Variasikan Pasta Gigi Anda!



Kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan gigi membuat produsen pasta gigi hampir setiap tahun mengeluarkan jenis pasta gigi baru. Lihat saja, pasta gigi yang ada di pasaran tidak lagi seperti pasta gigi dengan rasa segar, tetapi sudah sangat beragam macamnya.
Rasa yang tersedia, dari rasa mint segar, buah-buahan, hingga herbal seperti daun sirih dan siwak. Belum lagi kandungan tambahan seperti baking soda dan pemutih, yang membuat rasa pasta gigi terasa berbeda.
Tidak hanya rasa yang bermacam-macam, penampilan pasta gigi itu juga sangat beragam. Ada yang warnanya merah-putih, biru, hijau, ungu, bahkan bening.
Semua pasta gigi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Menurut drg Christine M Budiman Sp Ort, sebaiknya masyarakat tidak memakai satu macam pasta gigi saja. "Jarang ada pasta gigi mengandung bahan-bahan yang kita butuhkan secara lengkap. Misalnya, ada pasta gigi yang khusus untuk menimbulkan rasa kesat, ada yang untuk gusi berdarah, dan sebagainya. Jika dia sering mengganti pasta giginya, maka akan semakin baik. Dia akan mendapatkan kelebihan yang dikandung dari tiap-tiap pasta gigi itu," jelas Christine.
Namun, penggantian pasta gigi itu, menurut Christine tidak perlu dilakukan setiap hari. Cukup dihabiskan satu tube pasta gigi, setelah itu baru diganti dengan pasta gigi jenis lain. "Ada orang yang merasa belum sikat gigi jika memakai pasta gigi yang tidak biasa dia pakai. Tetapi itu sebenarnya hanya dorongan hati saja," tegas dokter lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia ini.
Pemakaian satu macam pasta gigi dalam waktu lama juga tidak dianjurkan bagi konsumen yang sedang dalam masa perawatan gigi. Misalnya konsumen yang mengalami gusi berdarah harus memakai pasta gigi khusus. Namun penggunaan pasta gigi ini tidak boleh selamanya. Dia harus mengganti pasta gigi secara bertahap dari yang paling keras ke jenis yang lebih ringan, kemudian kembali ke pasta gigi biasa.
"Jika dia memakai pasta gigi untuk pengobatan itu secara terus-menerus, maka dia tidak akan mendapatkan manfaatnya. Padahal pasta gigi untuk pengobatan biasanya harganya lebih mahal. Jika memang sudah sembuh, untuk apa memakai pasta gigi itu lagi," cetus Christine.
Dia juga mengingatkan konsumen untuk tidak berharap banyak pada pasta gigi pemutih yang dijual bebas. Dikatakan dia, pasta gigi pemutih hanya bermanfaat untuk pemeliharaan, karena pemutihan gigi hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi.
"Pemutihan gigi juga tidak akan membuat gigi putih cemerlang, namun hanya mengembalikan gigi ke warna aslinya. Jadi, jika memang giginya sudah abu-abu karena pengaruh antibiotik, giginya juga akan tetap abu-abu. Gigi tidak akan segera berubah menjadi putih, hanya memang bisa tampak lebih bersih," jelas Christine.
Pemutihan gigi juga tidak bersifat permanen. Artinya, meskipun gigi Anda sudah diputihkan oleh dokter sekalipun, bisa kembali buram jika makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang bisa menimbulkan noda pada gigi. Contohnya, teh, kopi, minuman ringan, karena merokok, dan sebagainya.
"Pemutihan gigi ini hanya berguna untuk estetika saja. Prosesnya pun akan membuat gigi terasa ngilu. Jangan melakukan pemutihan gigi sendiri, tetapi konsultasikan dulu ke dokter untuk mengetahui kondisi klinis gigi Anda," tambah dia.
BEGITU juga dengan pemilihan sikat gigi. Banyaknya jenis dan bentuk sikat gigi yang ditawarkan produsen, menurut Christine tidaklah penting. "Yang paling penting adalah cara menyikat dan kondisi sikat gigi. Walau memakai sikat gigi jenis mutakhir, tetapi cara menyikatnya salah, maka risiko gigi rusak tetap ada," tegas Christine.
Menyikat gigi yang benar adalah minimal dua kali sehari, yakni setelah sarapan pagi dan sebelum tidur malam. Pada waktu tidur, produksi air liur berkurang sehingga menimbulkan suasana asam di mulut. Jika saat itu ada sisa-sisa makanan di gigi, maka mulut semakin asam dan kuman pun akan tumbuh subur dan membuat lubang pada gigi. Dengan menyikat gigi, maka sifat asam ini bisa dicegah.
Kemudian sikatlah gigi depan dengan arah ke atas dan ke bawah. Untuk gigi samping, sikatlah dengan gerakan memutar dengan sebagian sikat mengenai gigi dan sebagian lagi mengenai gusi. "Gerakan ini memberikan pijatan pada gusi sehingga bisa memperlancar peredaran darah di gusi," ungkap Christine.
Sedangkan gigi bagian dalam disikat dengan arah dari bawah ke atas untuk gigi bagian bawah, dan dari atas ke bawah untuk gigi bagian atas.
Dalam memilih sikat gigi, yang harus diperhatikan adalah kondisi bulu sikat. Pilihlah bulu sikat yang terbuat dari nilon karena sifatnya yang elastis. Selain itu pilihlah bulu sikat yang sesuai dengan diri kita.
"Bagi anak-anak dan orang tua, pilihlah bulu sikat yang lembut. Jika orang tua memakai bulu sikat yang keras maka akan mengalami abrasi pada gusi. Jaringan gusi akan kalah dan turun, sehingga akar gigi akan terbuka. Akar gigi yang tidak dilapisi email ini akan terasa ngilu ketika mengonsumsi makanan panas atau dingin," tambah dia.
Selain itu, kondisi bulu sikat juga harus diperhatikan. Gantilah sikat gigi yang bulu sikatnya sudah mekar atau tidak beraturan. Selain tidak bisa membersihkan gigi secara optimal, bulu sikat ini juga bisa melukai gusi.
Bagi pengguna kawat gigi, pakailah sikat gigi khusus yang mampu membersihkan kotoran yang menempel di sela-sela gigi dan kawat. "Ada dua macam sikat gigi yang harus dipakai oleh pengguna kawat gigi setiap kali sikat gigi, yakni sikat gigi vertikal dan horizontal. Sikat gigi biasa tidak mampu menjangkau sela-sela gigi," kata spesialis kawat gigi ini.

Sumber: Kompas Cyber Media

107 komentar:

Kerudung cantik Rizhani mengatakan...

saya punya pasta gigi 2 tube dan berbeda merk, sehari saya pakai yang merk A dan besok merk B kira2 itu bagus atau malah buruk ya efeknya??
http://kerudungrizhani.blogspot.com/

obat herbal kanker hati mengatakan...

benar juga yah...
setiap pasta gigi itu memiliki manfaat masing jadi kita harus ganti-ganti pasta gigi..
thanks info nya.

obat herbal hiv aids mengatakan...

mendingan ga usah pake kawat gigi...
sikat gigi aja ribet banget.

obat herbal kanker prostat mengatakan...

betul juga nih..
thanks info nya yah bro...

obat herbal kanker payudara mengatakan...

artikel yang bagus..
semoga bermanfaat untuk orang banyak.

cara mengobati asam urat mengatakan...

jadi bisa di variasikan juga
kreatif juga ya :D

cara mengobati diabetes melitus mengatakan...

ok deh coba di variasikan.. info nya sangat beguna untuk saya thank ya

obat tradisional diabetes melitus mengatakan...

sipp deh

obat tradisional penyakit stroke mengatakan...

ok deh.. hehe

cara menjadi agen xamthone plus mengatakan...

harus bisa di pariasikan gan

obat infeksi saluran kemih mengatakan...

mksud nya gmn ?

obat kelenjar getah bening mengatakan...

moga bisa di variasikan deh

obat kanker hati mengatakan...

di coba deh biar lebih kece haha

obat asma alami mengatakan...

sip d....

obat alami kolesterol mengatakan...

kalau ganti2 nanti ada pengaruhnya ke gigi ga ya???

obat tradisional wasir mengatakan...

mau dicoba dulu ne....
ganti2 pasta gg...
hehehhee....

obat alami kanker payudara mengatakan...

mantap artikelnya...

obat alami stroke mengatakan...

makasih ya tipsnya...

obat gagal ginjal mengatakan...

selain pasta gigi, sikat gigi juga berpengaruh ya...
thx..

obat tradisional hiv aids mengatakan...

makasih ya uda berbagi infonya....

obat penyakit kista mengatakan...

sip banget infonya ya......

obat herbal sinusitis mengatakan...

kalau untuk pemutihan sebaiknya ke dokter gigi ya,kalau untuk gg sensitif mungkin baru bisa menggunakan pasta gg kali ya....

obat tradisional ginjal mengatakan...

mantap banget infonya ne....
bisa dicoba tipsnya....
thx..

obat tradisional batu ginjal mengatakan...

harus diganti2 ya pasta giginya....
makasih ya..

obat alami tbc mengatakan...

thx buat tipsnya...

obat kanker kelenjar getah bening mengatakan...

diganti setiap 1 tube ya??apa ga ngerusak gigi ya kalau begitu???

obat herbal jantung koroner mengatakan...

jadi digunakan pada saat pengobatan aja ya,kalau uda sembuh langsung ganti..
thx ya..

obat kanker prostat mengatakan...

kalau pake kawat gigi ga enak menyiksa....
hehehhee...

obat herbal batu empedu mengatakan...

thx infonya

obat kanker darah mengatakan...

jadi harus divariasikan ya pasta giginya...
baru tau ne...
thx..

obat kanker hati mengatakan...

biasa di rumah c ga ganti2 pasta gigi, tapi boleh dicoba juga ne tipsnya....

obat kanker paru paru mengatakan...

kawat gigi ga enak banget,suka sakit di gusinya....

obat penyakit lupus mengatakan...

Pemakaian satu macam pasta gigi dalam waktu lama juga tidak dianjurkan bagi konsumen yang sedang dalam masa perawatan gigi..harus diperhatikan ne...
thx ya..

obat herbal miom mengatakan...

pasta gigi jadi harus diselingi ya...

obat trigliserida tinggi mengatakan...

infonya berguna ne,....
thx ya....

obat herbal jantung bengkak mengatakan...

kalau di ganti2 justru bisa buat jadi makin bagus ya....wah baru tau ne..

obat herbal jantung bocor mengatakan...

baru banget ne buat saya infonya..
thx ya..

obat herbal flek paru paru mengatakan...

kalau pake kawat gigi ribet ya, sikat gigi juga harus khusus...
makasih ya uda berbagi info ini.....

obat herbal sakit kepala mengatakan...

ok deh..

obat herbal kolesterol mengatakan...

kalau pake kawat gigi ga enak menyiksa.

obat herbal wasir mengatakan...

diganti setiap 1 tube ya??apa ga ngerusak gigi ya kalau begitu?

obat herbal kanker mengatakan...

Pemakaian satu macam pasta gigi dalam waktu lama juga tidak dianjurkan bagi konsumen yang sedang dalam masa perawatan gigi..harus diperhatikan ne..

obat kanker payudara mengatakan...

mksud nya gmn

xamthone mengatakan...

thx ya...

obat alami asam urat mengatakan...

infonya bermanfaat banget ne....
thx ya...

obat alami diabetes mengatakan...

nice article....

obat keputihan alami mengatakan...

semoga bisa berguna banget ya buat semuanya....
makasih,,,

obat alami darah tinggi mengatakan...

makasih ya uda berbagi infonya...
sukses selalu ya...
salam blogger...

obat stroke mengatakan...

semoga bermanfaat untuk orang banyak

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

apa ga ngerusak gigi ya kalau begitu?

obat hiv mengatakan...

kalau pake kawat gigi ga enak menyiksa

obat herbal kista mengatakan...

infonya bermanfaat banget ne..

obat herbal sinusitis mengatakan...

makasih ya tipsnya

obat herbal ginjal mengatakan...

selain pasta gigi, sikat gigi juga berpengaruh ya...

obat herbal batu ginjal mengatakan...

semoga bisa berguna banget ya buat semuanya..

obat herbal tbc mengatakan...

nice article

obat hepatitis b mengatakan...

jadi digunakan pada saat pengobatan aja ya,kalau uda sembuh langsung ganti.

obat herbal jantung koroner mengatakan...

Pemakaian satu macam pasta gigi dalam waktu lama juga tidak dianjurkan bagi konsumen yang sedang dalam masa perawatan gigi..harus diperhatikan ne.

obat herbal sakit kepala mengatakan...

bnr juga ya bro..

obat herbal kolesterol mengatakan...

oohh,,,bgt gan??

obat herbal wasir mengatakan...

artikel yg menarik nie.

obat herbal kanker mengatakan...

ganti pasta gigi ahh,,,

obat kanker payudara mengatakan...

oh,kalo pakai kawat gigi.odolnya beda lagi ya??

obat herbal stroke mengatakan...

kalo minum es dingin atau minum aer yg rada angat katanya bisa merusak gigi ya??

obat gagal ginjal mengatakan...

gmn sih cara sikat gigi yg baik gan??

obat herbal hiv aids mengatakan...

ohhh,,lengkap ya,ada cara sikat bgigi yg baik juga hehe..

obat herbal kista mengatakan...

mau sih pasang kawat gigi,tapi takut hehe,,,

obat sinusitis alami mengatakan...

kalo sikat giginya sesering mgkn itu juga bgs gak gan??

obat kanker prostat mengatakan...

mantap banget infonya ne....
bisa dicoba tipsnya....
thx..

obat kanker kelenjar getah bening mengatakan...

gmn sih cara sikat gigi yg baik gan??

obat herbal batu empedu mengatakan...

ohhh,,lengkap ya,ada cara sikat bgigi yg baik juga hehe..

obat herbal leukimia mengatakan...

harus diganti2 ya pasta giginya....
makasih ya..

obat kanker paru paru mengatakan...

oh,kalo pakai kawat gigi.odolnya beda lagi ya??

obat kanker serviks mengatakan...

thx buat tipsnya.

obat herbal radang paru paru mengatakan...

kalau untuk pemutihan sebaiknya ke dokter gigi ya,kalau untuk gg sensitif mungkin baru bisa menggunakan pasta gg kali ya..

obat herbal gondok mengatakan...

nice article.

obat penyakit lupus mengatakan...

kalau pake kawat gigi ribet ya, sikat gigi juga harus khusus...
makasih ya uda berbagi info ini

obat herbal miom mengatakan...

mau sih pasang kawat gigi,tapi takut hehe

xamthone mengatakan...

mau dicoba dulu ne....
ganti2 pasta gg

obat herbal asam urat mengatakan...

sip banget infonya ya....

obat herbal diabetes mengatakan...

Pemakaian satu macam pasta gigi dalam waktu lama juga tidak dianjurkan bagi konsumen yang sedang dalam masa perawatan gigi..

obat herbal darah tinggi mengatakan...

makasih ya uda berbagi infonya...
sukses selalu ya.

obat herbal asma mengatakan...

semoga bisa berguna banget ya buat semuanya...

obat herbal ginjal mengatakan...

penampilan pasta gigi itu sangat beragam ya gan..??

obat herbal batu ginjal mengatakan...

kondisi bulu sikat juga harus diperhatikan.salnya kalo berantakan dapat merusak gigi ya??xixixi...

obat herbal tbc mengatakan...

sebenarnya pasta gigi yg dari buah itu bnr gak sih bgs??aku bingung...

obat kanker kelenjar getah bening mengatakan...

"Yang paling penting adalah cara menyikat dan kondisi sikat gigi....

obat hepatitis b mengatakan...

bgs nie gan infonya sangat penting buat gigi kita.

casino sbobet mengatakan...

sip banget infonya ya......

agen ibcbet mengatakan...

ok deh coba di variasikan.. info nya sangat beguna untuk saya thank ya

agen sbobet mengatakan...

Pemakaian satu macam pasta gigi dalam waktu lama juga tidak dianjurkan bagi konsumen yang sedang dalam masa perawatan gigi..harus diperhatikan ne...
thx ya..

obat herbal jantung koroner mengatakan...

penampilan pasta gigi itu juga sangat beragam.

obat kanker prostat mengatakan...

rasanya juga wangi buah bngt ya gan..

obat herbal batu empedu mengatakan...

Pilihlah bulu sikat yang terbuat dari nilon karena sifatnya yang elastis. Selain itu pilihlah bulu sikat yang sesuai dengan diri kita.

obat herbal kanker darah mengatakan...

bermanfaat bngt donk gan..

agen xamthone mengatakan...

asik dapat info tentang pasta..

obat herbal penurun kolesterol mengatakan...

Kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan gigi membuat produsen pasta gigi hampir setiap tahun mengeluarkan jenis pasta gigi baru.

obat kanker hati mengatakan...

"Jika dia memakai pasta gigi untuk pengobatan itu secara terus-menerus, maka dia tidak akan mendapatkan manfaatnya.

obat herbal leukimia mengatakan...

Cukup dihabiskan satu tube pasta gigi, setelah itu baru diganti dengan pasta gigi jenis lain.

obat kanker paru paru mengatakan...

"Bagi anak-anak dan orang tua, pilihlah bulu sikat yang lembut.

xamthone mengatakan...

jangan males buat gosok gigi ya gan...

obat herbal asam urat mengatakan...

pasta gigi rasa buah bgs tuh buat anak2..biar rajin gosok gigi..

obat herbal diabetes mengatakan...

produsen pasta memang hebat bisa buat rasa buah.

obat herbal darah tinggi mengatakan...

patut dirasakan juga nie pastanya kalo pas sikat gigi hahahaha...

obat asma alami mengatakan...

wkwkwk..oke bngt nie bro.

bisnis online gratis mengatakan...

thanks gan infonya

bisnis online gratis mengatakan...

keren gan ..
makasih infonya ya gan..

Poskan Komentar