Fakta dan Mitos Tentang Otak


Otak terbentuk dari sel berjumlah ratusan miliar. Setiap sel terhubung satu sama lain, dengan 50 ribu buah sel lainnya, atau setara dengan 1.500 kali lipat jauh lebih rumit daripada jaringan telepon di seluruh dunia.
Jumlah jalur impulse konduksi dan sinapsis konekting saraf otak manusia adalah sama dengan angka 1 ditambah dengan angka nol yang diketik sepanjang 10 juta kilometer dengan menggunakan mesin tik! Jika disetarakan dengan volume komputer maka akan setara dengan gedung 40 lantai, yang menghabiskan daya listrik sebesar jutaan kilo watt. Padahal otak manusia hanya memiliki berat tidak lebih dari 1.400 gram, dan besarnya hanya 1.5 desimeter kubik, serta hanya membutuhkan daya listrik sebesar 10 watt.
Kapasitas penyimpanan informasi di dalam otak manusia sebanding dengan 10 ribu unit perpustakaan yang mampu menyimpan 10 juta buku. Sel saraf setiap detik dapat mengirimkan informasi sebanyak 100 miliar kali. Otak manusia yang berada dalam keadaan aktif, setiap harinya dapat mengingat keseluruhan isi dari 4 buku.
Pada sistim komputer, apabila terdapat satu elemen bermasalah maka keseluruhan operasi sistem komputer akan lumpuh total. Tidak demikian jika terjadi pada otak manusia. Otak manusia memiliki sistem keunggulan yaitu, sistem adaptasi diri. Elemen saraf otak rata-rata mengalami 1.000 kerusakan setiap jam, jika diakumulasi hingga usia 100 tahun, maka berarti sepersepuluh bagian dari sel otak tidak berfungsi. Meski demikian, otak manusia tetap dapat bekerja normal.
Rata-rata ada 100 ribu sel otak manusia yang mati setiap harinya. Semakin jarang menggunakan otak, akan semakin banyak jumlah sel otak yang mati. Meskipun penelitian resonansi magnetik nuklir (Nuclear Magnetic Resonance, NMR) menemukan bahwa tingkat penggunaan otak manusia dapat mencapai 100%, tetapi penggunaan otak dalam kehidupan sehari-hari hanya sebesar 10% saja!

Beberapa Fakta Unik Tentang Otak
Bagian mana dari tubuh Anda yang hanya 1% hingga 3% dari massa tubuh Anda, namun menggunakan 20% dari seluruh oksigen yang anda hirup?  jawabannya adalah otak Anda! Berikut adalah sepuluh fakta otak.
- Otak Anda memerlukan pasokan oksigen yang terus-menerus. Setiap 10 menit hilangnya oksigen biasanya akan menyebabkan kerusakan saraf yang signifikan. Dingin dapat memperpanjang waktu ini, itulah sebabnya mengapa air dingin telah menenggelamkan korban sebagaimana nuch dihidupkan kembali setelah 40 menit – tanpa kerusakan otak.
- Otak Anda menggunakan seperlima dari seluruh darah Anda. Yang dibutuhkan untuk mengikuti tuntutan metabolik berat dari neuron. Diperlukan tidak hanya glukosa , tetapi tentu saja, oksigen.
- Otak Anda tidak merasakan sakit. Tidak ada rasa sakit saraf yang berada di dalam otak itu sendiri. Karena ini, dokter bedah saraf otak dapat memperkirakan apa yang ia rasakan ketika pasien sadar (apa yang menyenangkan!). Dengan melakukan ini, mereka dapat menggunakan umpan balik dari pasien untuk mengidentifikasi daerah-daerah penting, seperti yang digunakan untuk berbicara, atau visualisasi.
- Otak kecil dengan berat sekitar 150 gram (sedikit lebih dari lima ons). Ditemukan di sisi punggung bawah otak Anda, Anda memerlukan otak kecil untuk mempertahankan sikap, berjalan, dan untuk melakukan gerakan terkoordinasi apapun. Mungkin juga memainkan peran dalam indra penciuman Anda.
- Otak manusia beratnya rata-rata sedikit lebih dari tiga pound, atau 1,4 kilogram. Otak Albert Einstein’s mungkin lebih kecil dari otak Anda, karena ia lebih kecil dari pada rata-rata. Ada korelasi umum antara ukuran tubuh dan ukuran otak kita.
- Sebuah otak gajah besar – sekitar enam kali lebih besar dari pada otak manusia. Namun, dalam kaitannya dengan ukuran tubuh, manusia memiliki otak terbesar dari semua binatang, rata-rata sekitar 2% dari berat badan. Otak seekor kucing beratnya sekitar satu ons, sedikit lebih dari 1% dari berat badan.
- Ada sekitar 100.000 mil pembuluh darah di otak. Jika mereka mengulurkan (ada pikiran yang menyenangkan!) Mereka akan melingkari bumi lebih dari empat kali.
- Jika Anda memiliki otak dengan ukuran rata-rata, Anda memiliki sekitar 100 miliar neuron di atas sana. Anda akan bahagia tentang hal itu setelah membaca item berikutnya.
- Sekitar 85.000 neuron neokorteks hilang setiap hari di otak Anda. Untungnya, ia pergi tanpa disadari karena built-in redundancies dan fakta bahwa bahkan setelah tiga tahun ini menambah kerugian hingga kurang dari 1% dari total. Oh, dan lihat di item berikutnya.
- Penelitian terbaru membuktikan bahwa otak Anda terus memproduksi neuron baru sepanjang hidup Anda. Ini juga membuktikan bahwa ia melakukannya sebagai respons terhadap rangsangan (melakukan latihan kemampuan otak mereka). Para ilmuwan menyebutnya sebagai plastisitas otak atau saraf-plastisitas. Anda mungkin menemukan satu ini yang paling mendorong otak ini

Beberapa Mitos tentang Otak
OTAK sangat kompleks, dengan susunan ratusan miliar neuron dan menjadi organ tubuh yang paling mengagumkan. Organ tubuh yang satu ini berfungsi mengontrol sistem saraf pusat, membuat Anda tetap bisa berjalan, berbicara, bernafas, dan berpikir. Untuk mempelajari kerumitan otak ini, para peneliti telah melakukan penelitian selama ribuan tahun. Apakah otak bisa dipahami sepenuhnya? Sejumlah studi yang dilakukan peneliti masih meninggalkan banyak misteri. Karena itu, orang seringkali menyederhanakan informasi mengenai cara kerja otak untuk mempermudah pemahaman. Hal ini memicu lahirnya beragam mitos seputar otak. Berikut beberapa mitos seputar otak yang paling umum beredar di masyarakat.

Otak berwarna abu-abu. Apakah Anda pernah berpikir mengenai warna otak? Mungkin tidak, kecuali Anda bekerja di bidang medis. Akan tetapi, mungkin Anda sering melihat gambar atau tayangan di TV yang sebagian besar menyajikan otak dalam warna putih, abu-abu atau bahkan sedikit kekuningan.

Pada faktanya, otak yang berada di dalam tengorak kepala tidak hanya berwarna abu-abu lembut. Otak juga memiliki bagian yang berwarna putih, hitam dan merah. Komponen yang hitam disebut nugra (bahasa latin yang artinya substansi hitam). Warna hitam ini berasal dari neuromelanin, pigmen yang sama dengan pigmen pemberi warna kulit dan rambut. Sedang bagian yang berwarna merah berasal dari pembuluh-pembuluh darah yang ada di otak. Jadi, mengapa otak yang diawetkan berwarna putih seperti kapur? Hal ini disebabkan oleh fixatives, seperti formaldehyde, yang berfungsi mengawetkan otak.

Mendengarkan Mozart membuat Anda lebih cerdas. Klaim yang menyatakan kalau mendengarkan musik klasik bisa meningkatkan daya otak ternyata hanya mitos semata. Mitos ini bermula dari klaim dokter Albert Tomatis tahun 1950-an yang menyatakan kalau musik Mozart bisa membantu penderita gangguan bicara dan pendengaran. Mitos ini semakin kuat ketika studi dari University of California di Irvine, California, (tahun 1990-an) menyatakan kalau mendengarkan sonata Mozart selama 10 menit sebelum tes bisa meningkatkan IQ pelajar hingga 8 skor.  Kemudian musisi Dan Campbell memanfaatkan ide temuan ini untuk memasarkan buku dan CD.

Akan tetapi, Dr. Frances Rauscher yang terlibat dalam studi di Irvine tersebut menyatakan, mereka tidak pernah mengklaim bahwa musik Mozart bisa membuat seseorang menjadi lebih cerdas. Musik tersebut hanya bisa meningkatkan performa tertentu yang berkaitan dengan tugas spatial-temporal. Ilmuwan-ilmuwan lain juga tidak bisa mendapatkan hasil yang sama dan tidak ada informasi ilmiah yang membuktikan kalau mendengarkan Mozart, atau musik klasik lainnya, bisa membuat Anda lebih cerdas.

Rauscher bahkan menegaskan kalau uang yang Anda habiskan untuk membeli buku atau CD musik lebih baik digunakan untuk mengikuti program musik. Ada bukti yang menunjukkan kalau mempelajari instrumen bisa meningkatkan konsentrasi, rasa percaya diri dan koordinasi.

Setiap kali mempelajari sesuatu, maka otak akan mendapatkan satu kerutan baru. Saat mendengar kata 'otak' mungkin yang langsung Anda pikirkan adalah bentuk bundar dengan dua lobus yang ditutupi oleh kerutan. Dari mana asal kerutan? Otak akan tumbuh bertambah besar untuk mengakomodasi semua tugas-tugas yang membedakan manusia dari binatang. Tetapi, untuk menjaga agar otak tetap padat dan bisa ditampung di tulang tengkorak, otak akan melipat dirinya sendiri saat bertumbuh. Jika semua bubungan  (gyri) dan celah (sulci) otak dibuka, maka otak seukuran dengan sarung bantal. Bubungan dan celah ini bahkan mempunyai nama, dan mempunyai variasi yang berbeda-beda pada setiap orang.

Apakah otak sudah berkerut dari awal? Janin di awal perkembangannya mempunyai otak yang sangat mulus. Seiring dengan perkembangan janin, neuron-neuron otak juga ikut tumbuh dan berpindah ke area yang berbeda di otak, membentuk bubungan dan celah. Ketika mencapai usia 40 minggu, otak otak bayi sudah sama berkerutnya dengan otak Anda. Jadi, Anda tidak menambah jumlah kerutan setiap kali mempelajari hal baru. Otak yang Anda miliki saat lahir akan tetap sama sepanjang hidup, tentunya jika otak tetap sehat. 

18 komentar:

agen xamthone plus yogyakarta mengatakan...

nice post... nmbah pngtahuan :D

agen xamthone plus ambon mengatakan...

fakta yang sangat menarik juga

obat kanker payudara mengatakan...

hanya mitos gan

obat asam urat tradisional mengatakan...

info nya menarik untuk di simak gan makasih ya

obat diabetes melitus tradisional mengatakan...

saya suka gan

obat penyakit tbc tradisional mengatakan...

fakta yang menarik gan untuk di simak hehehe

obat keputihan tradisional mengatakan...

nyimak ya gan

obat batu ginjal tradisional mengatakan...

begitu kompleksnya fungsi dari otak ini

AKL-Furniture mengatakan...

informasi memarik mas ... makasih

cara cepat hamil mengatakan...

sungguh besar maha karya Tuhan ini

Obat Herbal Ambeien mengatakan...

otak central penggerak tubuh kita

septic tank fibreglass mengatakan...

Wuih , keren nih pembahasannya .

Jasa Like Facebook Fanpage mengatakan...

Nice Info

bisnis online gratis mengatakan...

keren gan ..
makasih infonya ya gan..

baja ringan murah mengatakan...

subhanallah..itulah ciptaan tuhan...
http://www.jayatruss-bajaringanmurah.blogspot.com/

Septic Tank BioFit mengatakan...

info yang bagus dan keren untuk pengetahuan & kesehatan, thank's gan.

Toilet Portable mengatakan...

mantap ... gan artikelnya, terima kasih.

Septic Tank mengatakan...

merupakan ilmu pengetahuan tetang kesehatan, thank's bro.
www.biofit.co.id

Posting Komentar