Jamur Tiram & Kolesterol

Khasiat jamur bagi kesehatan tubuh memang terbukti. Selain mengandung berbagai macam asam amino essensial, lemak, mineral, dan vitamin, juga terdapat zat penting yang berpengaruh terhadap aspek medis. Sejak berabad-abad lalu, jamur sudah menjadi makanan istimewa sehingga banyak orang menjadi penggemar.
Sudah turun-temurun masyarakat Jepang dan Cina melengkapi menu dengan jamur. Bukan saja kelezatan rasa, tetapi juga tinggi nilai gizinya. Orang Yunani kuno percaya, makan jamur menyebabkan seseorang menjadi lebih kuat dan sehat. Hasilnya mereka lebih kuat, berani dan perkasa. Firaun, Raja Mesir yang terkenal sangat keji, penghobi berat makan jamur. Saking istimewanya, raja itu menyebut jamur sebagai makanan para dewa.

Kandungan gizi

Tidak hanya menyedapkan, jamur mempunyai kandungan gizi cukup baik. Komposisi kimia yang terkandung tergantung jenis dan tempat tumbuhnya. Dari hasil penelitian, rata-rata jamur mengandung 19-35 persen protein. Dibanding beras (7,38 persen) dan gandum (13,2 persen), ia berkadar protein lebih tinggi. Asam amino esensial yang terdapat pada jamur, sekitar ada sembilan jenis dari 20 asam amino yang dikenal. Yang istimewa 72 persen lemaknya tidak jenuh, jamur juga mengandung berbagai jenis vitamin, antara lain B1 (thiamine), B2 (riboflavine), niasin dan biotin. Selain elemen mikro, jamur juga mengandung berbagai jenis mineral, antara lain K, P, Ca, Na, Mg, dan Cu. Kandungan serat mulai 7,4-24,6 persen sangat baik bagi pencernaan. Jamur mempunyai kandungan kalori yang sangat rendah sehingga cocok bagi pelaku diet.

Hasil studi di Massachusett University menyimpulkan bahwa riboflavin, asam Nicotinat, Pantothenat, dan biotin (Vitamin B) masih terpelihara dengan baik meskipun jamur telah dimasak. Hasil penelitian dari Beta Glucan Health Center menyebutkan bahwa jamur tiram (Pleurotus ostreatus) mengandung senyawa Pleuran (di Jepang, jamur tiram disebut Hiratake sebagai jamur obat), mengandung protein (19-30 persen), karbohidrat (50-60 persen), asam amino, vit B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (Niacin), B5 (asam panthotenat), B7 (biotin), Vit C dan mineral Calsium, Besi, Mg, Fosfor, K, P, S, Zn. Dapat juga sebagai antitumor, menurunkan kolesterol, dan antioksidan.

Para peneliti dari Ujagar Group (India) menyampaikan, bahwa jamur tiram memiliki nilai nutrisi yang sangat bagus dengan alasan: 100 persen sayuran dan bersih; mengandung protein tinggi dan kaya vitamin-mineral; rendah karbohidrat, lemak dan kalori; bagus untuk liver, pasien diabetes, dan menurunkan berat badan; berserat tinggi membantu pencernaan; antiviral dan antikanker; mudah memasaknya dan mudah dicerna; dan jamur tiram merupakan jamur yang paling enak rasanya dibanding jamur pangan lainnya.

Dari hasil penelitian Departemen Sain, Kementerian Industri Thailand, jamur tiram (Oyster mushroom) mempunyai kandungan: protein 5,94 persen, karbohidrat 50,59 persen, serat 1,56 persen, lemak 0,17 persen, abu 1,14 persen. Per 100 gram jamur tiram segar, mengandung 45,65 kalori, 8,9 miligram (mg) kalsium, 1,9 mg besi, 17,0 mg fosfor, 0,15 mg vitamin B-1, 0,75 mg vitamin B-2, dan 12,40 mg Vitamin C. Jamur juga mengandung folic acid yang cukup tinggi, konon mampu menyembuhkan anemia.

Sebagai perbandingan, tempe yang terbuat dari kedelai yang kaya serat dan juga sebagai sumber berbagai nutrien seperti calsium, Vitamin B, dan besi, mempunyai kandungan sebagai berikut: kalori 204, protein 17 gram, lemak 8 gram, karbohidrat 15 gram, calium 80 mg, Fe (Besi) 2 mg, dan Zn 0,2 mg.

Bisa dibandingkan dengan daging ayam yang kandungan proteinnya 18,2 gram, lemaknya 25,0 gram, namun karbohidratnya 0,0 gram dan Vitamin C-nya juga 0,0 gram. Maka, kandungan gizi jamur masih lebih komplet sehingga tidak salah apabila dikatakan jamur merupakan bahan pangan masa depan.

Antikolesterol

Disebutkan bahwa para peneliti penyakit kanker menyarankan bahwa sebaiknya manusia mengonsumsi daging merah tidak lebih dari tiga ons per hari atau kurang dari itu. Daging tersebut adalah daging sapi, kerbau, kambing, dan babi yang dapat menyebabkan risiko lebih tinggi sebagai penyebab kanker usus, dan juga kemungkinan payudara, prostat, pankreas, perut, dan kanker ginjal. Kecil kemungkinan terkena kanker apabila mengonsumsi ayam dan ikan, dan untuk beberapa kasus malahan dapat melawan kanker. Sehubungan dengan hal itu, untuk yang senang mengkonsumsi burger disarankan untuk diselang-seling dengan ayam, seafood, sayuran, dan jamur (Anonympus, 1999).

Saat ini beberapa jamur digunakan sebagai obat untuk melawan kolesterol, kanker, dan AIDS. Senyawa aktif jamur yang terkandung dikabarkan dapat sebagai antijamur, antibakteri, dan antivirus dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat membunuh serangga dan nematoda. Pada tahun 1960, para peneliti berhasil menemukan pengaruh beberapa jamur sebagai antitumor. Komponen aktif yang dimaksud adalah polysaccharida, dan khususnya adalah Beta - D - Glucans. Sebagai standardisasi produk dari jamur tiram (Plurotus ostreatus dan P. eryngii) disebut Plovastin yang dipasaran sebagai suplemen penurun kolesterol. Komponen aktif dari Plovastin adalah statin, secara baik menghambat metabolisme kolesterol di dalam tubuh manusia (Itzkovich, 2001).

Hasil dari penelitian Bobek (1999) dari Research Institute of Nutrition Bratislava tentang "Natural products with hypolipemic and anti oxidant effect". Telah dilakukan studi pada sebuah grup dengan 57 laki-laki: perempuan = 1:1, usia setengah umur, dengan kasus hyperlipoproteinemia. Selama satu bulan mereka mengonsumsi 10 gram jamur tiram secara teratur. Kesimpulan, secara statistik sangat menjanjikan, yakni kolesterol dan serum turun 12,6 persen dan triglycerol turun 27,2 persen. Jamur tiram juga mempunyai efek antioksidan dengan turunnya hasil peroksidasi di dalam eritrosit.

Beta-1,3/1-6-Glucan secara alami berasal dari polysaccharida yang secara intensif dipelajari sejak tahun 1950 sebagai antitumor dan perangkat immunostimulating (pemicu kekebalan). Pleuran adalah Beta- 1,3/1-6-Glucan diisolasi dari jamur tiram yang mempunyai kandungan polysaccharida tinggi, biasa digunakan untuk cream, salep, suspensi, dan bedak untuk perawatan wajah di dunia oleh peneliti dan perusahaan kosmetik untuk formulasinya (Contoh; Estee Lauder dan Clinique). Konsentrasi 0,5-2,00 persen. Perawatan wajah ini berguna untuk mengikat air, melembabkan kulit dan anti-inflamasi. Percobaan pada 121 pasien berjerawat kronis, diberikan setiap hari selama 21 hari, hasilnya 73,5 persen kondisinya membaik, 18,2 persen sembuh total (Kuniak et al, 1995. Faculty of Pharmacy and STV, Batislava, Slovak Republic in Beta Glucan Health Center, www.glucan.com/therapy 2002).

575 komentar:

«Terlama   ‹Lebih tua   201 – 400 dari 575   Lebih baru›   Terbaru»
obat herbal infeksi saluran kemih mengatakan...

wah ternyata jamur itu mengandung seribu manfaat

Obat Herbal Sakit Maag mengatakan...

banyak sebetul nya tumbuhan yang mengandung anti oksidan tinggi .. salah satu nya jamur .. jamur juga banyak memiliki antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan mencegah timbul nya pentyakit ..

asriyatno mengatakan...

Saya dulu suka Jamur kuping yang nempel di pohon pisang...

utak-utik mengatakan...

harga jamur tiram berapa sih, secara aku blum pernah makan... heheheh

cara mengobati kista mengatakan...

nice post ")

camping checklist mengatakan...

banyak banget manfaatnya

agen jelly gamat luxor jakarta pusat mengatakan...

gak si-sia saya suka jamur dari dulu.

surya mengatakan...

terima kasih informasinya...ternyata jamur banyak khasiatnya.

OBAT HERBAL KANKER HATI mengatakan...

tiada hari tanpa makan jamur.

obat herbal sakit maag mengatakan...

jamur sangat lah baik untuk kesehatan kita ..
mudah juga untuk kita dapatkan ..
hidup sehat itu mudah ..

Agen XAMthone Plus Jakarta pusat mengatakan...

paling enak makan jamur pepes.

obat herbal stroke mengatakan...

memang betul sob apa yang ditulis diartikel ini,, salam bloger

cara mengobati sakit pinggang mengatakan...

wah ane jarang banget makan jamur bisa di hitung dengan jari
mulai sekarang harus konsumsi jamur aga sering

point of sales open source mengatakan...

info yang sangat bermanfaat
sippp

company profile mengatakan...

info yang bagus

Agen XAMthone Plus Jakarta pusat mengatakan...

gk percuma saya makan jamur tiap hari.

Jogos mengatakan...

thanks sharenya, bermanfaat sekali...

skripsi informatika mengatakan...

ternyata bnyak manfaatnya... selain tu juga enak...
setuju deh ^^

skripsi teknik informatika mengatakan...

saya juga penggemar jamur tiram...
enak dmasak oseng

mengobati darah tinggi mengatakan...

salam kenal sob

obat tradisional dibates melitus mengatakan...

cantik bangetz tuh jamurnya

vhiezherbal mengatakan...

cocok ni buat saya diet,,,
haahahaha

Tutorial SEO mengatakan...

Jadi ingat ada tetangga nemu jamur, trus dimakan dan keracunan :D

fahmyramdani mengatakan...

thank's ia ats infonya,,, sangat benmanfaat banget tuh,,,,
semoga sukses selalu,,,
salam kenal z.....

fahmyramdani mengatakan...

wiiih mantao bgd tuh infonya,, sangat bermanfaat gan,,,
salam bloger :) :D

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

wah ternyata jamur banyak juga khasiat nya ...
terima kasih infonya .

infoseminar21 / indira mengatakan...

waoww .. baru lagi kepikiran mau budidaya jamur .. dapet bacaan artikel seperti ini bikin tambah bulat tekat saya :D

fahmyramdani mengatakan...

wiih, mantap mas bro tuh infonya,,, mantfaat banget,,, salam blogger :D

Obat Herbal Kanker Prostat mengatakan...

ternyata pandangan selami ini terhadap jamur tuh salah ya
ternyata dibalik jamur itu banyak manfaatnya !

Girls Mobile Number mengatakan...

Bagus artikelnya!! buat nambah ilmu neh. eits, tp inget sob,ndak semua jamur lho. ada juga jamur yg bikin gatal,bikin malu. yah, jamur kulit. :)

Advertising dan Huruf Timbul Semarang mengatakan...

saya pernah makan,yah memang enak sich jamur rasanya ............coba aja sendiri pasti minta lagi dech!

Grosir Jilbab Murah mengatakan...

Jamur memang ok, kaya manfaat dan kaya akan khasiat..:)

Unknown mengatakan...

sehat gak buat penderita asam lambung gan?
makasi buat infonya

Muhammad Fauzi Abdillah mengatakan...

Saya sudah lama tidak makan jamur, jamur yang ini kayanya enak ya gan,,,,

skripsi informatika mengatakan...

multi guna juga jamur itu...

fahmyramdani mengatakan...

infonya sangat bagus gan buat nambah2 wawasan,,, makasih ia gan atas postingannya dan semoga makin sukses aja gan..... :)

resep puding mengatakan...

jadi bisa menambah wawasan saya neh, makasih banyak om

Obat Kolesterol mengatakan...

info yang bagus tentang jamur tiram kolesterol

obat herbal jerawat mengatakan...

wih makanan kesukaan saya nie... apalagi kalo d krispi,, hmm yummi

obat jerawat mengatakan...

wahh hhebat yaa.,, si kecil yang kaya khasiat..
makasih banyak atas infonya ,

Pengobatan Tradisional Hepatitis B mengatakan...

jadi pengen jamur crispy yg ada di depan SMP saya dulu kekek :D

Berita Forex mengatakan...

Kurangi daging, cobalah makan jamur tiram. gk jauh beda kok... heee ^^


Berita Forex

Pusat Pengobatan Herbal mengatakan...

Makasih gan buat infonya, menarik sekali...

Semoga di malam nujulul qur'an ini kita mendapatkan berkah bulan ramdhan.....

Pusat Pengobatan Herbal mengatakan...

Makasih gan buat infonya, menarik sekali...

Semoga di malam nujulul qur'an ini kita mendapatkan berkah bulan ramdhan.....

Pusat Pengobatan Herbal mengatakan...

Makasih gan buat infonya, menarik sekali...

Semoga di malam nujulul qur'an ini kita mendapatkan berkah bulan ramdhan.....

Obat Herbal Diare mengatakan...

kirain tuh jamur manfaatnya cuma bikin kenyang doang..
ternyata kandungan gizinya juga ada tohh..
heu

Belajar Forex mengatakan...

wah bagus nih manfaat dari jamur.
Thanks infonya, bagus sekali artikelnya.






Belajar Forex

obat herbal untuk jerawat mengatakan...

sya ska bgt mkn jamur, dan tnyta jamur itu bnyk mnfaat ny juga ya. mkasih deh bwt info ny :)

tour and travel di surabaya mengatakan...

harus bnyk mkan jamur n kurangi yg brlemak ne..

obat insomnia tradisional mengatakan...

makasih ni gan infonya...

Obat Alami Penyakit Kanker Ovarium | Jamu kanker ovarium mengatakan...

bermanfaat juga gan jamur itu..
thanks atas info nya..??

obat hipertensi alami mengatakan...

ternyata jamur banyak manfaatnya juga ya.....

Info Kerja mengatakan...

rasanya enak, kayak daging... ^_^

obat lupus alami mengatakan...

mantap.. salam sehat gan..

pengobatan mioma uteri mengatakan...

happy blogging

spectrum analyzer mengatakan...

jamurnya sangat bermanfaat buat semua,khasiatnya sangat banyak.jamur sangat enak moga manfaat buat semua kita semua.

Ayu Lestary mengatakan...

Informasi yang sangat bagus, artikel Anda sangat membantu saya dalam menambah ilmu pengetahuan yang saya miliki sekarang ini. Terimakasih.

Bety Puspitasary mengatakan...

Sangat menarik, tapi saya harap ketika Anda membuat artikel baru lagi bisa lebih baik dari pada sebelumnya. Jangan sampai berhenti untuk memberitahukan kesemuanya, terus dan terus membuat artikel. Saya tunggu yang baru teman!

Chely Marlela mengatakan...

Artikel anda bisa membantu saya dalam mengetahui informasi yang baru, saya sangat berterimakasih atas semua pemberitahuannya. Semoga anda tidak bosan untuk memberitahukan sebuah artikel baru anda

Delis Kurnia mengatakan...

Anda begitu sangat ahli dalam membuat sebuah artikel, informasi ini sangat sangat saya butuhkan, kenapa? Karena informasi ini perlu saya ketahui untuk menambah ilmu yang belum saya ketahui. Terimakasih sebelumnya sobat

Ella Maryati mengatakan...

Sangat membantu teman artikelnya, saya harap besok dan lain kali anda lebih menguasi tentang sebuah artikel baru yang lebih menarik daripada yang biasanya anda buat. Saya tunggu yang lebih menarik. Bagus….

Ferni Helisa mengatakan...

Saya sangat berterimakasih, atas artikel anda saya bisa mendapatkan aspirasi untuk membuat yang lebih bagus dalam membuat artikel. Salam!

Gesty Lusia mengatakan...

Terimakasih atas bagi bagi ilmunya kawan, artikel anda sangat bagus. Tapi saya harap ada yang lebih menarik lagi. Buat yang baru ya? Kutunggu.

tour and travel mengatakan...

saya baru tahu ternyata sebegitu bermanfaatnya jamur tiram..

pengobatan asam urat mengatakan...

salam sehat

xamthone plus mengatakan...

thanks infonya, saat ini tidak sulit mencari makanan olahan jamur jadi orang-orang pun mulai banyak yang menggemari jamur.

FAUZI CORP mengatakan...

mantap mas bro infinya...

c mengatakan...

gak sia sia ternyata suka jamur..
banyak manfaatnya juga,
mkasih yah infonya,
ada sdara saya yg kolestrol jd stelah baca artikel ini akan saya suruh sodara saya buat makan jamur.hehe
ihh jdi laperr yummyy...

kurangi berat badan dengan xamslimer mengatakan...

terima kasih buat infonya...
kalo saya paling gak suka sama jamur

tour and travel mengatakan...

terima kasih atas infonya.. :D sukses terus buat blognya..

sonny mengatakan...

banyak manfaatnya

obat tradisional kanker Payudara mengatakan...

wahh ternyata gak cuma enak dimakaan ajha ternyata jamur jugha sebagai anti kolesterol ..tapi apakah semua jenis jamur itu baik untuk kesehtan kita ??

rental mobil di surabaya mengatakan...

thanks infonya
makasih banget ya gan

obat diabetes melitus tradisional mengatakan...

infonya sangat bagus sekali ni gan

sry mengatakan...

terima kasih buat info & ilmunya
bermanfaat bnget nich sob!
slam sukses sob?

toko bunga duka cita mengatakan...

mantap informasi nya.

solusi sehat alami mengatakan...

begitu banyak makanan yang baik untuk kesehatan kita, sebenarnya kalo kita mau lebih selektif kita akan bisa meminimalisir sakit.
thanks share nya gan.

obat herbal penyakit getah bening mengatakan...

begitu banyak ternyata khasiat jamur. yang gak suka jamur coba olahan jamur di restoran.

Xbox 360 Steering Wheel And Pedals mengatakan...

makasih infonya

Christmas Table Decor mengatakan...

nice post

tour and travel di surabaya mengatakan...

jamur itu memang sehat untuk dikonsumsi..

RobetSheva mengatakan...

Kalo Jamur Kriw*l itu termasuk jamur tiram atau bukan ya?

tour and travel mengatakan...

thanks atas infonya gan.. sukses terus buat blognya..

rental mobil murah mengatakan...

saya sangat suka makan jamur.. rasanya enak, ternyata sangat bermanfaat sekali yah.. heheh

iklan baris mengatakan...

terima kasih sudah sharing wawasan yah gan.. sukses terus buat blognya..

Fauzi M.B.A mengatakan...

nice share,,,salam kenal saja dan di tunggu kunjungan baliknya sekedar untuk silaturahmi antar blogger mania :)

Ian Apian mengatakan...

nice info omm
lanjutt..

http://www.gubukmedia.com/2012/10/download-corel-draw-x6-full-crackkeygen.html

obat penyakit mengatakan...


salam kenal dan sukses slalu ya

obat penyakit mengatakan...


Mudah- mudahan semakin mantab lagi ya

obat jelly gamat mengatakan...

Salam kenal dan sukses slalu

obat stroke mengatakan...

makasih nih gan buat infonya

Waletbet promo bonus 100% sportsbook dan casino online mengatakan...

suka bgt ane ma jamur,,,,,,makasih infonya sob tq

obat alami batu ginjal mengatakan...

makasih ya buat infonya...

obat tradisional tbc mengatakan...

enak banget ne jamurnya....

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

uda enak banyak manfaatnya juga ya..
maksih ya uda berbagi...

obat jantung koroner mengatakan...

ternyata makanan yang saya sukai banyak manfaatnya ya....
nice share,,,

obat herbal kanker prostat mengatakan...

bagus buat kesehatan ya jamurnya...
mantap banget....

Soartec mengatakan...

ternyata jamur banyak juga manfaatnya

obat kanker paru-paru tradisional mengatakan...

info yang bagus nih gan

obat batu empedu mengatakan...

mantap banget ne, kebetulan jamur makanan kesukaan..

obat herbal kanker darah mengatakan...

makasih ya uda berbagi infonya.....

obat herbal kanker hati mengatakan...

semua jenis jamur sama aja ya khasiatnya????

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

saya suka banget makan jamur..enak, ternyata jamur sangat bermanfaat sekali yah..
makasih ya...

obat lupus mengatakan...

jamur tiram c memang enak banget sob...
lumayan juga harganya kalau uda diolah...
hehehhee...
makasih ya infonya...

obat miom mengatakan...

mantep ne infonya....
maksih ya...

obat trigliserida mengatakan...

besok minta dibuatin jamur ini enak banget kelihatannya...
hehehhee...

obat jantung bengkak mengatakan...

gak sia sia ternyata suka makan jamur..
banyak manfaatnya....
mkasih yah buat infonya...

obat flek paru paru mengatakan...

nice share....
thx for the info....

obat jantung bocor mengatakan...

begitu banyak ternyata khasiat jamur....
uda banyak khasiatnya, enyak juga rasanya...
mantap..

tour and travel disurabaya mengatakan...

sukses terus buat blognya sob..

pengobatan alami kista mengatakan...

thank banget nih gan buat infonnya......

pengobatan alami kista mengatakan...

info yang sangat bagus sekali ni gan

xamthone plus mengatakan...

postingnya bermanfaat ne...

Obat tradisional asam urat mengatakan...

Jamur memang banyak khasiatnya, pantes aja sekarang setiap Resto uda memilki hidangan Jamur, ternyata jamur sekarang ada harga pasarnya....mantap banget..

obat tradisional diabetes mengatakan...

jadi mau makan jamur ne abis baca artikelnya...
hehehehe...

obat tradisional keputihan mengatakan...

jamur itu memang enak sekali kalau bisa diolahnya....
yummy...

obat tradisional darah tinggi mengatakan...

ditunggu untuk postingan yang lainnya ya...
jamur ini memang makanan favorit saya...
makasih ya uda berbagi..

obat tradisional asma mengatakan...

hmmm jamur ya...
enyuak...

obat tradisional kolesterol mengatakan...

wah makin suka ma jamur ne kalau begini....
thx ya...

obat ambeien tradisional mengatakan...

emank jamur enak banget apalagi kalau digoreng crispy....hmmm yummy...

obat tradisional kanker payudara mengatakan...

suka banget d ma jamur......
makasi ya uda berbagi sedikit ilmunya....

obat tradisional stroke mengatakan...

sukses terus ya buat blognya....ditunggu post2 yang menarik selanjutnya......
makasih ya...

akbar mengatakan...

bagus banget gan infonya. makasih

tour and travel surabaya mengatakan...

sukses terus buat blognya. :)

obat ginjal mengatakan...

tks infonya .

obat batu ginjal mengatakan...

thanks dech infonya???

obat tbc mengatakan...

baru tau saya kasiat jamur??

obat hepatitis mengatakan...

jamur emang enak tu gan.. sekarang memang lagi ngetrend jamur

obat jantung koroner mengatakan...

buruan makan jamur ah..

obat tradisional gagal ginjal mengatakan...

jamur memang enak banget....
banyak khasiatnya...

obat hiv aids mengatakan...

jamur salah satu makanan kesukaan saya ne,,,,,
jadi makin suka d......

obat tradisional kista mengatakan...

thx ya infonya.....
bermanfaat banget ne buat saya....

obat sinusitis mengatakan...

setuju banget ne sama artikelnya,,,,
makasih ya...

obat penyakit ginjal mengatakan...

ternyata jamur punya banyak keistimewaannya juga ya,selain memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak,jamur juga sangat mudah dalam pengolahannya...tinggal goreng kering juga uda enak...
hehehehe...

obat ginjal mengatakan...

aku suka bngt ya,,

obat batu ginjal mengatakan...

digoreng pake tepung itu enak bngt lho hahahaha,,,,

obat tbc mengatakan...

ehhmmm,,,jadi ngiler...

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

jamur banyak manfaatnya ya..

obat hepatitis mengatakan...

berguna nie infonya.

obat herbal kanker serviks mengatakan...

wah ini makanan kesukaan saya nih, ternyata mafaatnya dan gizinya banyak juga ya!

great post..

obat paru paru basah mengatakan...

jamur tiram ????

obat gondok mengatakan...

Seeepp,,,jamur ini memang unik gan,

obat lupus mengatakan...

Bagus sekali artikelnya...teman-teman tau apa gunanya jamur?dan apa manfaatnya?saya punya artikelnya.

obat miom mengatakan...

wah bagus banget isi blog ini.

zul mengatakan...

bermanfaat banget infonya-infonya bagi saya


makasih ya gan

obat jantung koroner mengatakan...

Bukan saja kelezatan rasa, tetapi juga tinggi nilai gizinya. Orang Yunani kuno percaya, makan jamur menyebabkan seseorang menjadi lebih kuat dan sehat. Hasilnya mereka lebih kuat, berani dan perkasa. Firaun,bnr bngt nie,,,,

obat herbal kanker prostat mengatakan...

waw...bisa melawan kanker dan hiv juga ternyata ya.

obat batu empedu mengatakan...

Dapat juga sebagai antitumor, menurunkan kolesterol, dan antioksidan.wah bnr-bnr hebat ya.

obat leukemia mengatakan...

bnr-bnr bnyk manfaatnya ya..

agen xamthone plus mengatakan...

inspiratif artikelnya...

obat penurun kolesterol mengatakan...

jamur memang sudah menjadi makanan istimewa .

obat herbal kanker hati mengatakan...

cara tanam jamur putih ini gmn ya??

obat leukimia mengatakan...

diongseng itu bnr2 nikmat bngt,,,huhh,,...jadi ngiler.

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

benar-benar bermanfaat ya jamur ini.

xamthone plus mengatakan...

tks infonya ...
kebetulan sayahh juga penggemar jamur :D

obat asam urat mengatakan...

Wah Jamur memang banyak khasiatnya,

obat diabetes mengatakan...

nice...,
thanks infonya ya gan

obat darah tinggi mengatakan...

ternyata jamur pernah di sebut makanan para dewa juga ya.

obat asma mengatakan...

ikhh,, i like jamurr .. enaxx klo di digorengg ,, kriukk ,,kriukk ,,
nyamii ..:)

obat sakit kepala mengatakan...

Memang hebat luar biasa khasiat dan manfaat jamur tiram, makanan sehat alami, kaya akan gizi .

obat kolesterol mengatakan...

Jamur sedp,jamur nikmat.Tapi hati-hatisalah makan jamur..

obat wasir mengatakan...

Saya baru tahu jika jamur tiram juga bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol.

obat kanker mengatakan...

enak tuh kaya nya ya :

obat herbal kanker payudara mengatakan...

mantabs gan, baru tahhu ana selain rasanya yang enek dan gurih dimakan,

obat stroke mengatakan...

baru tau saya kasiat jamur??

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

Memang hebat luar biasa khasiat dan manfaat jamur tiram, makanan sehat alami, kaya akan gizi

obat hiv mengatakan...

saya ga suka jamur gan

obat kista mengatakan...

Informasi yang bermanfaat, kayaknya harus sering sering nih makan jamur tiram

obat sinusitis mengatakan...

Saya baru tahu jika jamur tiram juga bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol. Terima kasih atas infonya

tour and travel mengatakan...

sukses terus buat blognya..

xamthone plus mengatakan...

bgs bngt ya bro blognya..

obat asam urat mengatakan...

jamur memang enak..

obat diabetes mengatakan...

sungguh sangat bgs..

obat darah tinggi mengatakan...

sangat bermanfaat bro..

obat asma mengatakan...

jamur memang sedap.

obat alternatif diare mengatakan...

nice

Digital Areas mengatakan...

harus banyak-banyak nih makan jamur tiram kalo begitu hehehehe

obat herbal darah tinggi mengatakan...

jamur memang kaya akan khasiat,,tapii saya tidak suka dengan jamur:.

obat sakit kepala mengatakan...

Sudah turun-temurun masyarakat Jepang dan Cina melengkapi menu dengan jamur karna kandungan vitaminnya yg bgs dan bermanfaat..

obat kolesterol mengatakan...

sedap sekali..

obat wasir mengatakan...

72 persen lemaknya tidak jenuh..wuihh..ckckck.

obat kanker mengatakan...

sungguh berkhasiat bngt gan...??

obat herbal kanker payudara mengatakan...

para raja aja suka makan jamur ya...

obat stroke mengatakan...

waw..makanan para dewa.

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

Khasiat jamur bagi kesehatan tubuh memang terbukti. Selain mengandung berbagai macam asam amino essensial, lemak, mineral, dan vitamin, juga terdapat zat penting yang berpengaruh terhadap aspek medis.

obat hiv mengatakan...

sedap bngt kalo liat jamur putih..

obat kista mengatakan...

hmmm..lezat bngt.

obat herbal sinusitis mengatakan...

raja firaun aja ikut mengkonsumsi juga ya.

alluky mengatakan...

artikel yang bagus

Pascalmatlab mengatakan...

mantap...

putri anissa mengatakan...

ARTIKEL YANG MANPAAT GAN..

obat kanker payudara mengatakan...

wah emang mantap nie jamur

obat lemah syawhat mengatakan...

salam sehat gan

seo katanya mengatakan...

ga suka jamur gan, tapi artikelnya keren, makasih atas infonya dan salam kenal, sukses slalu....

obat herbal alami mengatakan...

kayaknya nikmat banget nih kalau jamur menjadi menu makan siang hari ini...

Bank Mandiri Bank Terbaik Di Indonesia mengatakan...

Info yang sangat bermanfaat sekali,.. Jangan lupa di komentar balik di Bank Mandiri Bank Terbaik Di Indonesia

obat herbal kolesterol tinggi mengatakan...

isi webnya sangat inovatif banget,,

obat herbal kolesterol tinggi mengatakan...

isi webnya sangat inovatif banget,,

Blog91919 mengatakan...

mantab GAN info nya...
kebetulan saya juga suka sekali dengan jamur...
dan setelah membaca postingan diatas saya jadi semakin suka dengan jamur karena selain enak juga banya khasiat nya
terima kasih...
keep posting ya GAN...

cv.Mantap Jaya mengatakan...

sekarang sudah banyak budidaya jamur Tiram,Ane suka banget olahan dari jamur.trims ya Sob masukanya and salam kenal.

«Terlama ‹Lebih tua   201 – 400 dari 575   Lebih baru› Terbaru»

Posting Komentar