Mengenal Kloning


Kloning merupakan penggandaan suatu organisme kehidupan. Contoh nyata kloning alami adalah adanya kembar dari dua pasang bersaudara. Keduanya identik secara bentuk tetapi berbeda pada perilakunya.Seiring dengan perkembangan teknologi, manusia mulai menyelidiki bagaimana membuat kloning dari suatu makhluk hidup. Tujuannya pun bermacam-macam. Tetapi dari tujuan tersebut setidaknya ada dua tujuan besar mengapa kloning diteliti, yaitu untuk tujuan pengobatan dan tujuan reproduksi.
Kloning dilakukan dengan mengambil embrio dasar dari suatu makhluk hidup, kemudian memberikan instruksi pada embrio tersebut agar bisa menjadi makhluk serupa. Embrio dasar tersebut bisa didapatkan dengan mengambil satu sel sehat dari organ manusia, kemudian sel tersebut ditanamkan pada rahim atau pada tempat lain untuk menumbuhkannya hingga kelahiran embrio tersebut.
Sarjana-sarjana barat telah banyak melakukan eksperiment yang berhubungan dengan kloning ini. Penelitian dilakukan pada unggas dan mamalia. Dari sekian banyak penelitian untuk unggas hampir seluruhnya berhasil. Contohnya seperti kloning pada chimes (sejenis ayam hasil kloning dari ayam petelur dan ayam berdaging) yang dilakukan oleh Rob Etches. Kloning ini ternyata berhasil dan menghasilkan suatu organisme baru yang unggul yang memiliki daging banyak dan produktif dalam menghasilkan telur. Sedangkan kloning pada mamalia, meskipun berhasil melahirkan suatu organisme tetapi organisme tersebut ternyata tidak memiliki daya tahan tubuh yang memadai sehingga mamalia hasil kloning seluruhnya mati dalam waktu yang singkat setelah dilahirkan, misalnya Gaur (bison thailand yang dikloning agar tidak punah) dan Dolly (domba hasil kloning).

Sejarah Kloning
Eve bayi perempuan hasil cloning pertama didunia kini berusia 5 tahun, sehat dan kini mulai menginjak pendidikan Taman Kanak Kanak di pinggiran kota Bahama.
Era manusia super mungkin bakal segera terwujud. Dunia tidak akan kekurangan stok manusia-manusia super genius sekelas Albert Einsten atau atlet handal sekelas Carl Lewis atauaktris sensual Jennifer Lopez. Manusia-manusia super itu bakalan tetap lestari di muka bumi. 100% sama persis, yang beda hanya generasinya. Eve merupakan bayi pertama yang lahir dari 10 implantasi yang dilakukan Clonaid tahun 2002. Dari 10 implan, lima gagal. Empat bayi kloning lainnya akan dilahirkan tahun ini, bahkan bayi kloning kedua akan lahir minggu ini.
Clonaid berencana mengimplantasi 20 klon manusia Januari ini. Pada saat bersamaan, para ahli independen akan diundang untuk melihat prosesnya sehingga bisa menyaksikan bagaimana contoh kloning, pertumbuhan embryo dan implantansinya. Soal kekhawatiran banyak pihak tentang ketidaksempurnaan hasil kloning pada binatang yang dijadikan model pada kloning manusia, Broisselier menandaskan, kedua prosedur itu tidak bisa dibandingkan. Masalah yang timbul pada kloning binatang merupakan hasil dari prosedur khusus yang digunakan ilmuwan untuk mereproduksi binatang. Jadi bukan pada proses kloningnya.
“Kami orang-orang serius dan bertanggungjawab karena ini berhubungan dengan masalah kemanusiaan. Kami memberikan hak dan pilihan pada orang tua untuk memilih anak-anak sesuai gen mereka. Jika dalam proses kloning, peneliti Clonaid mendeteksi adanya abnormalitas, janin akan digugurkan,” katanya. Kelahiran Eve merupakan sebuah kejutan. Sebelumnya para ilmuwan bersiap menerima kelahiran bayi kloning pertama ‘karya’ dokter ahli kesuburan Italia, Dr. Severino Antinori, awal Januari 2003. Menurut Antinori saat ini ada dua wanita lain yang juga sedang mengandung bayi hasil kloning, dengan usia kandungan 27 dan 28 minggu. Namun ia menolak bertanggungjawab atas proses pengklonan terhadap kedua wanita tersebut, walaupun ia bertindak sebagai penasehat.
Antinori adalah ahli kesuburan yang piawai. Ia telah mendeklarasikan keberhasilannya mengklon babi dan primata dan berhasil menerobos prosedur fertilitas konvensional dengan membuat seorang wanita hamil pada usia 62 tahun pada 1994.
Kebanyakan ilmuwan setuju, reproduksi manusia dengan cara kloning memang memungkinkan. Namun mereka menekankan, eksperimen seperti itu tidak bisa dipertanggungjawabkan karena tingginya resiko kematian dan gangguan pasca kelahiran.

Proses Kloning
Kita mengambil contoh proses pengkloningan dari proses pengkloningan manusia. Kloning manusia adalah teknik membuat keturunan dengan kode genetik yang sama denagn induknya yang berupa manusia. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengambil sel tubuh (sel somatik) dari tubuh manusia, kemudian diambil inti selnya (nukleusnya), dan selanjutnya ditanamkan pada sel telur (ovum) wanita yang telah dihilangkan inti selnya dengan suatu metode yang mirip dengan proses pembuahan atau inse­minasi buatan. Dengan metode semacam itu, kloning manusia dilaksanakan dengan cara mengambil inti sel dari tubuh seseorang, lalu dimasukkan ke dalam sel telur yang diambil dari seorang perempuan. Lalu dengan bantuan cairan kimiawi khusus dan kejutan arus listrik, inti sel digabungkan dengan sel telur. Setelah proses penggabungan ini terjadi, sel telur yang telah bercampur dengan inti sel tersebut ditransfer ke dalam rahim seorang perempuan, agar dapat memperbanyak diri, berkembang, berdiferensiasi, dan berubah menjadi janin sempurna. Setelah itu keturunan yang dihasilkan dapat dilahirkan secara alami. Keturunan ini akan berkode genetik sama dengan induknya, yakni orang yang menjadi sumber inti sel tubuh yang telah ditanamkan pada sel telur perempuan.
Dengan penanaman sel telur ke dalam rahim perempuan ini, sel telur tadi akan mulai memperbanyak diri, berkembang, berdiferensiasi, dan berubah manjadi janin. Janin ini akan menjadi sempurna dan akhirnya dilahirkan ke dunia. Anak yang dilahirkan merupakan keturunan dengan kode genetik yang persis sama dengan perempuan yang menjadi sumber asal pengambilan sel tubuh. Dengan demikian, proses kloning dalam kondisi seperti ini dapat berlangsung sempurna pada seluruh tahapnya tanpa perlu adanya seorang laki-laki.
Tapi perlu kita ketahui kalau kloning itu berarti organisme mengandung dirinya sendiri dan melahirkan dirinya sendiri. Proses kloning manusia dapat dijelaskan secara sederhana sebagai berikut:
  1. Mempersiapkan sel stem : suatu sel awal yang akan tumbuh menjadi berbagai sel tubuh. Sel ini diambil dari manusia yang hendak dikloning.
  2. Sel stem diambil inti sel yang mengandung informasi genetik kemudian dipisahkan dari sel.
  3. Mempersiapkan sel telur : suatu sel yang diambil dari sukarelawan perempuan kemudian intinya dipisahkan.
  4. Inti sel dari sel stem diimplantasikan ke sel telur. Sel telur dipicu supaya terjadi pembelahan dan pertumbuhan. Setelah membelah (hari kedua) menjadi sel embrio.
  5. Sel embrio yang terus membelah (disebut blastosis) mulai memisahkan diri (hari ke lima) dan siap diimplantasikan ke dalam rahim.
  6. Embrio tumbuh dalam rahim menjadi bayi dengan kode genetik persis sama dengan sel stem donor.
Dengan demikian, anak yang dihasil­kan dari proses kloning ini akan mempunyai ciri-ciri hanya dari orang yang menjadi sumber pengambilan inti sel. Anak tersebut merupakan keturunan yang berkode genetik sama persis dengan induknya.

139 komentar:

obat asam urat mengatakan...

oh jadi seperti itu ya penjelasan tentang kloning,,,
thanks ya jadi menambah wawasan....

Jelly Gamat Gold mengatakan...

thanks banget infonya sangat bermanfaat..
menambah ilmu bagi saya..

agen xamthone plus bandung mengatakan...

baru tau nih saya tentang ini....

chute mengatakan...

Owh jdi gtu...???
Baru Tau nich...!!!!
MAkasih bnyak infonya,....!!!!

cara alami mengobati jerawat mengatakan...

kloning ini sama seperti bayi tabung?

obat tradisional asam urat mengatakan...

terima ksih atas ilmu yg di berikan

obat tradisional gagal ginjal mengatakan...

very nice gan postinganya sangat menambah wawasan, dan sangat bermanfaat. dan sehebat-hebatnya ciptaan manusia hasilnya tidak akan sama dengan hasil alami, thanks dan salam kenal ya gan atas infonya

cubbi mengatakan...

ternyata kya gtu yaa. . .
saya bru tau nich. . .
mksh buat infonya. . .

Rizhani mengatakan...

tapi aku agak kurang setuju dengan kloning pada manusia. takutnya bikin kacau garis keturunan. ntar kalo nikah bingung siapa yg bakal jadi walinya :P

obat herbal kanker usus mengatakan...

perkembangan tekhnologi dan pengetahuan semakin hebat saja...
semoga tidak di pergunakan untuk kejahatan.

obat herbal keputihan mengatakan...

apakah hasil kloning itu sifat dan tampang nya itu sana dengan yang di kloning?

obat herbal glukoma mengatakan...

apa kah hasil kloning itu psti akan sempurna??
bagaimana kalo hasil kloning nya itu cacat?

obat herbal insomnia mengatakan...

artikel yang sangat menarik..
terimakasih atas info nya.

jelly gamat luxor mengatakan...

oh jadi seperti itu ya yang namanya kloning,,,,

Obat Penyakit mengatakan...

wahh ,, senenggnya dapett ilmu baruu tentangg kloningg ,, siptt dchh nice post ,, :)

Roes Wibowo mengatakan...

Kloning di dalam agama Islam diharamkan benernya.. Tapi perlu dipelajari, mungkin untuk binatang mamalia aja kali ya.. :)

Arimurti mengatakan...

setlah, membca ini, akhirnya aku jadi tau...makasih Y

obat tradisional diabetes melitus mengatakan...

oh gtu ya.... smoga saja bermanfaat :D

cara mengobati penyakit asam urat mengatakan...

baru denger saya kloning, thanks..

Obat Diare Tradisional mengatakan...

bila bermanfaat bagi kehidupan manusia semoga di berikan hasil yang memang diharapkan dalam melakukan kloning !!

obat tradisional jantung koroner mengatakan...

oh jadi seperti itu ya tahapannya

skripsi tehnik informatika mengatakan...

oo jdi macam itu ya..
mksih ya infonya..

Advertising dan Huruf Timbul Semarang mengatakan...

kalau kloning dari yang di atas langsung its ok,tapi manusia???

jual dompet pria mengatakan...

ntar bisa punya saudara kembar yg junior versi kecil (muda) versi tua

obat tradisional sakit pinggang mengatakan...

mkasih bwt info ny.. bmnfaat sekali :)

jual tas branded online murah banget mengatakan...

very nice gan postinganya sangat menambah wawasan, dan sangat bermanfaat. dan sehebat-hebatnya ciptaan manusia hasilnya tidak akan sama dengan hasil alami, thanks dan salam kenal ya gan atas infonya

businesscard@cardfila.com mengatakan...

very nice. Thanks for posting

cara pemesanan ace maxs mengatakan...

waduukh emang pada pinter pinter n canggih bnget ya .sampai sampai untuk masalah reproduksi jugha bisa digunakan teknologi macam itu

sewa mobil surabaya mengatakan...

makasih buat infonya ya gan, sangat bermanfaat banget

tour and travel mengatakan...

terima kasih sudah berbagi ilmunya sob..

xamthone plus mengatakan...

wah kloning ya...
keren..

Obat tradisional asam urat mengatakan...

kalau kloning begitu ga menyalahi aturan ya???
menciptakan sesuatu kehidupan yang sama persis???

obat tradisional diabetes mengatakan...

makasih ya uda share infonya..

obat tradisional keputihan mengatakan...

artikelnya menarik banget...
thx uda share...

obat tradisional darah tinggi mengatakan...

makasih ya uda berbagi informasinya.....
menambah wawasan saya ne...

obat tradisional asma mengatakan...

thx infonya..

obat tradisional kolesterol mengatakan...

teknologi uda semakin maju aja sampai bisa memanipulasi kehidupan.,,,,

obat ambeien tradisional mengatakan...

kalau bisa kloning manusia super kren banget ya....
atau manusia super jenius....
keren....

obat tradisional kanker payudara mengatakan...

kalau kloning ini sama ga ya sama bayi tabung????

obat tradisional stroke mengatakan...

makasih ya uda berbagi soal kloning ini....
menambah wawasan saya ne.....

obat tradisional gagal ginjal mengatakan...

mantap ne pembahasan kloningnya...
thx...

obat hiv aids mengatakan...

kalau kloning ini bisa mengambil memori untuk kloningnya atau ga ya????nice share,..

obat tradisional kista mengatakan...

canggih banget...kloning....jadi bisa buat kembaran diri sendiri...
mantap..

obat sinusitis mengatakan...

jadi seperti itu ya kalau kloning,...
makasih ya uda menambah wawasan ne artikelnya...
mantap....

obat penyakit ginjal mengatakan...

ditunggu buat post2 selanjutnya ya, artikelnya sangat menarik dan bermanfaat....

obat alami batu ginjal mengatakan...

kloning ya, serem juga kalau bisa diciptakan manusia sama persis ya....
hehehhee...

obat tradisional tbc mengatakan...

kloning sama kaya bayi tabung ya????

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

jadi kloning itu seperti ini...
bermanfaat buat menambah wawasan....
thx..

obat jantung koroner mengatakan...

postnya keren...

obat herbal kanker prostat mengatakan...

artikel yang sangat menarik, dengan berkembangnya teknologi maka akan semakin maju ilmunya...
makasih ya...

obat batu empedu mengatakan...

hal baru buat saya ne..

obat herbal kanker darah mengatakan...

teknologi makin canggih aja...
mantap..

obat herbal kanker hati mengatakan...

kloning itu berarti organisme mengandung dirinya sendiri dan melahirkan dirinya sendiri wah gimana caranya ya mengandung dirinya sendiri????

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

ijin buat nyimak dulu ne....

obat lupus mengatakan...

artikel yang menarik dan menambah wawasan nie....

akbar mengatakan...

bagus banget gan infonya. makasih

xamthone plus mengatakan...

artikel yang menarik dan menambah wawasan nie.

obat asam urat mengatakan...

ijin buat nyimak dulu ne...

obat diabetes mengatakan...

hal baru buat saya ne..

obat darah tinggi mengatakan...

artikel yang menarik

obat asma mengatakan...

teknologi makin canggih aja...
mantap..

obat miom mengatakan...

makasih ya penjelasannya....

obat trigliserida mengatakan...

asal demi tujuan yang baik c bagus juga ya klonning...
hehehe...

obat jantung bengkak mengatakan...

artikelnya menarik sekali untuk disimak ne...
makasih ya...

obat jantung bocor mengatakan...

sukses terus ya utk artikelnya...ditunggu update2nya....

obat flek paru paru mengatakan...

sangat bagus artikelnya....
terima kasih ya uda berbagi infonya.....

obat sakit kepala mengatakan...

makasih ya penjelasannya

obat kolesterol mengatakan...

asal demi tujuan yang baik c bagus juga ya klonning..

obat wasir mengatakan...

makasih ya penjelasannya..

obat kanker mengatakan...

sukses terus ya utk artikelnya.

obat herbal kanker payudara mengatakan...

oo jdi macam itu ya.

xamthone plus mengatakan...

ohh,,bgt gan prosesnya??

obat asam urat mengatakan...

baru tau nie...

obat diabetes mengatakan...

nambah pengetahuan..

obat darah tinggi mengatakan...

panjang bngt artikelnya...

obat asma mengatakan...

mantab nie artikel,,,

obat stroke mengatakan...

nambah pengetahuan.

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

sukses terus ya utk artikelnya.

obat hiv mengatakan...

sukses terus ya utk artikelnya..

obat kista mengatakan...

sangat bagus artikelnya

obat sinusitis mengatakan...

ohh,,bgt gan prosesnya?

Tas Import Korea mengatakan...

kloning sangat berbahaya bagi manusia, bisa merusak garis keturunan.

zul mengatakan...

bermanfaat banget infonya-infonya bagi saya


makasih ya gan

obat sakit kepala mengatakan...

benar-benar saya bingung bngt gan.

obat kolesterol mengatakan...

singkat aja tuh..biar gampang hehe.

obat wasir mengatakan...

kloning merupakan penggandaan suatu organisme kehidupan.

obat kanker mengatakan...

tentang bayi tabung ya gan???

obat herbal kanker payudara mengatakan...

jadi bisa lahirin kembar gto gan??

zul mengatakan...

Hallo,,

Makasih atas infonya ya sobat,, bermanfaat bangett infonya


sukses slalu

obat stroke mengatakan...

Era manusia super mungkin bakal segera terwujud..

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

bnr2 canggih zaman skrg...

obat hiv mengatakan...

ini seperti bayi tabung kali ya.

obat kista mengatakan...

waawww,,,,dahsyat ya.

obat herbal sinusitis mengatakan...

super hebat zaman skrg!!

obat ginjal mengatakan...

mantab nie artikel,,,

obat batu ginjal mengatakan...

waawww,,,,dahsyat ya.

obat tbc mengatakan...

bnr2 canggih zaman skrg...

obat hepatitis mengatakan...

Hallo,,

Makasih atas infonya ya sobat,

obat jantung koroner mengatakan...

sukses terus ya utk artikelnya..

obat herbal kanker prostat mengatakan...

kloning merupakan penggandaan suatu organisme

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

menambah wawasan saya ne...

obat batu empedu mengatakan...

waawww,,,,dahsyat

obat leukimia mengatakan...

oo jdi macam itu ya.

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

very nice gan postinganya sangat menambah wawasan, dan sangat bermanfaat. dan sehebat-hebatnya ciptaan manusia hasilnya tidak akan sama dengan hasil alami

obat herbal kanker serviks mengatakan...

kloning itu berarti organisme mengandung dirinya sendiri dan melahirkan dirinya sendiri wah gimana caranya ya mengandung dirinya sendiri?

obat paru paru basah mengatakan...

makasih ya penjelasannya..

obat gondok mengatakan...

hal baru buat saya ne.

obat lupus mengatakan...

erima kasih sudah berbagi ilmunya sob.

obat miom mengatakan...

kalau kloning begitu ga menyalahi aturan ya???
menciptakan sesuatu kehidupan yang sama persis??

obat ginjal mengatakan...

kloning alami adalah adanya kembar dari dua pasang bersaudara.

obat batu ginjal mengatakan...

bisa buat anak kembar..

obat tbc mengatakan...

postinganya sangat menambah wawasan.

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

mantab ya..

obat hepatitis mengatakan...

perkembangan teknologi nie..

Digital Areas mengatakan...

astaga.. bukannya clonning itu melanggar hukum alam yah ??

obat jantung koroner mengatakan...

Kloning dilakukan dengan mengambil embrio dasar dari suatu makhluk hidup....ckckck..

obat herbal kanker prostat mengatakan...

zaman makin canggih aja nie..

obat batu empedu mengatakan...

tp masi kurang paham bro..

obat leukemia mengatakan...

bisa lbh singkat dikit lagi gak hehe..

agen xamthone plus mengatakan...

hhmmm...mantab abiz infonya.

obat penurun kolesterol mengatakan...

kloning alami adalah adanya kembar dari dua pasang bersaudara.

obat herbal kanker hati mengatakan...

penelitian terbaru..

obat leukimia mengatakan...

proses teknologi mutakhir..

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

hmmmm.....dahsyat bro.

kuliner mengatakan...

mm... jadi seperti itu ya proses kloning,
artikel yg sangat bermanfaat dn menambah wawasan.
thanks...:)

bisnis online gratis mengatakan...

keren gan ..
makasih infonya ya gan..

bimbel online mengatakan...

makasih atas informasinya

irwan.s.m mengatakan...

- ituPoker.Com Agen Poker Online Indonesia Terpercaya
- ituPoker.Com Agen Poker Online Indonesia Terpercaya
- ituPoker.Com Agen Poker Online Indonesia Terpercaya
- ituPoker.Com Agen Poker Online Indonesia Terpercaya
- ituPoker.Com Agen Poker Online Indonesia Terpercaya
- ituPoker.Com Agen Poker Online Indonesia Terpercaya
- ituPoker.Com Agen Poker Online Indonesia Terpercaya

kini mengatakan...

matap gan

reni mengatakan...

widih sedap

JENI mengatakan...

ini baru namanya blog bagus

kannit mengatakan...

masalah blog muncul setiap saat

LUNA mengatakan...

setiap blog ada manfaatnya

yuni mengatakan...

wow apa yang terjadi

buni mengatakan...

quis luar

reni mengatakan...

montok bener

sewa bus pariwisata karawang mengatakan...

mantap gan ...salam sukses selalu

Bus Pariwisata Karawang

Bus Jemputan Karyawan

Sewa Bus Karawang

Bus Antar Jemput Karyawan

Pakar Wisata Karawang

rumah secondary mengatakan...

thanks gan artikelnya menarik dan menambah wawasan. ditunggu artikel selanjutnya

Andy Syahputra mengatakan...

Apa Iya Buah Sayur Tomat Bisa Menjadi Obat Kanker Payudara Munkin bisa jadi refrensi anda

Terima kasih atas infonya

Posting Komentar