Lebih Sadar pada DBD


Demam Berdarah Dengue atau DBD biasa menyerang saat musim penghujan. Terlebih negara kita termasuk negara beriklim tropis yang merupakan tempat hidup favorit bagi nyamuk. Demam ini bisa menjadi penyakit yang mematikan jika tidak segera ditangani. Khususnya, anak-anak seringkali menjadi sasaran dari gigitan nyamuk yang menyebabkan penyakit ini. Sebagai orangtua, sebaiknya berusaha mencegah agar anak dan seluruh anggota keluarga agar terhindar dari penyakit ini. Juga perlu bersikap sigap jika ada anggota keluarga yang menunjukkan gejala penyakit demam berdarah. Bekali diri Anda dengan informasi seputar penyakit ini agar dapat membantu akibat negatif dari penyakit demam berdarah dengue.

Nyamuk Aedes Aegypti

Wabah demam berdarah yang menarik perhatian dunia pertama kali muncul di Manila pada tahun 1954. Sebagian besar kasus demam berdarah terjadi di negara yang terletak pada daerah tropis dan subtropis. Hal ini tidak mengherankan karena nyamuk suka dengan lingkungan yang hangat untuk hidup.
Nyamuk Aedes aegypti merupakan pembawa virus dari penyakit Demam Berdarah. Cara penyebarannya melalui nyamuk yang menggigit seseorang yang sudah terinfeksi virus demam berdarah. Virus ini akan terbawa dalam kelenjar ludah si nyamuk. Kemudian nyamuk ini menggigit orang sehat. Bersamaan dengan terhisapnya darah dari orang yang sehat, virus demam berdarah juga berpindah ke orang tersebut dan menyebabkan orang sehat tadi terinfeksi virus demam berdarah.
Nyamuk demam berdarah ini memiliki siklus hidup yang berbeda dari nyamuk biasa. Nyamuk ini aktif dari pagi sampai sekitar jam 3 sore untuk menghisap darah yang juga berarti dapat menyebarkan virus demam berdarah. Sedangkan pada malam hari, nyamuk ini tidur. Maka, berhati-hatilah terhadap gigitan nyamuk pada siang hari dan cegah nyamuk ini menggigit anak yang sedang tidur siang.
Kebiasaan dari nyamuk ini adalah dia senang berada di genangan air bersih dan di daerah yang banyak pohon seperti di taman atau kebun. Genangan air pada pot bunga mungkin menjadi salah satu tempat favorit nyamuk yang dapat terlupakan oleh Anda.

Gejala Demam Berdarah

Seseorang yang terinfeksi virus Demam Berdarah Dengue (DBD), umumnya menunjukkan gejala-gejala berikut:
  • Demam tinggi terus menerus. Suhu badan sekitar 39 - 40 derajat Celcius. Hal ini menyebabkan sakit kepala pada penderita.
  • Demam tanpa disertai batuk-batuk.
  • Sakit perut atau mual.
  • Badan terasa pegal atau nyeri pada persendian.
  • Muncul bintik-bintik merah, tetapi hal ini tidak selalu terjadi pada setiap kasus.
Jika ada anggota keluarga Anda menunjukkan gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera bawa ke dokter untuk mendapat pengobatan. Jangan biarkan demam terlalu lama karena dapat mengakibatkan terlambat untuk ditolong. Untuk lebih pastinya, Anda dapat melakukan cek darah.

Bahaya Demam Berdarah Dengue (DBD)

Ada 4 tipe dari penyakit Demam Berdarah. Jadi, seseorang yang sudah pernah terkena penyakit demam berdarah, tidak berarti dia tidak akan terkena penyakit ini lagi karena ada 3 tipe lainnya yang dapat menyebabkan DBD juga.
Saat terkena DBD, seseorang akan mengalami 3 fase. Yang pertama adalah fase demam selama 3 hari pertama. Berlanjut pada 3 hari selanjutnya yang merupakan fase kritis. Pada fase ini, demam sudah tidak terjadi, tetapi di fase inilah harus waspada agar tidak terkecoh dengan menganggap sudah sembuh dan tidak diberi pengobatan. Tiga hari selanjutnya adalah fase penyembuhan.
Salah satu bahaya dari demam berdarah adalah menganggap demam yang dialami sebagai demam biasa sehingga dianggap ringan dan tidak mendapat perawatan khusus. Apalagi, pada fase kedua, biasanya demam sudah turun sehingga dianggap sudah sembuh.

Pengobatan DBD

Tidak ada obat khusus untuk menyembuhkan Demam Berdarah. Maka, hal yang dapat dilakukan untuk membantu kesembuhan orang yang terkena penyakit ini adalah:
  • Berikan obat penurun panas atau parasetamol.
  • Kompres agar panas tidak terlalu tinggi. Kompres sebaiknya dilakukan dengan air hangat, bukan dengan air dingin atau es. Air dingin dapat menyebabkan penderita menggigil sehingga tubuh menjadi panas.
  • Minum air putih yang banyak. Penderita DBD biasanya akan kekurangan cairan, maka air putih sangat baik untuk mereka. Air putih juga dapat membantu menurunkan panas. Selain air putih, bisa juga berikan cairan oralit untuk membantu penyembuhan.
  • Makanan yang bergizi. Sebenarnya tidak ada pantangan makanan untuk penderita DBD. Berikan makan bergizi agar tubuh menjadi kuat dan dapat melawan virus DBD. Buah-buahan dan sayuran dapat sangat bermanfaat untuk pemulihan.
  • Minum air daun jambu dan angkak dapat membantu menaikkan trombosit.
Perawatan bisa dilakukan di rumah jika kondisi penderita tidak buruk dan diperbolehkan oleh dokter. Tetapi, butuh ketelitian dalam merawatnya. Anda juga harus terus berkonsultasi dengan dokter dan melakukan periksa darah setiap hari untuk mengetahui kondisinya. Dirawat di rumah sakit dapat menjadi pilihan jika Anda merasa hal itu lebih aman karena tindakan medis bisa segara diambil jika kondisi pasien menurun juga dimungkinkan diberikan infus untuk menambah cairan pasien.
Hal-hal yang membahayakan dari penyakit DBD karena infeksi virus ini dapat menyebabkan trombosit darah turun menjadi sangat rendah. Yang kemudian akan menyebabkan pembuluh darah menjadi kempis, cairan bocor sehingga darah masuk ke rongga-rongga tubuh dan menyebabkan pendarahan pada telinga, hidung, atau kulit yang dapat mengakibatkan kematian.

Pencegahan DBD

Hal yang terbaik adalah mencegah agar tidak ada anggota keluarga yang terkena DBD. Tindakan-tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegahnya yaitu:
  • Mencegah perkembangbiakan nyamuk ada di sekitar kita. Anda dapat melakukan gerakan 3M yaitu Menutup tempat penyimpanan air, Menguras bak mandi dan Mengubur barang-barang yang tidak terpakai. Larva nyamuk akan berkembang di genangan air dalam waktu sekitar seminggu. Untuk itu, perlu dicegah kemungkinan benda-benda yang merupakan tempat berkembangnya larva ini seperti pot bunga, kaleng bekas, ban bekas atau barang lainnya yang menampung genangan air, khususnya pada musim penghujan dimana tempat-tempat tersebut dapat menjadi genangan dari air hujan yang turun.
  • Cegah agar jangan digigit nyamuk, misalnya dengan cara menggunakan lotion atau obat pengusir nyamuk.
  • Mennggunakan bubuk Abate pada selokan dan penampungan air agar tidak menjadi tempat bersarangnya nyamuk.
  • Jaga kondisi tetap sehat. Kondisi badan yang kuat, membantu tubuh untuk menangkal virus yang masuk sehingga walau terkena gigitan nyamuk, virus tidak akan berkembang.
Demam Berdarah tidak dapat dianggap sebagai penyakit ringan. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian. Maka, tindakan pencegahan dan selalu waspada terhadap penyakit ini dapat melindungi orang-orang yang Anda kasihi dari bahaya penyakit Demam Berdarah Dengue atau DBD.

115 komentar:

membuat blog gratis mengatakan...

Salam kenal semoga tulisannya bermanfaat

Tx

hgh energizer mengatakan...

Numpang comment dan backlink..
Visit back yah...

Makasih

DamaraSofia mengatakan...

Terima kasih dah mampir dan meninggalkan komentar.. sure will visit back soon.. ^^

Jual Sewa Rumah Jabodetabek mengatakan...

Salam kenal.
Selama ini belum pernah kena DBD, mudah2an ga kena DBD seumur hidup :D

Lebih baik mencegah daripada mengobati.

DamaraSofia mengatakan...

Amiin.. Kita semua inginnya penyakit ini ga akan berkunjung pada kita, keluarga dan teman terdekat. Meski begitu, tak ada salahnya kita mengenalnya dan bisa lebih sigap dan waspada terhadap penyakit satu ini.. Makasih dah berkunjung.

chute mengatakan...

Tulisan yg sngat menarik....
Makasih bnyak infonya..
Sngat bermanfaat bgt....

cubbi mengatakan...

artikel yg menarik. . .
bnr bgt lebih baik mencegah dr pda mengobati. . .
jd kita hrus lebih sadar akan penyakit DBD. ..
biar kita ga terkena penyakit DBD. . .

Jelly gamat mengatakan...

ikh,, DBD menakutkan .. bisa membuat korbannya lemas hingga tak berdaya lagii ..ukhh ..:(

cara mengobati diabetes melitus mengatakan...

awas demam berdarah,,, hati hati ya jaga kesehatan

obat kencing manis tradisional mengatakan...

skrg banyak yang terjangkitDBD nih
hati hati aja

obat penyakit tbc tradisional mengatakan...

awas demam berdarah

obat tradisional kelenjar getah bening mengatakan...

kita harus kenali DBD ok

obat penyakit stroke herbal mengatakan...

sadar dari sekarang aja

obat jantung koroner herbal mengatakan...

hati2 dbd

obat infeksi saluran kemih mengatakan...

sadar dari sekarang deh gan

pengobatan tradisional stroke mengatakan...

harus menyadari gan ya

pengobatan tradisional gondok mengatakan...

semua harus menyadari deh

obat miom mengatakan...

wah pernah kena ne gejala dbd, untung masih gejala jadi dirawat 1 minggu di RS...

obat trigliserida mengatakan...

maksaih uda berbagi infonya...

obat jantung bengkak mengatakan...

nice article about dbd....
thx..

obat jantung bocor mengatakan...

kalau keluar pake anti nyamuk makanya supaya bisa mengurangi bahaya kena dbd

obat flek paru paru mengatakan...

memang untuk dbd ini kita harus lebih menyadari lagi untuk gejala2nya apalagi kalau kena ke anak kecil bisa bahaya banget....

xamthone plus mengatakan...

bahaya ne dbd bisa menyebabkan kematian kalau terlambat terdeteksi.....
makasih ya...

Obat tradisional asam urat mengatakan...

mari kita lebih menyadari untuk penyakit ini sehingga tidak terlambat untuk mengatasinya....

obat tradisional diabetes mengatakan...

kita harus mengetahui tindakan pencegahan dan selalu waspada terhadap penyakit ini....
nice post..

obat tradisional keputihan mengatakan...

harus lebih kenali lagi gejala2 dbd,.,,,,

obat tradisional darah tinggi mengatakan...

semoga dengan adanya post ini kita bisa lebih menyadari lagi bahaya dbd dan gejala2nya,,,
thx..

obat tradisional asma mengatakan...

gejalanya yang penting banget tuh biar ga terlambat...

obat tradisional kolesterol mengatakan...

marilah kita lebih menyadari masalah dbd ini karena dbd termasuk penyakit yang mematikan juga....
nice article...

obat ambeien tradisional mengatakan...

ijin buat comment ya....
ditunggu kunjungan baliknya..

obat tradisional kanker payudara mengatakan...

artikelnya bermanfaat ne jadi tau gejala2nya,cara pencegahan dan cara pengobatannya,...
maksih ya..

obat tradisional stroke mengatakan...

thx ya uda berbagi soal dbd ini....tambah ilmu lagi d...
mantap..

obat tradisional gagal ginjal mengatakan...

memang harus lebih sadar ne sama penyakit yang satu ini, karena mematikan....

obat hiv aids mengatakan...

makasih ya uda berbagi masalah dbd ini...
memang untuk penyakit ini harus lebih disadari lagi supaya bisa terhindar dari penyakit ini...

obat tradisional kista mengatakan...

nyamuk aedes ini harus dibasmi supaya ga ada lagi dbd...

obat sinusitis mengatakan...

kalau ada air yang menggenang langsung kuras aja, jangan mpe nyamuknya berkembang biak....

obat penyakit ginjal mengatakan...

berantas dbd dengan lebih menyadari akan dbd ini...
sukses terus ya buat blognya....
makasih...

obat alami batu ginjal mengatakan...

penyakit yang berbahaya jadi marilah kita bersama2 lebih sadar lagi akan dbd ini....

obat tradisional tbc mengatakan...

jadi tau ne gejala2nya dan cara2nya buat menanggulangi dbd ini...

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

inget 3M aja...supaya ga kena dbd.....
hehehehe..

obat jantung koroner mengatakan...

jangan lupa pake penangkal nyamuk kalau keluar rumah ya..
nice....

obat herbal kanker prostat mengatakan...

ayo sama-sama berantas penyakit dbd ini dengan lebih sadar akan penyakit ini....
mantap ne artikelnya...
thx ya.

obat herbal kanker serviks mengatakan...

harus lebih kenali lagi gejala2 dbd,

obat paru paru basah mengatakan...

jangan lupa pake penangkal nyamuk kalau keluar rumah ya..

obat gondok mengatakan...

inget 3M aja...supaya ga kena dbd.....
hehehehe..

obat lupus mengatakan...

jadi tau ne gejala2nya dan cara2nya buat menanggulangi dbd ini...

obat miom mengatakan...

sukses terus ya buat blognya

obat batu empedu mengatakan...

waspada soal dbd ini.....
thx

obat herbal kanker darah mengatakan...

bahaya memang ne dbd,,,,
thx ya...

obat herbal kanker hati mengatakan...

pake penangkal nyamuk ya kalau keluar rumah...
hehehehhe....

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

artikelnya bermanfaat ne...
makasih ya....

obat lupus mengatakan...

semoga dengan artikel ini jadi lebih bisa sadar ya sama dbd ini....makaih banyak ya...

xamthone plus mengatakan...

nice article about dbd..

obat asam urat mengatakan...

inget 3M aja...supaya ga kena dbd.

obat diabetes mengatakan...

harus lebih kenali lagi gejala2 dbd,

obat darah tinggi mengatakan...

kita harus kenali DBD

obat asma mengatakan...

pake penangkal nyamuk ya kalau keluar rumah.

obat sakit kepala mengatakan...

skrg banyak yang terjangkitDBD nih

obat kolesterol mengatakan...

waspada soal dbd ini...

obat wasir mengatakan...

pake penangkal nyamuk ya kalau keluar rumah...

obat kanker mengatakan...

jadi tau ne gejala2nya dan cara2nya buat menanggulangi dbd ini.

obat herbal kanker payudara mengatakan...

ayo sama-sama berantas penyakit dbd ini dengan lebih sadar akan penyakit ini.

obat penurun kolesterol mengatakan...

aku juga takut tuh sama nyamuk DBD...

obat herbal kanker hati mengatakan...

bgs bngt ie ada infonya gan..?!!

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

ajeb bngt ya,,,

Kirim bunga Banjarnegara gratis ongkos kirim mengatakan...

Selalu jaga kebersihan

xamthone plus mengatakan...

DBD memang sangat menakutkan.

obat asam urat mengatakan...

jangan sampai kena DBD.

obat diabetes mengatakan...

harus jaga lingkungan nie..

obat darah tinggi mengatakan...

mantab bngt nie infonya.

obat asma mengatakan...

top ya infonya.

obat sakit kepala mengatakan...

Nyamuk Aedes aegypti merupakan pembawa virus dari penyakit DBD.

obat kolesterol mengatakan...

Kebiasaan dari nyamuk ini adalah dia senang berada di genangan air bersih dan di daerah yang banyak pohon seperti di taman atau kebun.

obat wasir mengatakan...

DBD biasa menyerang saat musim penghujan.

obat kanker mengatakan...

DBD memang menyeramkan ya..

obat herbal kanker payudara mengatakan...

artikelnya bgs bngt ya bro.

obat stroke mengatakan...

nyamuk aedes ini harus dibasmi supaya ga ada lagi dbd...

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

DBD memang menyeramkan ya..

obat hiv mengatakan...

artikelnya bgs bngt ya bro.

obat kista mengatakan...

Selalu jaga kebersihan

obat sinusitis mengatakan...

mantab bngt nie infonya.

tour and travel murah mengatakan...

sukses terus buat blognya.. :D

obat ginjal mengatakan...

kalau keluar pake anti nyamuk makanya supaya bisa mengurangi bahaya kena dbd

obat batu ginjal mengatakan...

artikelnya bgs bngt ya bro

obat tbc mengatakan...

nyamuk aedes ini harus dibasmi supaya ga ada lagi dbd

obat hepatitis mengatakan...

harus jaga lingkungan nie..

obat jantung koroner mengatakan...

DBD memang menyeramkan ya..

obat herbal kanker prostat mengatakan...

DBD memang menyeramkan ya..

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

memang untuk dbd ini kita harus lebih menyadari lagi untuk gejala2nya apalagi kalau kena ke anak kecil bisa bahaya banget..

obat batu empedu mengatakan...

inget 3M aja...supaya ga kena dbd.

obat leukimia mengatakan...

memang untuk dbd ini kita harus lebih menyadari lagi untuk gejala2nya apalagi kalau kena ke anak kecil bisa bahaya banget.

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

nyamuk aedes ini harus dibasmi supaya ga ada lagi dbd.

agen sbobet mengatakan...

sukses terus ya buat blognya

agen bola mengatakan...

sadar dari sekarang deh gan

agen bola mengatakan...

wah pernah kena ne gejala dbd, untung masih gejala jadi dirawat 1 minggu di RS...

obat stroke mengatakan...

Cara penyebarannya melalui nyamuk yang menggigit seseorang yang sudah terinfeksi virus demam berdarah.

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

jangan sampe deh...

obat hiv mengatakan...

Nyamuk demam berdarah ini memiliki siklus hidup yang berbeda dari nyamuk biasa.

obat kista mengatakan...

menakutkan.

obat herbal sinusitis mengatakan...

info menarik.

Travel umroh mengatakan...

hrus waspada dengan DBD,krna di komplek tempat tnggal say pernah sampa DBd KLB,karna banyak yang kena

Digital Areas mengatakan...

lebih sadar DBD dengan melakukan 3M,, menguras, mengubur, yang 1 nya lagi lupa apaan wkwkwk

obat ginjal mengatakan...

Wabah demam berdarah yang menarik perhatian dunia pertama kali muncul di Manila pada tahun 1954.

obat batu ginjal mengatakan...

Virus ini akan terbawa dalam kelenjar ludah si nyamuk...

obat tbc mengatakan...

Hal yang terbaik adalah mencegah agar tidak ada anggota keluarga yang terkena DBD.

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

mencegah lbh baik daripada mengobati hihihi...

obat hepatitis mengatakan...

nyamuk lg merajalela nie di jakarta..mencari mangsa hahahhaah..

obat jantung koroner mengatakan...

berhati-hatilah terhadap gigitan nyamuk pada siang hari dan cegah nyamuk ini menggigit anak yang sedang tidur siang.

obat herbal kanker prostat mengatakan...

virus demam berdarah juga berpindah ke orang tersebut dan menyebabkan orang sehat tadi terinfeksi virus demam berdarah.

obat batu empedu mengatakan...

virus DBD memang sangat berbahaya.

obat leukemia mengatakan...

sangat bermanfaat bngt..

agen xamthone plus mengatakan...

tq bngt ya gan infonya.

bisnis online gratis mengatakan...

thanks gan infonya

bisnis online gratis mengatakan...

keren gan ..
makasih infonya ya gan..

sedot wc jakarta mengatakan...

jaga terus kebersihan lingkungan di sekitar anda...
mksih gan info nya, sya tunggu info selanjut nya

Poskan Komentar