Menopause Dini, Datang di Saat ‘Tak Terduga


(Pengetahuan) Menopause dini datang saat wanita masih berada di usia reproduksi. Wanita yang memiliki riwayat keluarga menopause dini, mengalami operasi pengangkatan ovarium, menjalani terapi kanker seperti radiasi atau kemoterapi yang merusak ovarium, punya kemungkinan lebih besar mengalami menopause dini.

Menurut DR. Dr. Purwantyastuti, MSc, SpFK, Staf Pengajar Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, menopause berasal dari kata meno dan pause. Meno adalah mens atau haid. Pause berarti stop atau berhenti. Jadi, menopause berarti berhenti haid.

Haid berhenti karena ovarium tidak lagi memberikan respon terhadap sinyal hormon di dalam tubuh. Sebelumnya, bila hormon memberikan sinyal kepada ovarium (indung telur) untuk mengeluarkan ovum (telur), maka ovarium mengeluarkan ovum yang siap untuk dibuahi. Peristiwa itu rutin terjadi setiap bulan di masa reproduksi seorang wanita. Bila tidak ada ovulasi (pertemuan ovum dan sperma), maka wanita akan mengalami haid.

Sebelum haid berhenti, biasanya wanita akan mengalami masa peralihan yang disebut dengan masa perimenopause. Masa peralihan ini bervariasi antara 2 hingga 6 tahun. Pada masa perimenopause ini ada beberapa gejala yang pada umumnya terjadi. Gejala yang biasanya muncul antara lain, hot flashes (timbulnya rasa panas pada bagian tubuh tertentu), sulit tidur, haid tidak teratur dan munculnya kecemasan.
Menurut dokter yang biasa disapa Tuti ini, umumnya wanita Indonesia mengalami menopause di usia 45-55 tahun. Rentang usianya memang agak lebar karena banyak faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor yang berpengaruh antara lain status gizi, riwayat penyakit, beban pekerjaan, dan lain-lain. Jadi, bila seseorang mengalami henti haid di usia 30-an atau awal 40-an, maka orang tersebut dapat dikatakan mengalami menopause dini.

Beberapa kondisi berbeda
Ada beberapa kondisi berbeda yang semuanya memiliki gejala sama, yaitu henti haid di usia dini. Beberapa kondisi tersebut adalah ovulasi prematur, menopause karena operasi atau terapi kanker dan perimenopause.

Ovulasi prematur, menopause prematur atau Premature Ovarian Failure (POF) yang memiliki gejala berhenti haid merupakan salah satu kondisi yang dialami oleh seseorang yang mengalami menopause dini. Namun, berbeda dengan keadaan menopause pada umumnya yang sudah tidak lagi mengalami ovulasi. Wanita yang mengalami ovulasi prematur ini tidak haid karena tubuhnya tidak respon terhadap sinyal untuk ovulasi.

Namun, sebenarnya ovariumnya masih memproduksi ovum. Menopause prematur bisa disebabkan oleh adanya kelainan kromosom atau kelainan imunitas.
Berbagai penelitian membuktikan bahwa 25% wanita yang mengalami ovulasi prematur masih memiliki ovum yang siap untuk dibuahi. Sekitar 8-10% dari golongan tersebut bahkan mengalami kehamilan.
Keadaan yang kedua adalah berhenti haid yang disebabkan oleh tindakan operasi misalnya pengangkatan ovarium, rahim, atau terapi kanker dengan radiasi atau kemoterapi. Semua hal tersebut menyebabkan ovarium gagal atau tidak mampu memproduksi hormon secara normal, sehingga terjadi ketidakseimbangan hormon yang dapat menyebabkan henti haid.

Dosis yang tinggi saat kemoterapi atau radiasi yang dilakukan untuk mematikan sel-sel kanker juga dapat menyebabkan rusaknya ovarium. Keadaan itu dapat merusak keseimbangan hormon yang menyebabkan henti haid di usia dini.
Keadaan yang ketiga adalah perimenopause. Periode yang terjadi sebelum masa menopause yang sesungguhnya ini juga menunjukkan gejala henti haid. Pada masa ini, seorang wanita sering mengalami haid yang tidak teratur atau haid yang tidak mengandung ovum. Saat munculnya gejala masa peralihan inilah sebenarnya seseorang mulai memasuki masa menopause yang sesungguhnya.

Beberapa penyebab lain yang juga berhubungan dengan menopause dini adalah adanya riwayat menopause dini dalam keluarga. Bila di dalam keluarga, seperti ibu, nenek, kakak atau adik ada yang mengalami gejala menopause dini, maka kemungkinannya untuk mengalami hal tersebut juga ada.

Bahkan, adanya infeksi virus saat seorang wanita masih berada di dalam rahim ibu juga berpengaruh. Infeksi virus saat hamil akan mempengaruhi jumlah telur yang dimiliki oleh bayi tersebut kelak. Analoginya, wanita dengan jumlah telur yang lebih sedikit telurnya akan lebih cepat habis daripada wanita pada umumnya. Sehingga, ia akan mengalami henti haid lebih awal. Beberapa penyakit seperti, infeksi kelenjar thyroid, kelebihan hormon prolaktin, kelainan pada kelenjar pituitary, atau status gizi buruk juga dapat menyebabkan berhentinya haid.

Kenali gejalanya dan atasi dengan bijak
Sebelum terjadi henti haid, pada umumnya wanita mengajalmi gejala haid tidak teratur.

Ketidakteraturan ini disebabkan oleh keadaan hormon yang tidak seimbang. Ketidakteraturan ini dapat berupa siklus yang lebih pendek, jarak haid yang tidak teratur, atau perdarahan yang banyak.

Meskipun ketidakteraturan haid ini pertanda ketidakstabilan hormon yang wajar, namun ada beberapa hal yang perlu diwaspadai. Karena ada kemungkinan ketidakteraturan ini merupakan pertanda adanya sesuatu yang tidak beres pada tubuh. Misalnya, ada tumor, kanker atau jaringan fibroid yang sering muncul menjelang menopause. Segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan tidak ada kelainan.

Munculnya gejala hot flashes atau munculnya rasa panas pada muka atau bagian tubuh lainnya dapat ditangani dengan menjalani hidup sehat dan bebas stress. Hidup sehat dengan makan, minum, istirahat, dan olahraga yang cukup dan teratur. Bebas stress dilakukan dengan menjalani hidup penuh ketenangan.

Beberapa orang, atas anjuran dokter, perlu menjalani terapi sulih hormon untuk mengatasi menurunnya kadar hormon estrogen karena keadaan yang menyertainya, seperti osteoporosis dan jantung koroner. “Dalam beberapa keadaan, terapi sulih hormon dibutuhkan untuk mengatasi penyakit yang menyertai kekurangan hormon estrogen,” kata Tuti.

Saat kadar estrogen menurun, maka elastisitas vagina berkurang dan mengering. Melakukan hubungan seks pun menjadi tidak nyaman. Vagina pun menjadi lebih mudah terluka dan iritasi. Untuk mengatasinya bukan berarti wanita sudah tidak dapat lagi berhubungan seks. Justru, melakukan hubungan seks dengan frekuensi yang cukup dapat mengatasi masalah kekeringan vagina. Selain itu, ada beberapa hal yang dapat menghilangkan ketidaknyamanan. Misalnya, menggunakan jelly saat berhubungan. Hindari pemakaian parfum, tissue, pembalut, sabun tertentu yang akan menambah kering vagina.

Menjalani hidup sehat dengan konsumsi makanan dan minuman yang sehat, olahraga teratur serta istirahat yang cukup merupakan modal bagi masa menopause yang menyenangkan. “ Datang lebih cepat atau pada waktunya, menopause pasti akan dialami oleh setiap orang. Jadi, tak ada yang perlu dicemaskan,” tutur Tuty mengomentari masa menopause dengan bijak.

123 komentar:

membuat blog gratis mengatakan...

Informasi yang menarik...siap2 yang sudah kepala empat...

DamaraSofia mengatakan...

Terima kasih dah berkenan mampir dan meninggalkan komentar.

xamthone plus mengatakan...

owh jadi seperti itu,, ok dech sekarang saya jadi tau apa itu menopause...?
thanks ya

Anonim mengatakan...

Dok, saya 41 tahun, sudah 4 x siklus haid terjadi dengan jarak cuma 2 minggu padahal biasanya normal 23 hari. sempat ke dokter kandungan, papsmear dan usg vaginal hasil ga ada masalah, trus diberi obat cyclo progynova diminum selama 21 hari, hari ke 22 saya mens, dan setelah itu balik lagi ke 2 minggu jarak mensnya. Apa ini gejala menoupose dini? apa saya harus minum lg obat yg diberikan dokter? bagaimana mengatasinya agar normal lagi mens saya? makasih ya Dok atas jawabannya.

chute mengatakan...

Tulisan yg sangat menarik..
sangat membantu skali,terutama saya sbgai wanita...
Makasih bnyak infonya,berguna bgt nich...

cubbi mengatakan...

artikel yg sangat menarik. . .
saya jd tau tentang menopause. . .
mksh buat infonya. . .

Anonim mengatakan...

dok sy mau tanya;sy usia 49 th.sy mengalami haid ngacau udah 3th lbh,sy selama berumah tangga g kenal kb,sy ngatur sendr sm suami,anak 4,terakhir haid 30 septembr 20011 sampai hr ini blm haid,apakah sy udah termasuk pramanapous?yg sy rasakan kalau mlm terrutama sering keringatan kadang siang jg bgt dr wajah k leher k bdan,kadang2leher terasa g enak kalau d pkai kerudung ky kecekik.sy blm pernah pupsemir krn g ada keluhan,pernah cek up hasilnya alhamdulillah bgs.yg paling sy tanyakan leher terasa g enek itu dok?hsil thyroid jg normal.mksh atas jwbannya.ibu dr cilegon

Obat Tradisional Asam Urat mengatakan...

owh jadi menopause dini terjadi pada kisaran umur 45/55 yahh ,, iya saya jadi paham .. terimakasihh yah ,,,

obat kelenjar getah bening mengatakan...

waduh bahya juga :D

cara mengobati diabetes melitus mengatakan...

ok deh,,, sangat kren banget

cara mengobati gagal ginjal mengatakan...

smoga mkin sukses ya

cara mengobati stroke mengatakan...

sangat mantaap deh info nyua

cara mengobati kencing manis mengatakan...

sangat mantaaap deh...

cara mengobati penyakit tbc mengatakan...

sipp untuk info nya,,, moga mkin laris aja

cara mengobati penyakit kista mengatakan...

info nya sangat menarik gan

cara mengobati batuk berdarah mengatakan...

luar biasa deh

cara mengobati kanker payudara mengatakan...

haduh ? harus segera di atasi nih dari sekarang gna

cara mengobati kanker prostat mengatakan...

simak dulu gan info nya

obat asam urat tradisional mengatakan...

bagi pria mungkin kagak ngarti yeeee

obat infeksi saluran kemih mengatakan...

info nya berguna untuk wanita :D

obat kanker prostat tradisional mengatakan...

kren gan info nya deh aku suka banget hahahhaa

agen xamthone mengatakan...

thank's infonya!!

citra harmoni mengatakan...

batas umur menopause brp gan??

jasa web desain mengatakan...

mens yg tdk teratur apa ada kelainan gan??

xamthone mengatakan...

great article..

obat alami asam urat mengatakan...

maksih buat infonya ya.....

obat alami diabetes mengatakan...

mantep ne jadi menambah wawasan saya....
makasih ya...

obat keputihan alami mengatakan...

kalau uda mau menopause biasanya sifatnya berubah ya????jadi seperti anak kecil lagi atau bagaimana gitu?????

obat alami darah tinggi mengatakan...

suka banget ne sama infonya.,.
sip banget...

obat asma alami mengatakan...

oke banget infonya ne...

obat alami kolesterol mengatakan...

menopause itu apa ada batasan umur termudanya??

obat tradisional wasir mengatakan...

ijin buat nyimak infonya ya....
nice post...

obat alami kanker payudara mengatakan...

sebelum menopause bisa kena kanker????harus sering2 periksa ke dokter donk......bahaya banget tuh...

obat alami stroke mengatakan...

it's a good post....
keep posting...

obat gagal ginjal mengatakan...

nice article...

obat tradisional hiv aids mengatakan...

kalau haid ga teratur biasanya kelelahan, stress, atau lagi kurang bener hormonnya...

obat penyakit kista mengatakan...

pembahasannya lengkap banget ne....
makasih ya..

obat herbal sinusitis mengatakan...

jadi mengerti sedikit ne soal menopause....
maksih ilmunya..

obat tradisional ginjal mengatakan...

ijin bookmark ya....

obat tradisional batu ginjal mengatakan...

Great info...

obat alami tbc mengatakan...

menopause dini bisa repot juga ya...

obat kanker kelenjar getah bening mengatakan...

kalau telat bisa gara2 ada kanker atau tumor ya....
wah serem juga ya..

obat herbal jantung koroner mengatakan...

artikelnya menarik ne..

obat kanker prostat mengatakan...

ditunggu info2 lainnya ya....
ctrl+d dulu ne...

obat herbal batu empedu mengatakan...

menjalani hidup yang sehat dan olah raga yang teratur mungkin akan bisa menjadikan menopause ini tidak terlalu mengerikan...

obat herbal kanker darah mengatakan...

menopause mungkin memang sangat mengerikan bagi beberapa wanita, tapi harus bisa disikapi dengan sikap yang baik...

obat kanker darah mengatakan...

thx uda share...

obat kanker hati mengatakan...

sip artikelnya ne kawan,menambah wawasan saya....
thx.........

obat kanker paru paru mengatakan...

makasih ya uda berbagi infonya soal menopause...

obat penyakit lupus mengatakan...

sukses terus ya buat blognya,....
it's a good article....

xamthone plus mengatakan...

sukses terus ya buat blognya,....
it's a good article...

obat asam urat mengatakan...

sip artikelnya ne kawan,menambah wawasan saya....
thx.......

obat diabetes mengatakan...

makasih ya uda berbagi infonya

obat darah tinggi mengatakan...

thx uda share..

obat asma mengatakan...

sukses terus ya buat blognya,..

obat herbal miom mengatakan...

jadi tanda2 menopause seperti itu ya..
makasih ya..

obat trigliserida tinggi mengatakan...

jadi tau d apa itu menopause...
makasih ya...

obat herbal jantung bengkak mengatakan...

menarik sekali artikelnya ne...
thx y uda share...

obat herbal jantung bocor mengatakan...

semoga sukses terus ya untuk blog2nya..
makasih ya uda berbagi infonya..

obat herbal flek paru paru mengatakan...

menopausenya bisa berbahaya juga ya untuk kesehatan...thx ya uda share infonya....

obat sakit kepala mengatakan...

menopausenya bisa berbahaya juga ya untuk kesehatan.

obat kolesterol mengatakan...

thx y uda share...

obat wasir mengatakan...

sukses terus ya buat blognya,.

obat kanker mengatakan...

Great info.

obat herbal kanker payudara mengatakan...

Tulisan yg sangat menarik.

obat herbal stroke mengatakan...

it's a good post...

obat gagal ginjal mengatakan...

menopausenya bisa berbahaya juga ya untuk kesehatan

obat herbal hiv aids mengatakan...

kalau uda mau menopause biasanya sifatnya berubah ya?

obat herbal kista mengatakan...

suka banget ne sama infonya.,

obat herbal sinusitis mengatakan...

..thx ya uda share infonya....

xamthone mengatakan...

jadi lbh tau arti menopause nie...

obat herbal asam urat mengatakan...

menopause itu menakutkan gak sih?

obat herbal diabetes mengatakan...

wah,,harus siap-siap nie kalo uda 40 keatas..hehe..

obat herbal darah tinggi mengatakan...

info yg bermanfaat ya..

obat asma alami mengatakan...

setiap wanita pasti mengalaminya ya..

obat herbal sakit kepala mengatakan...

pagi gan...??

obat herbal kolesterol mengatakan...

bgs bngt nie buat para wanita yg mau menjelang menopause..

obat herbal wasir mengatakan...

lengkap bngt ya

obat herbal wasir mengatakan...

lengkap bngt ya

obat herbal kanker mengatakan...

ukkhh,,,jadi lbh ngerti deh...

obat kanker payudara mengatakan...

ohhhh.......lengkap bngt ya artikelnya.

obat herbal ginjal mengatakan...

mantep ne jadi menambah wawasan saya....
makasih ya

obat herbal batu ginjal mengatakan...

lengkap bngt ya

obat herbal tbc mengatakan...

wah,,harus siap-siap nie kalo uda 40 keatas..hehe..

obat hepatitis b mengatakan...

ukkhh,,,jadi lbh ngerti deh...

obat herbal jantung koroner mengatakan...

Tulisan yg sangat menarik

obat kanker serviks mengatakan...

sipp untuk info nya,,

obat kanker prostat mengatakan...

pembahasannya lengkap banget ne...

obat kanker kelenjar getah bening mengatakan...

it's a good post....

obat herbal batu empedu mengatakan...

bagi pria mungkin kagak ngarti yeeee

obat herbal leukimia mengatakan...

mantep ne jadi menambah wawasan saya..

obat kanker paru paru mengatakan...

great article.

obat kanker serviks mengatakan...

..thx ya uda share infonya....

obat herbal radang paru paru mengatakan...

nice article.

obat herbal gondok mengatakan...

mantep ne jadi menambah wawasan saya.

obat penyakit lupus mengatakan...

artikelnya menarik ne..

obat herbal miom mengatakan...

kalau uda mau menopause biasanya sifatnya berubah ya?

obat herbal stroke mengatakan...

pagi gan..??

obat gagal ginjal mengatakan...

bisa tiba2 ya berhentinya??

obat herbal hiv aids mengatakan...

iikkhh.jadi takut ya.

obat herbal kista mengatakan...

kalo menopause,berarti uda gak bisa melahirkan donk....

obat sinusitis alami mengatakan...

ohh...gto..!!!

obat herbal ginjal mengatakan...

Wanita yang memiliki riwayat keluarga menopause dini, mengalami operasi pengangkatan ovarium, menjalani terapi kanker seperti radiasi atau kemoterapi yang merusak ovarium, punya kemungkinan lebih besar mengalami menopause dini.

obat herbal batu ginjal mengatakan...

aku blm mau ah menopause..

obat herbal tbc mengatakan...

katanya biz menopause cepat tua ya..??

obat kanker kelenjar getah bening mengatakan...

kalo uda menopause berarti gak bisa lahirin ya??

obat hepatitis b mengatakan...

bgs bngt.

Digital Areas mengatakan...

infonyamenarik sekali gan hehehehe

xamthone mengatakan...

Sebelum terjadi henti haid, pada umumnya wanita mengalami gejala haid tidak teratur.

obat herbal jantung koroner mengatakan...

kalu datang bulan gak terlalu lancar itu knp ya...

obat kanker prostat mengatakan...

Sebelum terjadi henti haid, pada umumnya wanita mengajalmi gejala haid tidak teratur.

obat herbal batu empedu mengatakan...

Ovulasi prematur, menopause prematur atau Premature Ovarian Failure (POF) yang memiliki gejala berhenti haid merupakan salah satu kondisi yang dialami oleh seseorang yang mengalami menopause dini.

obat herbal kanker darah mengatakan...

Wanita yang mengalami ovulasi prematur ini tidak haid karena tubuhnya tidak respon terhadap sinyal untuk ovulasi.

agen xamthone mengatakan...

tq bngt gan info dari kamu..

obat herbal penurun kolesterol mengatakan...

Dosis yang tinggi saat kemoterapi atau radiasi yang dilakukan untuk mematikan sel-sel kanker juga dapat menyebabkan rusaknya ovarium. Keadaan itu dapat merusak keseimbangan hormon yang menyebabkan henti haid di usia dini.

obat herbal kanker hati mengatakan...

Kedokteran Universitas Indonesia, menopause berasal dari kata meno dan pause. Meno adalah mens atau haid. Pause berarti stop atau berhenti. Jadi, menopause berarti berhenti haid.

obat leukimia mengatakan...

memang sudah kodrat perempuan ya gan.

obat kanker hati mengatakan...

artikel yg bermanfaat buat perempuan..

obat herbal leukimia mengatakan...

blog yg keren..

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

info yg mantab bro buat wanita.

obat kanker paru paru mengatakan...

info yg mantab bro buat wanita.

bisnis online gratis mengatakan...

thanks gan infonya

bisnis online gratis mengatakan...

keren gan ..
makasih infonya ya gan..

Poskan Komentar