Lebih Kenal dengan Iklim

Bumi kita senantiasa diselimuti oleh udara. Udara yang menyelimuti bumi disebut dengan Atmosfer yang teridiri dari Gas. Atmosfer berdasarkan temperaturnya terdiri dari beberapa lapisan, yaitu Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer, dan Eksosfer. Perubahan Cuaca dan iklim terjadi pada lapisan Troposfer yang memiliki ketinggian lapisan di khatulistiwa mencapai 19 km dan di atas kutub mencapai ketinggian 8 km, ketinggian rata-rata 11 km  dari permukaan bumi.

Perubahan cuaca dan iklim dipengaruhi oleh unsur: temperatur Tekanan, Kelembaban, angin, awan, dan curah hujan. Pengertian cuaca adalah rata-rata udara di suatu tempat uang terbatas dan relatif sempit, sedangkan Iklim adalah keadaan rata cuaca di satu daerah yang cukup luas dan dalam kurun waktu yang cukup lama. Iklim dunia dikelompokan berdasarkan berdasarkan garis lintang dan garis bujur serta suhu.
Jenis iklim dunia sebagai berikut :
  1. Iklim Dingin
  2. Iklim Pegunungan
  3. Iklim Artik Kutub
  4. Iklim Sedang Dingin
  5. Iklim Gurun
Iklim Matahari
Yaitu iklim yang didasarkan atas perbedaan panas matahari yang diterima permukaan bumi. Daerah-daerah yang berada pada lintang tinggi lebih sedikit memperoleh sinar matahari, sedangkan daerah yang terletak pada lintang rendah lebih banyak menerima sinar matahari, berdasarkan iklim matahari terbagi menjadi: iklim tropik; iklim sub tropik; iklim sedang dan iklim dingin.

Iklim Koppen
Wladimir Koppen seorang ahli berkebangsaan Jerman membagi iklim berdasarkan curah hujan dan temperatur menjadi lima tipe iklim :

  1. Iklim A, yaitu iklim hujan tropis, dengan ciri temperatur bulanan rata-rata lebih dari 18 oC, suhu tahunan 20 oC – 25 oC dengan curah hujan bulanan lebih dari 60 mm.
  2. Iklim B, yaitu iklim kering/gurun
    Dengan ciri curah hujan lebih kecil daripada penguapan, daerah ini terbagi menjadi Iklim stepa dan gurun.
  3. Iklim C, yaitu iklim sedang basah
    Dengan ciri temperatur bulan terdingin -3 oC - 18 oC, daerah ini terbagai menjadi :
    Cs  (iklim sedang laut dengan musim panas yang kering)
    Cw (iklim sedang laut dengan musim dingin yang kering)
    Cf  (iklim sedang darat dengan hujan dalam semua bulan)
  4. Iklim D, yaitu iklim dingin
    Dengan ciri temperatur  bulan terdingin kurang dari 3 oC dan temperatur bulan terpanas lebih dari 10 oC, daerah ini terbagi menjadi Dw, Df
    • Dw adalah iklim sedang (darat) dengan musim dingin yang  kering
    • Df adalah iklim sedang (darat) dengan musim dingin yang lembab.
  5. Iklim E, yaitu iklim kutub.
    Dengan ciri bulan terpanas temperaturnya kurang dari 10 oC Daerah ini terbagi menjadi :
    • ET Iklim tundra
    • DF Iklim salju
Iklim Schamidt - Ferguson
Schmidt dan Ferguson membagi iklim berdasarkan banyaknya curah hujan pada tiap bulan yang dirumuskan sebagai berikut :

Di Indonesia terbagi menjadi 8 tipe Iklim :

A. kategori sangat basah, nilai Q = 0 – 14,3 %

B. kategori basah, nilai Q = 14,3 – 33,3 %

C. kategori agak basah nilai Q 33,3 – 60 %

D. kategori sedang, nilai Q = 60 – 100 %

E. kategori agak kering, nilai Q = 100 – 167 %

F. kategori kering, nilai Q = 167 – 300 %

G. kategori sangat kering, nilai Q = 300 – 700 %

H. kategori luar biasa kering, nilai Q = lebih dari 700 %

Klasifikasi Iklim Oldeman
Oldeman membagi iklim menjadi 5 tipe iklim yaitu :
  • Iklim A. Iklim yang memiliki bulan basah lebih dari 9 kali berturut-turut
  • Iklim B. Iklim yang memiliki bulan basah 7-9 kali berturut-turut
  • Iklim C. Iklim yang memiliki bulan basah 5-6 kali berturut-turut
  • Iklim D. Iklim yang memiliki bulan basah 3-4 kali berturut-turut
berdasarkan urutan bulan basah dan kering dengan ketententuan tertentu diurutkan sebagai berikut:
  1. Bulan basah bila curah hujan lebih dari 200 mm
  2. Bulan lembab bila curah hujan 100 – 200 mm
  3. Bulan kering bila curah hujan kurang dari 100 mm 
A : Jika terdapat lebih dari 9 bulan basah berurutan.

B : Jika terdapat 7 – 9 bulan basah berurutan.

C : Jika terdapat 5 – 6 bulan basah berurutan.

D : Jika terdapat 3 – 4 bulan basah berurutan.

E : Jika terdapat kurang dari 3 bulan basah berurutan.
Pada dasarnya Kriteria bulan basah dan bulan kering yang dipakai Oldeman berbeda dengan yang digunakan oleh Koppen atau pun Schmidt – Ferguson Bulan basah yang digunakan Oldeman adalah sebagai berikut: Bulan basah apabila curah hujan lebih dari 200 mm. Bulan lembab apabila curah hujannya 100 - 200 mm. Bulan kering apabila curah hujannya kurang dari 100 mm.

Klasifikasi Iklim Junghunh
Pembagian iklim didasarkan pada ketinggian tempat yang ditandai dengan jenis vegetasi, zone iklimnya adalah terbagi lima zone:

Zone iklim panas.Ketinggian 0 – 700 m, suhu rata-rata tahunan lebih 22 C ( padi, jagung, tebu dan kelapa).
  1. Zone iklim sedang.Ketinggian 700-1500m, suhu rata-rata tahunan antara 15 – 22 C ( kopi, the, kina dan karet).
  2. Zone iklim sejuk.Ketinggian.1500 – 2500, suhu rata-rata tahunan 11 C – 15 C (cocok tanaman holtikultura).
  3. Zone iklim dingin.Ketinggian 2500 – 400m, dengan suhu rata-rata tahunan 11 C (zone ini tumbuhan yang ada berupa lumut).
  4. Zone iklim salju tropis. Ketinggian lebih dari 400m dari permukaan laut, di daerah ini tidak terdapat tumbuhan.
Daerah Konvergesi Antara Tropik dan Daerah Doldrum
Daerah konvergensi adalah daerah pertemuan dua angin dari arah yang berlawanan, kemudian udaranya bergerak ke atas.
Di daerah tropis bertiup angin pasat timur laut dan pasat tenggara yang berhembus dari daerah maksimum subtropik menuju ke minimum ekuator dan kemudian bertumbukan. Daerah tumbukan kedua angin tersebut merupakan daerah pemanasan, kemudian memuai dan bergerak ke atas angin bergerak menuju ke satu titik lalu bergerak keatas disebut Konvergensi. Tempat terjadinya konvergensi disebut Daerah konvergensi antar tropik
Pada umumnya di suatu tempat suhu tinggi tekanan di atas wilayah itu rendah,dalam rangka memperoleh keseimbangan, udara yang bertekanan tinggi  bergerak ke tekanan lebih rendah. Akibatnya  pantai barat Sumatera dan Aceh sampai Bengkulu memperoleh hujan terbanyak pada bulan  Nopember, sedangkan Lampung pada bulan Desember.
Mulai pantai utara Jawa,Bali, NTB, NTT memperoleh hujan paling banyak pada bulan Januari, sedangkan Sumba, Timor mendapat hujan paling banyak terjadi pada bulan Februari. Karena daerah bertekanan rendah juga bersuhu tinggi
Maka gerakan udara dari yang bertekanan tinggi ke daerah bertekanan rendah disertai oleh gerakan udara naik, sebagai akibat persamaan. Gerakan udara naik menyebabkan turunya suhu udara tadi, Menurunya suhu akibat grakan DKAT, maka sebagian uap yang dikandung akan jatuh sebagai hujan Pada lokasi yang udaranya bergerak ke atas dapat dikatakan angin sangat tenang artinya gerakan secara horizontal kecil. Wilayah tenang di daerah tropis ini disebut daerah Doldrums. Daerahnya adalah terletak antara 10 o LU dan 10 o LS.

Daerah Persebaran Hujan
Pola curah hujan di Indonesia Secara Astronomis Indonesia terletak diatara 6º Lu dan 11º Ls dan sebagian besar berada di sekitar khatulistiwa dan memiliki curah hujan yang cukup besar terutama di Indonesia bagian barat, dengan rata curah hujannya 2.000 – 3.000.m/tahun dan semakin ke arah timur curah hujannya semakin kecil kecuali Maluku dan Papua.
Daerah yang paling banyak mendapatkan curah hujan adalah Batu Raden Jawa Tengah yaitu 7.069 m/ tahun, sedangkan yang paling sedikit mendapatkan curah hujan adalah Palu yaitu hanya 547 m/tahun
Curah hujan di Indonesia tidak terlepas dipengaruhi oleh angin muson barat dan angin muson timur. Angin muson barat pada bulan Januari tekanan udara tinggi berada di atas Asia sedangkan tekanan rendah berada di atas Australia, angin ini berhembus di atas Lautan Pasifik banyak membawa uap air dan akhirnya menurunkan hujan di wilayah Indonesia bagian barat dan berlangsung antara bulan Oktober – April (musim hujan )
Angin muson timur berhembus dari arah timur pada bula Juli. Tekan udara tinggi berada di atas Australia dan tekanan rendah berada di wilayah Asia, angin ini berhembus melalui banyak daratan daerah laut yang dilaluinya sedikit sekali sehingga udara yang berhembus tidak terlalu banyak mengandung uap air oleh sebab itu hujanya sedikit dan berhembus pada bulan April – Oktober, dan terjadilah di Indonesia musim kemarau.

113 komentar:

Berita Honda mengatakan...

Mantaapppp Gan,. ,. Betul Gan,. Emang iklim Sekarang Begitu Gan,. ,m.

obat tradisional diabetes melitus mengatakan...

iklim kan cuaca ???

cara mengobati diabetes melitus mengatakan...

mari kenali jenis iklim yang ada di dunia hehe

cara mengobati stroke mengatakan...

mksih untuk share nya sangat berguna dan bermanfaat...

cara mengobati kanker payudara mengatakan...

sangat stuju gan..
memang sangat bepengaruh sih

agen xamthone plus mengatakan...

mari kita kenali jenis iklim yang ada di indonesia

obat alternatif glaukoma mengatakan...

mari ktia kenali deh dari sekarang

obat herbal asam urat mengatakan...

coba di kenali deh

cara alami mengobati tbc mengatakan...

dikenali ,,,,,emang kita harus mngetahui karena itu sangat penting sekali

obat batu empedu mengatakan...

wah menambah wawasan ne..

obat herbal kanker darah mengatakan...

coba untuk bisa lebih mengenali iklim.....

obat herbal kanker hati mengatakan...

makasih ya buat artikelnya....

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

iklim kadang berubah2, jadi mungkin sulit juga untuk mengenali iklimnya...

obat lupus mengatakan...

kalau iklimnya bisa dikenali bisa jadi peramal berita yang handal donk.....
mantap...

obat miom mengatakan...

marilah kita lebih mengenal iklim..
nice share...

obat trigliserida mengatakan...

lengkap banget ne artikelnya....keren..

obat jantung bengkak mengatakan...

makasih ya infonya, jadi lebih mengenal iklim ne....

obat jantung bocor mengatakan...

iklim sekarang suka berubah2 karena adanya perbedaan cuaca jadi susah juga ya untuk mengetahui sedang berada di iklim apa....

obat flek paru paru mengatakan...

maksaih ya uda berbagi sedikit ilmunya...
artikel yang sangat bermanfaat....

xamthone plus mengatakan...

iklim memang berpengaruh penting buat kehidupan..
makasih ya uda share...

Obat tradisional asam urat mengatakan...

thx ya uda share info iklimnya...

obat tradisional diabetes mengatakan...

untuk yang suka mancing bermanfaat banget ne,jadi bisa tau soal perubahan iklimnya...
keren...

obat tradisional keputihan mengatakan...

ijin comment ya gan....
makasih ya buat artikelnya..

obat tradisional darah tinggi mengatakan...

it's a good article...
thx ya..

obat tradisional asma mengatakan...

marilah kita lebih mengenal iklim...

obat tradisional kolesterol mengatakan...

maksih ya uda mengenalkan iklimnya...

obat ambeien tradisional mengatakan...

iklim ini berguna banget ne buat mancing....
hehehehhe...

obat tradisional kanker payudara mengatakan...

iklim sekarang suka berubah2 sob, susah juga ya buat mengenal iklim kalau memang berubah2 trus...
maksih ya buat infonya...

obat tradisional stroke mengatakan...

penjelasannya lengkap banget ne.....
makasih ya uda berbagi infonya...

obat tradisional gagal ginjal mengatakan...

marilah kita lebih mengenali iklim...
nice share....

obat hiv aids mengatakan...

thx for sharing..

obat tradisional kista mengatakan...

sip d sob...
memang perlu untuk lebih mengenal iklim....

obat sinusitis mengatakan...

iklim itu = cuaca ya????

obat penyakit ginjal mengatakan...

terima kasih buat artikelnya ya...
sangat bermanfaat ne...

obat herbal kanker prostat mengatakan...

iklim itu = cuaca ya????

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

thx for sharing.

obat batu empedu mengatakan...

terima kasih buat artikelnya ya...

obat leukimia mengatakan...

sangat bermanfaat ne...

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

iklim ini berguna banget ne buat mancing....
hehehehhe...

obat alami batu ginjal mengatakan...

marilah kita lebih kenal dengan iklim,....
makasih ya artikelnya...

obat tradisional tbc mengatakan...

berguna ne buat saya terutama untuk iklamnya...
makasih ya...

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

iklim sekarang uda sering berubah2 ya........
jadi lebih kenal lagi dengan iklim...makasih ya...

obat jantung koroner mengatakan...

artikelnya bagus dan bermanfaat ne....
makasih ya..

obat herbal kanker prostat mengatakan...

sukses terus ya buat blognya...ditunggu lagi ya updatenya...
makasih ya....

Toko Bunga Online mengatakan...

Jadi ingin merasakan semua jenis iklim yang ada didunia ..... kapan ya kesampaian.

Travel umroh mengatakan...

makasih infonya gan,jd bisa waspada terhadap iklim

obat herbal kanker serviks mengatakan...

marilah kita lebih mengenali iklim..

obat paru paru basah mengatakan...

mksih untuk share nya sangat berguna dan bermanfaat.

obat gondok mengatakan...

.ditunggu lagi ya updatenya...

obat lupus mengatakan...

ijin comment ya gan..

obat miom mengatakan...

kalau iklimnya bisa dikenali bisa jadi peramal berita yang handal donk...

xamthone plus mengatakan...

iklim ini berguna banget ne buat mancing.

obat asam urat mengatakan...

berguna ne buat saya terutama untuk iklamnya...

obat diabetes mengatakan...

iklim itu = cuaca ya???

obat darah tinggi mengatakan...

marilah kita lebih kenal dengan iklim,..

obat asma mengatakan...

marilah kita lebih mengenal iklim.

obat jantung koroner mengatakan...

met pagi gan??

obat herbal kanker prostat mengatakan...

salam kenal ya gan..

obat batu empedu mengatakan...

jadi lbh tau nie tentang iklim...

obat leukemia mengatakan...

ilmu yg perlu diketahui...

agen xamthone plus mengatakan...

bgs nie buat disimak..

obat penurun kolesterol mengatakan...

ehhmmm,,lbh tau tentang iklim nie bro...

obat herbal kanker hati mengatakan...

lengkap ya bro.

obat leukimia mengatakan...

panjang bngt..

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

tq bngt infonya gan.

xamthone plus mengatakan...

Perubahan cuaca dan iklim dipengaruhi oleh unsur: temperatur Tekanan, Kelembaban, angin, awan, dan curah hujan,setuju bngt ...

obat asam urat mengatakan...

cuaca skrg aj gak menentu bngt..

obat diabetes mengatakan...

kaya pelajaran anak sd nie hehe...

obat darah tinggi mengatakan...

paham ane bro...

obat asma mengatakan...

sipp deh.

obat sakit kepala mengatakan...

iklim memang berpengaruh penting buat kehidupan..
makasih ya uda share..

obat kolesterol mengatakan...

kaya pelajaran anak sd nie hehe...

obat wasir mengatakan...

cuaca skrg aj gak menentu bngt..

obat kanker mengatakan...

tq bngt infonya gan.

obat herbal kanker payudara mengatakan...

bgs nie buat disimak..

sewa mobil murah mengatakan...

thanks atas infonya yah gan..

iklan baris gratis mengatakan...

ditunggu postingan bermanfaat berikutnya kawan..

obat stroke mengatakan...

marilah kita lebih mengenali iklim..

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

terima kasih buat artikelnya ya..

obat hiv mengatakan...

kalau iklimnya bisa dikenali bisa jadi peramal berita yang handal donk.....
mantap...

obat kista mengatakan...

iklim kadang berubah2, jadi mungkin sulit juga untuk mengenali iklimnya..

obat sinusitis mengatakan...

iklim sekarang suka berubah2 karena adanya perbedaan cuaca jadi susah juga ya untuk mengetahui sedang berada di iklim apa

obat ginjal mengatakan...

iklim ini berguna banget ne buat mancing....
hehehehhe.

obat batu ginjal mengatakan...

iklim itu = cuaca ya??

obat tbc mengatakan...

sangat stuju gan..
memang sangat bepengaruh sih

obat hepatitis mengatakan...

thanks atas infonya yah gan.

obat jantung koroner mengatakan...

untuk yang suka mancing bermanfaat banget ne,jadi bisa tau soal perubahan iklimnya.

agen bola mengatakan...

berguna ne buat saya terutama untuk iklamnya...

casino sbobet mengatakan...

lengkap banget ne artikelnya....keren..

agen sbobet mengatakan...

untuk yang suka mancing bermanfaat banget ne,jadi bisa tau soal perubahan iklimnya...
keren...

obat sakit kepala mengatakan...

Udara yang menyelimuti bumi disebut dengan Atmosfer yang teridiri dari Gas.

obat kolesterol mengatakan...

Perubahan Cuaca dan iklim terjadi pada lapisan Troposfer yang memiliki ketinggian lapisan di khatulistiwa mencapai 19 km dan di atas kutub mencapai ketinggian 8 km, ketinggian rata-rata 11 km dari permukaan bumi.

obat wasir mengatakan...

iklim skrg memang berubah..

obat kanker mengatakan...

Daerah konvergensi adalah daerah pertemuan dua angin dari arah yang berlawanan, kemudian udaranya bergerak ke atas.

obat herbal kanker payudara mengatakan...

Pola curah hujan di Indonesia Secara Astronomis Indonesia terletak diatara 6º Lu dan 11º Ls dan sebagian besar berada di sekitar khatulistiwa dan memiliki curah hujan yang cukup besar terutama di Indonesia bagian barat, dengan rata curah hujannya 2.000 – 3.000.m/tahun dan semakin ke arah timur curah hujannya semakin kecil kecuali Maluku dan Papua.

Digital Areas mengatakan...

oke deh,, thanks yah gan.. sekarang aku jadi tau nih mengenai iklim

obat stroke mengatakan...

Angin muson timur berhembus dari arah timur pada bula Juli. Tekan udara tinggi berada di atas Australia dan tekanan rendah berada di wilayah Asia, angin ini berhembus melalui banyak daratan daerah laut yang dilaluinya sedikit sekali sehingga udara yang berhembus tidak terlalu banyak mengandung uap air oleh sebab itu hujanya sedikit dan berhembus pada bulan April – Oktober, dan terjadilah di Indonesia musim kemarau.

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

Iklim adalah keadaan rata cuaca di satu daerah yang cukup luas dan dalam kurun waktu yang cukup lama.

obat hiv mengatakan...

Daerah konvergensi adalah daerah pertemuan dua angin dari arah yang berlawanan, kemudian udaranya bergerak ke atas.

obat kista mengatakan...

bahas angin seru juga nie..

obat herbal sinusitis mengatakan...

menambah ilmu baru gan..bagus.

obat ginjal mengatakan...

bgs nie,lbh bisa kenal dgn iklim

obat batu ginjal mengatakan...

semoga bermanfaat buat para blogermania ya.

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

nice article bro.

obat hepatitis mengatakan...

nice info bro..mantab abizz....

klik saja disini mengatakan...

lengkap sekali bahasan tentang iklimnya, terimakasih ya sob!

Aussie mengatakan...

makasih buat sharing infonya

cara mencegah kanker payudara mengatakan...

lengkap sekali pembahasan tentang iklimnya, terimakasih banyak sob!

bisnis online gratis mengatakan...

thanks gan infonya

bisnis online gratis mengatakan...

keren gan ..
makasih infonya ya gan..

bimbel ilmci mengatakan...

makasih atas informasinya

bimbel online mengatakan...

terima kasih atas informasinya

bimbel online jakarta mengatakan...

terima kasih atas informasinya

Poskan Komentar