alfred P. Murrah menggunakan truk Ryder yang berisi peledak amonia (pupuk).
Agar terhindar dari bom mobil, lokasi parkir mobil harus berada jauh dari gedung. Selain itu, gedung yang mempunyai struktur kuat juga dapat menahan suatu ledakan. Istilah bom mobil oleh militer Amerika Serikat disebut Vehicle Borne Improvised Explosive Device (VBIED).

2. Bom Waktu
Bom ini adalah jenis peledak yang dilengkapi dengan pengatur waktu sehingga dapat diatur waktu meledaknya. Komponen bom waktu adalah bahan peledak, alat pengatur waktu, dan alat pemicu.
Bahan peledak merupakan bagian utama, terbesar, dan terberat dari seluruh jenis bom. Bahan peledak juga mempunyai kemampuan menghancurkan.
Pengatur waktu memiliki jenis yang beragam, misalnya jam weker, jam tangan, dan komputer jinjing.
Alat pemicu (detonator) adalah sumber panas yang memicu proses pembakaran dan biasanya berupa bahan peledak yang mudah terbakar (lebih mudah daripada bahan peledak utama).

3. Granat Tangan
Istilah lain dari granat ini adalah granat genggam atau granat nanas. Granat tangan adalah jenis bom yang digenggam dan dilemparkan dengan menggunakan tangan. Granat berasal dari bahasa Perancis Kuno, pomegranate (buah delima). Buah ini mirip dengan granat dan kandungan serpihan granat juga mirip dengan biji buah delima.

Karakteristik granat tangan:
1. Jarak penggunaan granat dekat, yaitu 10-30 meter.
2. Dampak ledakan tidak terlalu besar.
3. Adanya penundaan ledakan agar dapat dilempar dengan aman.
4. Granat memiliki kulit yang keras sehingga dapat dipantulkan pada tanah dan tembok.
Bagian utama granat:
1. badan (berisi serpihan);
2. pengisi (bahan kimia atau bahan peledak);
3. sumbu.
Jenis-jenis granat:
· Granat serpihan
· Granat asap
· Granat anti-kerusuhan
· Granat pembakar

4. Bom Nuklir
Senjata nuklir atau bom nuklir merupakan senjata yang memperoleh tenaga dari reaksi nuklir dan memiliki daya pemusnah yang sangat dahsyat. Sebuah kota akan hancur oleh sebuah bom nuklir. 
Bom ini tercatat hanya dua kali digunakan, yaitu saat Perang Dunia II oleh Amerika Serikat. Waktu itu, Amerika menjatuhkan bom nuklir di kota Hiroshima dan Nagasaki, Jepang. Daya ledaknya sebesar 20 kilo (ribuan) ton TNT, sedangkan bom nuklir sekarang daya ledaknya lebih dari 70 mega (jutaan) ton TNT. Bom nuklir dapat dilancarkan dengan berbagai cara, seperti dengan pesawat pengebom, peluru kendali (rudal), peluru kendali balistik, dan peluru kendali balistik jarak benua.

110 komentar:

wicker furniture mengatakan...

Saya Alim... Mba gak takut dicurigai ya nulis tentang bom? he he he... semoga saja terorisme di Indonesia segera berakhir ya mba... Saya percama tidak ada satupun agama yang menyuruh kita untuk kejam terhadap sesama... Setuju Mba?

obat herbal liver empedu mengatakan...

apa pun jenis nya..
yang nama nya bom pasti sangat berbahaya.

obat herbal infeksi saluran kemih mengatakan...

apa sampe sekarang masih ada negara yang memiliki bom nuklir?

obat herbal penyakit gondok mengatakan...

bahaya banget tuh bom nuklir...
semoga saja ga ada yang membuat bom itu lagi.

obat herbal migren mengatakan...

semoga tidak akan ada lagi orang-orang yang bermain dengan bom...
dan para teroris cepat di tangkap semua.

SANGGA mengatakan...

ngeri kali ya??? kasihan para petugas penjinak bom GEGANA dan semoga para petugas penjinak bom GEGANA d indonesia selalu d berikan keselamatan dalam setiap penanganan bom!! amiin

obat diabetes melitus mengatakan...

kenali jenis bom dari sekarang gan hihihhih

obat stroke mengatakan...

itu para teroris yang tau wkwkwkwkwkwkw

obat herbal miom mengatakan...

infonya keren....

obat trigliserida tinggi mengatakan...

keren kog info soal bomnya....
nuke bomb yang mantap...

obat herbal jantung bengkak mengatakan...

i like ur post.....

obat herbal jantung bocor mengatakan...

bom nuklir tuh yang paling bahaya, radiusnya bisa berkm2.....

obat herbal flek paru paru mengatakan...

hati2 dengan bom, kenali bentuknya dan kenali bahyanya...
keren infonya ne..

xamthone mengatakan...

uda semakin canggih sekarang bom bisa dibuat kecil mpe ga kelihatan....
nice post...

obat alami asam urat mengatakan...

bom2 rakitan juga uda semakin banyak sekarang...

obat alami diabetes mengatakan...

infonya menarik ne, bom waktu enak banget tuh jadi bisa ditentuin kapan waktunya....bisa dipasang dari jauh2....
hehhehe...

obat keputihan alami mengatakan...

kalau teroris punya bom ini bisa bahaya dah.....
ga bisa bayangin..

obat alami darah tinggi mengatakan...

makasih ya uda berbagi info soal bomnya,semoga aja bom2 ini bisa digunakan dengan benar jangan untuk tujuan yang negatif.....
sukses terus buat blognya...

obat asma alami mengatakan...

waduh bom.....serem...

obat alami kolesterol mengatakan...

jangan sampai jato di tangan yang salah ne bom2nya..

obat tradisional wasir mengatakan...

bom tangan paling praktis tinggal tarik terus lempar.....
mantap...

obat alami kanker payudara mengatakan...

sekarang bom uda bisa dirakit, apa mungkin gara2 sekarang bahannya mudah didapat ya....

obat alami stroke mengatakan...

bom hidrogen paling dahsyat.....
digunakan sesuai kegunaannya aja jangan disalahgunakan ya...

obat gagal ginjal mengatakan...

bom????wah serem.....
hehehhee....

obat tradisional hiv aids mengatakan...

ya semoga aja bom2 ini digunakan utk yang bener ya,jangan sampai digunakan utk terorisme...

obat penyakit kista mengatakan...

jadi inget kemarin yang di bali...bom bunuh diri....
kacau banget..

obat herbal sinusitis mengatakan...

makasih ya uda berbagi infonya..

obat tradisional ginjal mengatakan...

semoga aja ga ada lagi ya kejadian2 bom bunuh diri...sukses terus ya buat blognya....

obat tradisional batu ginjal mengatakan...

keren...

obat alami tbc mengatakan...

bom2 sekarang uda berkembang lagi malah banyak yang ada rakitan sekarang...
nice info

obat kanker kelenjar getah bening mengatakan...

bom yang paling mematikan yang mana tuh????hidrogen ya???serem banget ya,.

obat herbal jantung koroner mengatakan...

bom ya pasti berbahaya banget....jangan dimainin d...

obat kanker prostat mengatakan...

hati2 kalau ketemu bentuk2 seperti bom ne, sekarang uda banyak banget bom2 rakitan..
waspada aja d...semoga ga digunakan buat aksi terorisme aja....
hehhehehe...

obat kanker serviks mengatakan...

jangan dimainin d...

obat herbal radang paru paru mengatakan...

uda semakin canggih sekarang bom bisa dibuat kecil mpe ga kelihatan.

obat herbal gondok mengatakan...

kasihan para petugas penjinak bom GEGANA dan semoga para petugas penjinak bom GEGANA d indonesia selalu d berikan keselamatan dalam setiap penanganan bom!! amiin

obat penyakit lupus mengatakan...

nuke bomb yang mantap

obat herbal miom mengatakan...

hati2 kalau ketemu bentuk2 seperti bom ne, sekarang uda banyak banget bom2 rakitan..

obat herbal batu empedu mengatakan...

menarik artikelnya.....
thx..

obat kanker darah mengatakan...

bahaya banget ya bom ini....

obat kanker hati mengatakan...

semoga aja ga jatuh ke tangan yang salah.....
digunakan untuk yang bener aja d....

obat kanker paru paru mengatakan...

jadi inget sama peristiwa bom bali...teroris memang membahayakan ya...

obat penyakit lupus mengatakan...

blogwalking dulu ne...
dapet inspirasi d...
thx...

xamthone mengatakan...

makasih ya uda berbagi info soal bomnya,semoga aja bom2 ini bisa digunakan dengan benar jangan untuk tujuan yang negatif..

obat herbal asam urat mengatakan...

kasihan para petugas penjinak bom GEGANA dan semoga para petugas penjinak bom GEGANA d indonesia selalu d berikan keselamatan dalam setiap penanganan bom!!

obat herbal diabetes mengatakan...

blogwalking dulu ne...
dapet inspirasi d.

obat herbal darah tinggi mengatakan...

jadi inget sama peristiwa bom bali...teroris memang membahayakan ya

obat herbal asma mengatakan...

hati2 kalau ketemu bentuk2 seperti bom ne, sekarang uda banyak banget bom2 rakitan

obat herbal sakit kepala mengatakan...

uda semakin canggih sekarang bom bisa dibuat kecil mpe ga kelihatan...

obat herbal kolesterol mengatakan...

blogwalking dulu ne...
dapet inspirasi d.

obat herbal wasir mengatakan...

bom nuklir tuh yang paling bahaya, radiusnya bisa berkm2.

obat herbal kanker mengatakan...

jadi inget sama peristiwa bom bali..

obat kanker payudara mengatakan...

jadi inget sama peristiwa bom bali...teroris memang membahayakan ya

obat herbal penurun kolesterol mengatakan...

wuihh,,,canggih2 nie bomnya...

obat kanker hati mengatakan...

ikkhhh,,,bomnya keren bngt.

obat herbal leukimia mengatakan...

cerita yg menarik bngt...

obat herbal leukimia mengatakan...

sangat bermanfaat..

xamthone mengatakan...

Bom adalah benda yang sangat mematikan bagi manusia. Dari suaranya saja, bom dapat membunuh manusia.

obat herbal asam urat mengatakan...

bom memang dahsyat kalo meledak hehe..

obat herbal diabetes mengatakan...

gambar granat diatas menakutkan sekali ya..

obat herbal darah tinggi mengatakan...

menambah wawasan tentang bom nie .

obat asma alami mengatakan...

ikkkhh,,menakutkan kalo tau ada bom disekitar kita.

obat herbal stroke mengatakan...

waduh bom.....serem.

obat gagal ginjal mengatakan...

bom nuklir tuh yang paling bahaya, radiusnya bisa berkm2.

obat herbal hiv aids mengatakan...

.teroris memang membahayakan ya

obat herbal kista mengatakan...

itu para teroris yang tau wkwkwkwkwk

obat herbal sinusitis mengatakan...

bahaya banget tuh bom nuklir...

obat herbal ginjal mengatakan...

makasih ya uda berbagi info soal bomnya,semoga aja bom2 ini bisa digunakan dengan benar jangan untuk tujuan yang negatif.....
sukses terus buat blognya.

obat herbal batu ginjal mengatakan...

semoga aja ga jatuh ke tangan yang salah.

obat herbal tbc mengatakan...

bom yang paling mematikan yang mana tuh????hidrogen ya???serem banget ya,

obat hepatitis b mengatakan...

itu para teroris yang tau wkwkwk

obat herbal jantung koroner mengatakan...

bom dapat membunuh manusia

obat kanker prostat mengatakan...

bom ya pasti berbahaya banget....jangan dimainin d..

obat kanker kelenjar getah bening mengatakan...

bahaya banget tuh bom nuklir..

obat herbal batu empedu mengatakan...

kasihan para petugas penjinak bom GEGANA dan semoga para petugas penjinak bom GEGANA d indonesia selalu d berikan keselamatan dalam setiap penanganan bom!!

obat herbal leukimia mengatakan...

tu para teroris yang tau wkwkw

obat kanker paru paru mengatakan...

hati2 kalau ketemu bentuk2 seperti bom ne, sekarang uda banyak banget bom2 rakitan

obat herbal sakit kepala mengatakan...

Teror bom akhir-akhir ini kembali marak di Indonesia,saking bnyknya teroris..

obat herbal kolesterol mengatakan...

bom memang sangat mengkhawatirkan...

obat herbal wasir mengatakan...

sangat bermanfaat nie info tentang bom...

obat herbal kanker mengatakan...

keren dan lengkap dh..

obat kanker payudara mengatakan...

begini donk kupas habiss..tentang bom.

obat herbal stroke mengatakan...

artikel ini lg bahas bom ya bro.mantab bngt nie...

obat gagal ginjal mengatakan...

jenis bom, seperti bom mobil, granat tangan, bom nuklir, bom waktu, bom pipa, bom gravitasi, dan lain-lain.

obat herbal hiv aids mengatakan...

Sebuah kota akan hancur oleh sebuah bom nuklir. dahsyat...

obat herbal kista mengatakan...

Bom adalah benda yang sangat mematikan.

obat herbal ginjal mengatakan...

Bom merupakan alat yang dapat menimbulkan ledakan. Ledakan ini mengeluarkan energi sangat besar dan cepat. Bom berasal dari bahasa Yunani, bombos (istilah dalam bahasa Yunani yang meniru suara ledakan bom).

obat herbal batu ginjal mengatakan...

aku takut bngt kalo dgr ada bom...

obat herbal tbc mengatakan...

Bom mobil merupakan bahan peledak yang disimpan dan diledakkan di dalam mobil atau truk. Bom ini adalah senjata favorit para teroris dan gerilyawan karena mobil dapat membawa bahan peledak dengan kapasitas besar tanpa memicu kecurigaan.

obat kanker kelenjar getah bening mengatakan...

mank bom ada jenis apa aja sih gan.???

obat hepatitis b mengatakan...

seremnya ....wkwkwk..

obat herbal jantung koroner mengatakan...

bom dapat membunuh manusia.

obat kanker prostat mengatakan...

Bahan peledak merupakan bagian utama, terbesar, dan terberat dari seluruh jenis bom.

obat herbal batu empedu mengatakan...

Granat berasal dari bahasa Perancis Kuno, pomegranate (buah delima).

obat herbal kanker darah mengatakan...

dgr kata gramant sangat menyeramkan.

agen xamthone mengatakan...

para penjinak bom pada gak takut ya.

Apif Fuloh mengatakan...

Tips dan infonya banyak yang menarik seru deh, selamat berkarya semoga, sukses ya mas.
Belajar SEO Gratis

obat bius mengatakan...

nice info

DShare 33 mengatakan...

Nice Info

bisnis online gratis mengatakan...

thanks gan infonya

bisnis online gratis mengatakan...

keren gan ..
makasih infonya ya gan..

Sepatu Kulit Asli Magetan mengatakan...

ngeri gan, lihat bomnya. . :(

Kumpulan Chord Gitar 13 mengatakan...

Semoga ga ada lg pengeboman di Indonesia...

sinta mengatakan...

itu para teroris yang tau cara gunanya ini gan..... :0

Rumput Kebar Papua mengatakan...

masih ada bom yang lain gan,bom tapi tidak mematikan malah bermanfaat buat pakaian

cara mengobati kanker otak mengatakan...

dengan baca dan menyimak postinganya menjadi ilmu dan wawasan saya makasih atas blog nya yang bermanfaat ini.

Penyebab Disfungsi Ereksi mengatakan...

selamat malam admin injin berkunjung

Aturan Menggunakan Obat Perangsang Wanita mengatakan...

bagus sekali postinganya mas,

Manfaat Pasak Bumi Untuk Ejakulasi Dini mengatakan...

thanks share nya gan

Label Baju Indo mengatakan...

wew keren

Poskan Komentar