Dunia Tanpa Nyamuk?


Tidak bisa dipungkiri bahwa hewan mungil penghisap darah manusia yang dikenal dengan nama nyamuk itu cukup meresahkan manusia. Gigitan nyamuk membuat gatal dan merah kulit kita, bahkan gigitan nyamuk spesies tertentu bisa menyebabkan kita sakit. Apa jadinya ya jika dunia ini tidak ada nyamuk sama sekali, apakah bisa membuat manusia benar benar nyaman karena sudah tidak ada yang menggigit kulitnya? ataukah malah akan merusak ekosistem yang ada di bumi ini? Karena bagaimana pun juga nyamuk adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Mengetahui, dan juga Maha Pintar, pasti ada alasan tersendiri kenapa Tuhan menciptakan nyamuk.
Banyak ilmuan berpendapat bahwa nyamuk sangat berperan sekali dalam menjaga keseimbangan ekosistem di bumi ini, namun ada juga ilmuan yang berpendapat bahwa beberapa spesies nyamuk tidak terlalu berpengaruh pada keseimbangan ekosistem, dan menegaskan bahwa nyamuk harus dimusnahkan dari muka bumi ini. Perbedaan pendapat memang hal yang wajar, karena kalau pendapat selalu sama apa jadinya dunia ini? cobalah simak sedikit artikel di bawah ini, agar lebih memahami peran nyamuk bagi ekosistem di bumi ini.

Vonis Mati Untuk Nyamuk
Dari 3500 spesies nyamuk, hanya ratusan spesies diantaranya yang berbahaya bagi manusia. Nyamuk jantan dewasa menggantungkan diri pada nektar sebagai energi. Hanya sang betina saja yang menghisap darah untuk mendapatkan protein unttuk bertelur. Tanpa nyamuk, ribuan tanaman akan kehilangan penyerbuk. Akan tetapi, hal ini tak menghalangi suara bulat para ilmuwan untuk mengetok palu vonis mati untuk nyamuk.
“ Bila ada manfaat untuk membiarkan mereka ada disekitar kita, kita akan menemukan cara untuk mengeksploitasinya”, ujar McAllister, “ Kami tidak menginginkan apapun dari nyamuk selain menyingkirkan mreka”, lanjutnya.
Para ilmuwan meyakini bahwa “bekas luka” akibat hilangnya spesies nyamuk dalam ekosistem dapat pulih setelah posisinya ditempati oleh spesies lain. “Sebuah dunia tanpa nyamuk barangkali akan lebih aman bagi kita semua”, ujar Carlos Brisola Marcondes dari Universityof Santa Catarina di Brazil menyudahi semua perbantahan yang ada.

Dilema Dunia Tanpa Nyamuk
Dari 3500 spesies yang dinamakan nyamuk., hanya seratusan spesies yang menggigit manusia. Mereka tersebar di segala benua dan ekosistem, juga menjalankan fungsi penting bagi lingkungan. Ada yang berpendapat bahwa membunuh spesies ini secara massal akan membuat para predatornya kelaparan dan tanaman akan kehilangan penyerbuk.
Eliminasi spesies nyamuk barangkali akan menyebabkan perbedaan besar pada kutub utara, rumah para nyamuk Aedes impiger dan Aedes nigripes. Dari Kanada utara ke Rusia, kumpulan nyamuk ini cukup banyak untuk membentuk semacam awan yang tipis. “ Ini merupakan hal yang sangat langka terjadi. “, ujar Daniel Strickman,”Ditempat lain, mereka tidak muncul dalam jumlah massal sebesar itu”
Bruce Harrison memperkirakan bahwa jumlah burung imigran yang bertelur di daerah tundra akan menurun drastis lebih dari 50% jika tak ada lagi nyamuk yang tersedia sebagai makanan. Namun Cathy Curby, seorang ahli kehidupan liar membantah hal tersebut. Ia menyatakan bahwa tidak banyak nyamuk yang mereka dapatkan dari perut burung tersebut.
Pada tahun 1974, ahli ekologi John Addicott dari University of Calgary mempublikasikan struktur predator dan mangsa pada tanaman pelontar Larva nyamuk merupakan anggota yang penting dari komunitas sempit di kolam super mungil bervolume 25-100 ml dari tanamanSarracenia purpurea di pantai timur Amerika utara. Hanya spesies nyamuk Wyeomyia smithi dan Metriocnemus knabi yang tinggal bersama disana bersama-sama dengan bakteri dan hewan bersel satu. Ketika serangga lainnya tenggelam, nyamuk ini akan memakan bangkainya sementara larva akan mengolah sisa bangkai tersebut menjadi nitrogen yang diperlukan tanaman. Dalam kasus ini, nyamuk mungkin akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman.
Alasan yang kuat untuk mempertahankan nyamuk mungkin ditemukan bila mereka menyediakan pelayanan ekosistem yang berguna pada alam dan manusia. Dina Fonseca dari RutgersUniversity menunjukkan perbandingan antara serangga kecil yang mengigit, ceratopogonid dari famili Ceratopogonidae, dengan mahkluk super mungil lainnya yang juga menggigit manusia seperti virus , hewan ber sel satu dan cacing . Karena mereka menjadi penyerbuk utama tanaman coklat, menghapus ras mereka sama saja dengan membuat dunia tanpa coklat.
Bagaimana kawan? nyamuk yang kita kira hanya meresahkan manusia ternyata juga memiliki peran yang sangat penting bagi ekosistem ? Meskipun nyamuk itu meresahkan karena sering mengigit manusia, tapi kan manusia dianugrahi dengan banyak sekali kelebihan oleh Tuhan, sangat mudah bagi manusia untuk terhindar dari gigitan nyamuk asalkan mau berpikir dan bertindak. Jadi tidak perlu lah memikirkan bagaimana menghilangkan nyamuk dari muka bumi ini.

Sumber: http://ridwanaz.com/

128 komentar:

agen xamthone plus bandung mengatakan...

dunia tanpa nyamuk.....

mantaap gk ada bentol...

xamthone plus mengatakan...

yapss, di muka bumi ini ga ada yang tidak bermanfaat klo kita dapat berfikir secara kritis..
semuanya ada hikmahnya.. :)

bisnis online daftar gratis bonus jutaan rupiah mengatakan...

setiap makhluk di ciptakan ada guna nya

chute mengatakan...

Mungkin kLo ga ada nyamuk ga bkal ada yg bentol" lgi....!!!!

obat tradisional asam urat mengatakan...

nyamuk?????


bgus donk klw gk ada nyamuk...

obat tradisional gagal ginjal mengatakan...

dunia tanpa nyamuk hampa banyak orang-orang yang kerugian, karena dengan adanya nyamuk sekarang bvanyak orang-orang yang mendapatkan penghasilan dari obat nyamuk. salam kenal dan terimakasih gan atas infonya yang sangat bermanfaat.

obat tradisional gagal ginjal mengatakan...

stiap mahluk yang di ciptakan allah pasti ada gunanya,.!!

cubbi mengatakan...

bnr bgt smuanya pasti ada keuntungan dan kerugiannya jga. . .
jd seimbang kan. . .

Lowongan Kerja mengatakan...

bingung juga ya klo ga ada nyamuk...

obat herbal jantung koroner mengatakan...

klo nyamuk tidak ada bisa jadi rindu nich...
hehehehehee

obat herbal hepatitis mengatakan...

emg sich terkadang nyamuk juga sering bikin kita kesel..tp klo sampai musnah semuanya bisa berabe kan...

obat herbal stroke mengatakan...

nyamuk juga ada yang berbahaya ada juga yang tidak kan!!

Obat Tradisional Penyakit Jantung mengatakan...

low nyamuk mati kasian cicak gan ga ada yang bisa di makan...

Cara Pemesanan Gamat Gold mengatakan...

ikhh,, g gatell2 lagii dong yahh ..
iya lakhh ,, nyamukk menyebalkan ,,

Iklan Jawa Pos mengatakan...

tapi kalo ga ada nyamuk perusahaan obat nyamuk banyak yang pada tutup dong?? hhi...

pengobatan tradisional stroke mengatakan...

klw dunia tanpa nyamuk
sepi juga untuk di malam hari haha

pengobatan tradisional infeksi saluran kemih mengatakan...

dunia tanpa nyamuk??
bagaikan sayur tanpa gula

obat penyakit stroke mengatakan...

gak ada lagi bentol donk ?

Alya Hanie mengatakan...

Allah sdh pst scr detail memikirkan apa yg menjadi ciptaan'a
tak ada 1 hal pun yg Dia ciptakan sia-sia
hnya manusia sja sbg ciptaan'a yg berfikir sempit ttng hsl dari ciptaanNya

Agen XAMthone Plus Jakarta pusat mengatakan...

dunia tanpa nyamuk ? pabrik obat nyamuk bisa bangkrut dong.

Obat Herbal Sifilis mengatakan...

dunia tanpa nyamuk bagaikan sayur tanpa penyedap..
wkwkwk

sewa mobil surabaya mengatakan...

kayaknya nggak bisa dunia tanpa nyamuk karena bisa juga tidak ada penyakit di dunia, atau bahakan juga nggak obat nyamuk di dunia ini

Cara Alami Mengobati liver mengatakan...

bahaya bnget niih yang namanya nymuk,,karen dari sedikit gigitannya dapat menyebabkan kematian

obat tradisional gagal ginjal mengatakan...

kalau ga ada nyamuk enak banget kali ya....

obat hiv aids mengatakan...

yang bahaya kalau nyamuk malaria tuh, bisa mpe mati kalau digigit...
serem..

obat tradisional kista mengatakan...

selama masih ada gorong2 dan selokan kayanya nyamuk ga akan bisa hilang,,,,

obat sinusitis mengatakan...

nyamuk juga bisa buat penyebaran serbuk bunga???wah baru tau ne...
makasih ya uda share..

obat penyakit ginjal mengatakan...

artikel yang menarik ne....
kalau ga ada nyamuk,enak banget ga ada bentol2 jadinya....
hehehhe...

obat alami batu ginjal mengatakan...

wah kalau ga ada nyamuk enak banget ga ada bentol2 lagi.....

obat tradisional tbc mengatakan...

nyamuk bahaya banget apalagi kalau yang membawa dbd....kalau ga ada nyamuk enak kali ya???

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

ternyata ada juga ya spesies nyamuk yang ga mengigit manusia....
maksih infonya..

obat jantung koroner mengatakan...

kalau memang bisa mempengaruhi ekosistem ya jangan sampai punah juga nyamuknya...
pake autan aja d biar ga bentol2...
hohohoho...

obat herbal kanker prostat mengatakan...

nice share sob....
keren postnya..

obat batu empedu mengatakan...

kalau ga ada nyamuk enak banget.......
hehehhee..

obat herbal kanker darah mengatakan...

kalau bisa merusak ekosistem bahaya juga ya..
mending cari cara biar ga digigit nyamuk aja d...

obat herbal kanker hati mengatakan...

Tuhan menciptakan semua makhluk pasti ada tujuannya...
makasih ya..

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

blogwalking dulu ya sob....

obat lupus mengatakan...

makasih ya uda berbagi info...
thx....nice article..

obat miom mengatakan...

dunia tanpa nyamuk ya.....
enak juga c jadi ga gatel2 lagi...
hehehhee...

obat trigliserida mengatakan...

kalau mengganggu ekosistem jangan d, nanti yang lainnya malah ga bisa berlangsung repot juga..
hehehehe....

obat jantung bengkak mengatakan...

yang harusnya ga ada tuh nyamuk yang menggigit manusia aja, biar ga ada bentol2 lagi...
hehehhehe...

obat jantung bocor mengatakan...

memang di dunia ini tidak ada yang bermanfaat satu sama lainnya, semua memang sudah diciptakan dan diperhitungkan....
keren...

obat flek paru paru mengatakan...

makasih buat informasinya ya..
sukses terus buat blognya...

xamthone plus mengatakan...

nyamuk memang binatang yang menyebalkan ya,tapi berguna juga buat ekosistem ne.....

Obat tradisional asam urat mengatakan...

nice article....

obat tradisional diabetes mengatakan...

nyamuk dbd dan malaria yang harus diberantas ne...bahaya soalnya....hehhehehe...

obat tradisional keputihan mengatakan...

makasih ya buat artikelnya....

obat tradisional darah tinggi mengatakan...

semoga sukses terus buat artikel2 selanjutnya ya....keren....

Masker Wajah mengatakan...

Mungkin kalau Nyamuk DBD dan malaria harus tetap dimusnahkan deh..

Aksesoris Hewan mengatakan...

Artikelnya nambah wawasan, kalau gak baca kita gak akan pernah tahu fungsi nyamuk buat ekosistem

Toko Tas Online mengatakan...

Tidak semua nyamuk di basmi tapi setuju tuh sama @Masker Wajah, kalau yang menimbulkan penyakit berbahaya ya basmi aja

obat stroke mengatakan...

Artikelnya nambah wawasan

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

semoga sukses terus buat artikel2 selanjutnya ya....keren....

obat hiv mengatakan...

makasih ya buat artikelnya.

obat kista mengatakan...

nice article..

obat sinusitis mengatakan...

semoga sukses terus buat artikel2

obat tradisional asma mengatakan...

wah ga ada nyamuk ya...
ga bentol lagi..

obat tradisional kolesterol mengatakan...

makasih ya buat postnya....
nice share...

obat ambeien tradisional mengatakan...

menambah wawasan lagi ne artikelnya...
makasih ya...

obat tradisional kanker payudara mengatakan...

kalau nyamuknya bisa dibasmi yang gigit manusia aja..apalagi aedes sama malaria tuh......
hehehhee,....

obat tradisional stroke mengatakan...

sukses terus ya buat blognya...
ditunggu updatenya..

obat ginjal mengatakan...

bnr bgt smuanya pasti ada keuntungan dan kerugiannya jga. . .
jd seimbang kan.

obat batu ginjal mengatakan...

Artikelnya nambah wawasan

obat tbc mengatakan...

semoga sukses terus buat artikel2 selanjutnya ya..

obat hepatitis mengatakan...

ikhh,, g gatell2 lagii dong yahh ..

obat jantung koroner mengatakan...

nyamuk juga ada yang berbahaya ada juga yang tidak kan!

obat stroke mengatakan...

hahh,,dunia tanpa nyamuk???gak mungkin ya bro..

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

kalo bisa gak ada nyamuk...boleh juga hehe..

obat hiv mengatakan...

aku sebel bngt sama nyamuk..

obat kista mengatakan...

panjang ya artikelnya,,

obat herbal sinusitis mengatakan...

info yg berguna nie..

tour and travel di surabaya mengatakan...

sukses terus buat blognya..

obat herbal kanker prostat mengatakan...

kayaknya nggak bisa dunia tanpa nyamuk karena bisa juga tidak ada penyakit di dunia, atau bahakan juga nggak obat nyamuk di dunia ini

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

kalau nyamuknya bisa dibasmi yang gigit manusia aja..apalagi aedes sama malaria tuh..

obat batu empedu mengatakan...

bnr bgt smuanya pasti ada keuntungan dan kerugiannya jga.

obat leukimia mengatakan...

aku sebel bngt sama nyamuk

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

semoga sukses terus buat artikel2 selanjutnya ya

obat ginjal mengatakan...

Gigitan nyamuk membuat gatal dan merah kulit kita,apalagi bentolnya yg gede.

obat batu ginjal mengatakan...

bisa gak sih dunia ini tanpa nyamuk...

obat tbc mengatakan...

nyamuk memang menjengkelkan...

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

aku sebel bngt nyamuk....

obat hepatitis mengatakan...

nyamuk menyebalkan..

zul mengatakan...

Hallo,,

Makasih atas infonya ya sobat,, bermanfaat bangett infonya


sukses slalu

obat jantung koroner mengatakan...

Tidak bisa dipungkiri bahwa hewan mungil penghisap darah manusia yang dikenal dengan nama nyamuk itu cukup meresahkan manusia.

obat herbal kanker prostat mengatakan...

nyamuk memang bikin kesel.

obat batu empedu mengatakan...

nyamuk memang harus diberantas.

obat leukemia mengatakan...

harus diberantas hahaahha...

agen xamthone plus mengatakan...

sepp deh..maju terus!!

obat herbal kanker serviks mengatakan...

nyamuk memang bikin kesel.

obat paru paru basah mengatakan...

harus diberantas hahaahha...

obat gondok mengatakan...

semoga sukses terus buat artikel2 selanjutnya ya

obat lupus mengatakan...

Gigitan nyamuk membuat gatal dan merah kulit kita,apalagi bentolnya yg gede.

obat miom mengatakan...

bahaya bnget niih yang namanya nymuk,

xamthone plus mengatakan...

emg sich terkadang nyamuk juga sering bikin kita kesel..tp klo sampai musnah semuanya bisa berabe kan

obat asam urat mengatakan...

harus diberantas hahaahha..

obat diabetes mengatakan...

harus diberantas hahaahha...

obat darah tinggi mengatakan...

yang harusnya ga ada tuh nyamuk yang menggigit manusia aja, biar ga ada bentol2 lagi..

obat asma mengatakan...

yang bahaya kalau nyamuk malaria tuh, bisa mpe mati kalau digigit..

obat sakit kepala mengatakan...

sepp deh..maju terus!!

obat kolesterol mengatakan...

yang harusnya ga ada tuh nyamuk yang menggigit manusia aja, biar ga ada bentol2 lagi..

obat wasir mengatakan...

nyamuk juga bisa buat penyebaran serbuk bunga???wah baru tau ne...
makasih ya uda share.

obat kanker mengatakan...

bnr bgt smuanya pasti ada keuntungan dan kerugiannya jga

casino sbobet mengatakan...

wah kalau ga ada nyamuk enak banget ga ada bentol2 lagi.....

agen ibcbet mengatakan...

harus diberantas hahaahha...

agen ibcbet mengatakan...

aku sebel bngt sama nyamuk

obat penurun kolesterol mengatakan...

Tidak bisa dipungkiri bahwa hewan mungil penghisap darah manusia yang dikenal dengan nama nyamuk itu cukup meresahkan manusia.

obat herbal kanker hati mengatakan...

Karena bagaimana pun juga nyamuk adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Mengetahui, dan juga Maha Pintar, pasti ada alasan tersendiri kenapa Tuhan menciptakan nyamuk.

obat leukimia mengatakan...

“ Ini merupakan hal yang sangat langka terjadi. “, ujar Daniel Strickman,”Ditempat lain, mereka tidak muncul dalam jumlah massal sebesar itu”

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

Nyamuk jantan dewasa menggantungkan diri pada nektar sebagai energi.

Digital Areas mengatakan...

nyamuk itu udah abgian dari ekosistem alam gan.. jadi biarin aja begitu adanya..

xamthone plus mengatakan...

'' Bila ada manfaat untuk membiarkan mereka ada disekitar kita, kita akan menemukan cara untuk mengeksploitasinya”,

obat asam urat mengatakan...

nyamuk sangat mengganggu kehidupan..

obat diabetes mengatakan...

nyamuk memang membuat gigitan yg menyakitkan..

obat darah tinggi mengatakan...

skrg uda jarang ada semprotan nyamuk ya.

obat asma mengatakan...

info yg bermanfaat nie gan..

obat sakit kepala mengatakan...

dunia tanpa nyamuk..gak mungkin bngt.

obat kolesterol mengatakan...

nyamuk sangat menyebalkan bngt.

obat wasir mengatakan...

Meskipun nyamuk itu meresahkan karena sering mengigit manusia, tapi kan manusia dianugrahi dengan banyak sekali kelebihan oleh Tuhan, sangat mudah bagi manusia untuk terhindar dari gigitan nyamuk asalkan mau berpikir dan bertindak.

obat kanker mengatakan...

kasian juga ya nyamuk2nya.

obat herbal kanker payudara mengatakan...

makasih ya gan blognya.

karangan bunga mengatakan...

Nyamuk memang nakal...... he...he..., tapi jangan dimusnahkan dong

bisnis internet mengatakan...

dunia tanpa nyamuk bagus biar bisa tidur nyeyak ..

hotbis, klik disini mengatakan...

senang banget kalau tidak ada nyamuk bisa tidur nyenyak

klik disini mengatakan...

bisa tidur nyenyak kalau ga ada nyamuk..

bisnis online gratis mengatakan...

thanks gan infonya

bisnis online gratis mengatakan...

keren gan ..
makasih infonya ya gan..

bimbel online mengatakan...

makasih atas informasinya

bimbel ilmci mengatakan...

terima kasih atas informasinya

Poskan Komentar